Yuk Ubah Lifestyle dan #WujudkanImpianmu dengan Investasi Reksadana

4:17 PM


Phillip Blog Competition


 Don’t put your egg in one basket”



Salah satu dosen gue di kampus dulu, selalu menanamkan doktrin ini kepada mahasiswanya untuk mendahulukan investasi daripada menabung. Bagi orang awam yang tidak familiar dengan investasi dan punya cara berpikir yang lebih konvensional mungkin menganggapnya aneh. Orang-orang cenderung memilih untuk mengamankan dana yang mereka miliki dengan cara menabung. Tapi apakah mereka menyadari bahwa dengan menabung saja, uang yang mereka simpan itu tidak bisa berkembang dan bahkan tergerus biaya administrasi bank?

Menabung juga tidak salah kok, bahkan wajib. Tapi kalau hanya manaruh dana pasif di satu instrumen keuangan saja, lalu kapan kaya nya? :p

investment quotes
source: http://nuhda.com/img/2016/07/buffett-investing-quotes-on-investment-quotes.jpg

Berdasarkan perspektif pribadi, gue lebih suka berinvestasi di pasar modal, bukan di sektor real. Kenapa demikian? Karena investasi di sektor real butuh modal yang tidak hanya berupa uang tapi juga benda bergerak dan tidak bergerak, misalnya sewa ruko, beli peralatan dan perlengkapan, belum juga gaji karyawan. Hasilnya belum tentu balik modal dalam jangka waktu satu tahun. Sementara jika gue investasi di pasar uang dan pasar modal, gue hanya perlu modal berupa uang saja. Lalu hasilnya? Dalam kurun waktu kurang dari satu tahun sudah bisa panen. Sebenarnya investasi di sektor real juga tidak ada salahnya, tapi membagi resiko ke beberapa instrumen investasi keuangan juga ada benarnya. Sehingga kalau investasi A gagal, masih ada investasi B, C, D, dan E.

Banyak orang yang menyangsikan investasi di pasar modal karena resiko yang tinggi. Padahal investasi di pasar modal masih terbagi lagi ke beberapa jenis. Ada saham, obligasi, dan reksadana. Gue tidak begitu tertarik dengan obligasi karena membutuhkan minimum dana yang lumayan besar, maka dari itu investasi di saham dan reksadana merupakan pilihan sesuai dengan kemampuan gue. Awalnya gue senang sekali dan aktif di investasi saham. Hasilnya cukup menarik dan lumayan menghasilkan dari sana, gue pernah dapat gain lebih dari 100% dalam waktu satu tahun saja. Dari investasi saham gue beberapa kali bisa membiayai kuliah gue sendiri dan dipakai untuk traveling. Hari gini mau jalan-jalan cuma mengandalkan gaji mah sulit. Coba kalau uangnya hanya disimpan di tabungan bank, boro-boro bisa dapat 10% per tahun.

Namun ada kekurangan dari investasi saham yang cukup crucial menurut gue. Pertama, gue harus menempatkan 100% perhatian gue selama jam trading saham which is gue tidak bisa karena bentrok dengan jam kerja. Sementara pergerakan harga saham itu bisa per sekian detik, kalau terlewat sedikit saja bisa fatal akibatnya. Investasi tidak selalu mulus, karena hal ini gue juga pernah telat jual saham dan rugi sekitar 20%. Kedua, gue sebagai investor juga harus tahu bagaimana kondisi market saat ini dan saham-saham apa saja yang berpotensi untuk naik dan turun. Intinya gue harus ikut belajar juga dan itu butuh waktu apalagi kalau investornya masih sangat awam soal saham. Ibarat kata seperti beli kucing dalam karung, kan.

Keunggulan POEMS


Salah satu teman gue menyarankan untuk investas ireksadana saja. Setelah gue pelajari bagaimana sistem kerjanya, gue mulai tertarik. Melalui investasi reksadana, gue bisa berperan sebagai investor pasif, tapi dana yang gue miliki tetap bergerak secara aktif. Bagaimana caranya?

Jadi begini, pada dasarnya reksadana merupakan himpunan dana masyarakat pemodal atau investor yang diinvestasikan ke dalam portofolio efek dan dikelola oleh manajer investasi (institusi atau perusahaan yang mengelola reksadana). Intinya sih, (perusahaan) manajer investasi tersebut mengumpulkan dana dari banyak investor lalu mengelola dana tersebut untuk diinvestasikan ke berbagai instrument investasi seperti saham, obligasi, dan deposito. Jadi gue hanya tinggal menyetor dana ke manajer investasi, duduk manis, dan uang tersebut tetap bergerak meskipun tidak setiap detik gue cek. Simple, kan?

Phillip Blog Competition

Meskipun gue sudah menyerahkan dana tersebut dengan 100% kepercayaan pada manajer investasi, pasti ada rasa penasaran untuk mengecek posisi portfolio yang gue miliki. Terkadang juga timbul rasa kekhawatiran akan investasi bodong yang pernah terjadi di Indonesia beberapa waktu lalu. Namun di zaman yang serba canggih ini, kita bisa menghindari hal tersebut. Melalui POEMS ProFunds yang juga terintegrasi dengan POEMS (Phillip's Online Electronic Mart System), ternyata gue tetap bisa setiap saat mengecek posisi portfolio reksadana yang gue miliki. Investasi online memang tengah marak dan berkembang belakangan ini. Gue sudah cukup familier dengan online trading saham, namun baru kali ini gue mengetahui tentang reksadana online. Kalau sistemnya saja sudah bisa terintegrasi online dan transparan seperti ini, maka ketakutan gue perlahan bisa memudar.


Lalu kenapa harus memilih POEMS Profunds?
  • Terintegrasi dengan POEMS. POEMS adalah sistem online trading pertama di Indonesia yang menyediakan transaksi saham serta reksadana online dalam satu platform dengan hanya menggunakan satu akun. Jadi tidak perlu deh repot-repot punya double akun.
  • Beragam pilihan produk. Terdapat lebih dari 100 produk reksadan pilihan yang dikelola oleh rekanan manajer inevstasi terpercaya.
  • Real time monitoring. Kita bisa memantau kinerja dan hasil investasi dengan mudah secara real time.
  • Investasi terjangkau. Hanya dengan Ro 100,000 siapapun bisa berinvestasi reksadana.
  • Kemudahan akses dari multiperangkat. Dengan POEMS, kita dapat bertransaksi saham dan reksadana melalui PC ataupun tablet dan smartphone.
  • Dilengkapi dengan berbagai fitur cerdas. POEMS dilengkapi dengan ebrbagai fitur cerdas yang diciptakan untuk kenyamanan dalam berinvestasi.
  • Pemisahan account clients. Dalam menciptakan lingkungan investasi yang aman, dana client disimpan dalam rekening investor terpisah (Rekening Dana Investor atau RDI) dengan bank=bank terkemuka.
  • Biaya langganan murah.
  • Melacak kinerja reksa dana hanya dengan satu platform. Melacak dan membandingkan kinerja reksa dana yang sudah dipilih sendiri melalui satu platform.
  • Hemat waktu dan biaya. Berlangganan reksa dana dan redeem reksa dana secara online untuk menghemat waktu dan biaya.

Nah bahas mengenai fitur yang dimiliki POEMS, ada 4 fitur cerdas yang menjadi keunggulannya.

Smart Start
Kita tidak perlu bingung memilih reksa sana karena fitur ini akan membantu memilihkan reksa dana yang sesuai dengan profil risiko saat kita memulai berinvestasi reksa dana di POEMS ProFunds.
SmartPlan
#WujudkanImpianmu dan rencanakan dengan fitur SmartPlan yang dapat membantu kita untuk berinvestasi secara rutin. Smartplan akan melakukan pembelian saham atau reksa dana pilihanmu secara otomatis setiap bulannya dengan jumlah dan pada tanggal yang telah kamu tentukan sendiri.
Smart Safe – Smart Order
Dengan fitur Smart Safe dan Smart Order, secara otomatis akan menjalankan instruksi kita berdasarkan kondisi price based, time based, dan post trading. Dengan fitur ini kita tidak perlu takut untuk melakukan taking profit atau cut loss sesuai rencana tanpa takut kehilangan momentum yang ada.
Autosweep
Fitur ini bisa menjadikan dana yang kita miliki selalu bertumbuh, karena fitur ini secara otomatis akan menginvestasikan uang kita ke reksa dana pasar uang guna mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan hanya mengendap di RDI. Autosweep juga dapat melakukan redemption reksa dana pilihan tersebut ketika kita memiliki kewajiban atas transaksi saham.

Phillip Blog Competition

Setelah menetapkan pilihan untuk membuka rekening reksa dana di Phillip Securities Indonesia, sekarang tinggal bagaimana cara memilih reksadana yang baik. Sebenarnya mudah, kita tinggal lihat daftar rekanan perusahaan manajer investasi yang telah disediakan di websitePOEMS Profunds. Tapi yang paling mudah adalah dengan perusahaan yang namanya paling familiar dulu di telinga kita. Untuk yang satu ini gue memilih Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI). Siapa sih yang gak tahu Manulife? Pasti sudah sering dengar, kan.

Phillip Blog Competition #WujudkanImpianmu

Dari 7 jenis produk reksa dana yang ditawarkan oleh Manulife, gue tertarik dengan Manulife Dana Saham dan Manulife Obligasi Unggulan. Alasan gue memilih dua produk reksa dana ini adalah karena sudah jelas dari namanya saja gue langsung tahu kemana saja penempatan dananya nanti dan terlihat dari historinya sudah memberikan return yang cukup baik per tahunnya. Oh iya, salah satu hal yang gue suka dari website POEMS ProFunds ini user friendly sekali. Jadi mudah untuk dimengerti dan digunakan. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai produk reksa dana tersebut, gue tinggal klik nama produknya dan dari situ langsung keluar semua informasi yang dibutuhkan. Misalnya, product profile, MI profile, performance, composition, risk profile, dan compare. Pada sub menu yang disediakan tersebut, kita bisa mengetahui bagaimana kinerja produk reksa dana tersebut dalam kurun waktu yang kita inginkan, bagaimana resikonya, siapa saja manajer investasi yang mengelola, dan juga bisa membandingkan bagaimana performanya dengan produk reksa dana lain. Keren deh pokoknya!


Sudah jelas kan kenapa gue jadi lebih menyukai investasi reksa dana? Untuk memulai investasi reksa dana itu mudah banget. Tidak perlu dana besar, cukup dengan Rp 100,000 saja sudah bisa buka rekening reksa dana, nantinya gue juga bisa terus menambahkan modal tersebut secara berkala supaya returnnya bisa lebih maksimal. Misalnya setiap habis gajian, gue selalu menambahkan dana tersebut. Secara tidak langsung kita juga bisa lebih disiplin untuk berinvestasi dan secara tidak sadar sudah mulai mengubah gaya hidup untuk berinvestasi. Investasi reksa dana sebenarnya mirip sekali seperti menabung di bank tapi dengan return yang tentunya lebih baik daripada sekedar menabung di bank. Dengan cara ini tentunya gue bisa menyisihkan uang untuk traveling dan merencanakan hal-hal lain yang sudah menjadi impian gue secara lebih terarah. Makanya yuk kita mulai ubah mind set yang tadinya takut untuk investasi dan segera #WujudkanImpianmu dengan berinvestasi reksa dana!

Tulisan ini disertakan dalam Phillip Blog competition 2016



FOLLOW ME HERE


  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE+

You Might Also Like

4 komentar

  1. Mumpung masih muda... Banyakin invest mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul banget mbak, sedari dini harus 'melek' investasi biar duitnya gak mengendap gak jelas :D

      Delete
  2. Kalo kinerja reksadana poems sendiri bagus nggak returnnya? Ada produk dr poems yang ngalahin return ihsg selama setahun? Krn kadang org lihat reksadana pertama dr returnnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Produk reksadana andalannya POEMS yang bekerjasama dengan Manulife Aset Manajemen Indonesia dan bisa dibilang 'ngalahin' kinerja IHSG tahun 2015 ada 5 jenis, yaitu Manulife Dana Saham (16.69%),Manulife Dana Stabil Berimbang (16.78%), Manulife Dana Tumbuh Berimbang (17.54%), Manulife Obligasi Unggulan (18.54%%), Manulife Saham SMC plus (18.45%), Manulife Syariah Sektoral Amanah (20.53%). Itu kalau dilihat dari return per tahunnya, sementara kinerja IHSG tahun lalu malah turun sekitar 12.13%.

      Semua yang disebutkan di atas membrikan return lebih baik dari IHSG. Tinggal pilih deh mau ikut produk reksadana yang mana :D

      Delete

Recommended Tour in South Korea

trazy.com

Featured Post

FAQ: Winter Trip in South Korea

Sebelumnya gue mau ucapin terima kasih banyak buat yang udah sempatkan untuk mampir di blog ini. Semenjak gue posting mengenai jalan-jal...

Instagram

Subscribe

Join Our Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!

We Respect Your Privacy | Get This Widget