Cara Pesan Tiket Kereta Api Online di Pegipegi.com

Siapa yang suka naik kereta api? Tak hanya tiket pesawat terbang yang gencar diburu tiket murahnya, promo tiket kereta api juga berhasil bikin orang-orang sibuk plototin layar laptop pada tengah malam. Berbagai cerita menarik pun lahir di kereta. Gue beberapa kali mengalami hal-hal yang bikin ketawa dan kadang nyesek juga gara-gara kereta. By the way, untuk beli tiket kereta api, biasanya kalian lebih suka beli di online travel agent belum (OTA) atau datang langsung ke stasiun?


Pengalaman Lucu Naik Kereta

Dibandingkan harga tiket pesawat, tiket kereta api memang relatif lebih murah. Meskipun waktu tempuhnya juga jauh lebih lama dibandingkan naik pesawat. Tapi nggak membuat kereta api kehilangan peminatnya. Justru karena lamanya perjalanan itulah biasanya banyak menghasilkan cerita. Kisah lucu atau apes, sepertinya pernah gue alami.

Masih teringat jelas bagaimana gue lari tergopoh-gopoh mengejar kereta api jurusan ke Yogyakarta pada Februari 2017 lalu. Akibat lupa cek jadwal kereta api, akhirnya gue terpaksa beli tiket baru lagi di stasiun.

fasilitas kereta api indonesia

Atau cerita rebutan tas dengan jambret pukul 3 pagi di Stasiun Tugu. Kejadiannya kurang lebih sekitar tahun 2004. Di perjalanan menuju ke Malang bersama Mama dan kedua adik dalam rangka liburan di Malang. Waktu itu Papa tugas di Malang, jadi tiap liburan sekolah kami yang datang ke sana.

Berangkat dari Jakarta dengan naik kereta kelas bisnis, yang model jendelanya bisa terbuka sedikit. Kebetulan pukul 3 pagi itu kereta berhenti cukup lama di Stasiun Tugu. Gue terbangun dalam posisi duduk, melamun ke arah jendela. Begitu kereta mulai jalan kembali, tiba-tiba tas yang sengaja gue letakkan di meja dekat jendela ada yang menariknya dari luar jendela. Reflek, gue pun langsung tarik tasnya sekuat tenaga, tanpa teriak “tolong” atau apapun yang bisa keluar dari mulut. Maklum efek masih ngantuk, bok! Orang-orang yang juga lagi bangun pun hanya melihat ke arah gue tanpa niat membantu. Masih ngantuk juga gue rasa, sih.

kereta api tawang jaya premium jurusan semarang - jakarta

Tapi akhirnya gue berhasil merebut tas itu kembali. Pas gue tengok isinya ada apa saja, ternyata cuma ada botol air mineral tiga biji. Yaelah ngapain gue rebutan sekuat tenaga, yang direbutin cuma botol minum!

Nggak lama setelah itu, Mama yang duduk di depan bangku gue terbangun lalu bertanya, “Tadi suara apaan ya, yu? Kayak ada berisik di jendela.” Antara masih shock campur ngantuk, gue cuma diam. Kadang masih suka ketawa sendiri kalau ingat kejadian itu. Ngapain ya rebutan air minum sama jambret?


Beli Tiket Kereta Api Semakin Mudah

Bicara soal tiket kereta api, perkembangannya sudah jauh lebih baik dibandingkan beberapa tahun lalu. Kebayang nggak untuk beli tiket mudik lebaran biasanya orang-orang mengantri di stasiun sampai menginap di pelataran stasiun, lho.

Kalau sekarang serba mudah, sudah bisa beli tiket kereta api minimal 90 hari sebelum hari keberangkatan dan maksimal tiga jam sebelum jam keberangkatan. Nggak perlu mengantri berjam-jam di stasiun juga, karena sekarang sudah bisa beli tiket kereta online. Salah satunya di pegipegi.com. Sudah pernah coba pesan tiket kereta api di sana?

cara pesan tiket kereta api di pegipegi
beli tiket kereta api di pegipegi.com
beli tiket kereta api di pegipegi.com

Sejujurnya gue juga baru tahu kalau beli tiket kereta api bisa melalui pegipegi.com. Biasanya gue hanya booking hotel saja di sana. Gue pun baru tahu ternyata pegipegi.com merupakan official partner PT. Kereta Api Indonesia (KAI). Jadi nggak perlu khawatir. Harga tiket kereta api dijamin sama dengan yang ada di KAI. Lalu kenapa harus booking tiket kereta di pegipegi.com?

kode promo tiket kereta api pegipegi.com

Di pegipegi.com ada tambahan discount sebesar 25k IDR (promonya selalu berubah) dengan melakukan reservasi melalui aplikasi. Selain itu kita juga bisa sekaligus mengumpulkan point. Metode pembayarannya juga gampang, diantaranya dengan transfer bank pakai internet banking (BCA, Mandiri, BRI, dan BNI), transfer ATM (ALTO, ATM bersama, Prima, dan Bank Permata), virtual account BCA, kartu kredit (Visa dan Mastercard), serta melalui minimarket (Indomaret dan Alfamaret). Tinggal pilih deh tuh mau yang mana.

metode pembayaran tiket kereta api online pegipegi.com


Cara Pesan Tiket Kereta Api Online

Simak panduan cara booking tiket kereta api di pegipegi.com ya!
  1. Download dulu aplikasinya di playstore
  2. Register dengan menggunakan email atau akun facebook.
  3. Pilih menu kereta api. Masukkan kota asal, kota tujuan, tenggal keberangkatan, dan jumlah penumpang. Jika mau langsung beli tiket pulang-pergi tinggal klik tombol yang paling atas, lalu masukkan tanggal kepulangannya. Klik 'cari tiket'.
  4. Pilih kereta yang diinginkan. Jangan lupa perhatikan jam keberangkatannya dan jenis kelasnya.
  5. Masukkan data diri (nomer telepon, nama penumpang, dan nomer KTP)
  6. Pilih letak kursi yang diinginkan dengan tekan tombol 'ubah' di samping tulisan 'tempat duduk'. Cek rinciannya kembali, lalu klik 'lanjut'
  7. Pilih metode pembayarannya. Di sini gue pilih yang transfer bank BCA, ya. Masukkan kode voucher (jika ada). Gue memasukkan kode GEM25K dan otomatis harganya langsung berkurang 25k IDR. Cek kembali rinciannya. Lalu klik 'bayar dengan transfer BCA'. Nanti akan diberitahu detail rekening yang harus kita transfer.
  8. Setelah selesai melakukan pembayaran, konfirmasinya akan dikirimkan ke email atau bisa cek langsung di menu 'pesanan'. Selesai!

Setelah tiket kereta berhasil dibeli, tinggal tukar e-tiket pada hari keberangkatan di stasiun. Di dekat pintu masuk pemeriksaan tiket biasanya ada mesin cetak tiket mandiri untuk mencetak boarding pass. Boarding pass sudah tercetak, lalu check in dengan menunjukkan boarding pass dan KTP. Cepat dan mudah, kan!

check in counter cetak boarding pass kereta api

Selanjutnya segera naik ke dalam kereta. Setahu gue memang sudah nggak ada lagi pemeriksaan tiket di dalam kereta, karena hanya orang-orang yang memiliki tiket dan petugas stasiun yang bisa masuk ke area peron. Jadi selama perjalanan bisa tidur tanpa khawatir akan ada yang membangunkan untuk pengecekan tiket. Jangan lupa pakai masker mulut, biar kalau pas tidur terus mulut mangap nggak malu-maluin kalau petugas kereta yang ganteng sering lewat! :p

By the way, ada yang punya cerita lucu nggak selama di kereta? Share donk di kolom komentar ya. Selamat berlibur, genks!

promo tiket kereta api

2 Comments

  1. informatif dan bermanfaat.
    terima kasih mau berbagi

    ReplyDelete
  2. kemarin nyobain pegi-pegi waktu ke Malang :) lumayan banget diskon hotelnya. Kayaknya juga harus pesen buat kereta ke Jakarta mau liburan akhir tahun

    ReplyDelete

Hai!!
Terima kasih telah membaca blog Nidyholic.
Feel free to leave a comment. Budayakan membaca, ya. Jika ada komen yang informasinya sudah jelas tertulis di artikel dan menggunakan profile Anonymous, akan dianggap SPAM.
Have a good day!