Festival Pesona Lokal - Betawi Punya Aksi

Festival Pesona Lokal yang telah digelar oleh Adira Finance di delapan kota di Indonesia akhirnya memilih Jakarta sebagai kota penutup. Jakarta yang kental dengan budaya Betawi ini, unjuk gigi pada tanggal 11 November 2018 di area parkir Gelora Bung Karno. Acaranya berlangsung dengan meriah. Tak mau ketinggalan, gue pun turut hadir pada acara itu. Seperti apa kira-kira keseruannya?

festival pesona lokal - betawi punya aksi


Parade Karnaval Budaya

Tak seperti biasanya, Minggu pagi itu gue beranjak dari kosan sekitar pukul setengah tujuh pagi. Setelah memesan ojek online dan berpamitan pada guling, gue langsung menuju daerah Senayan. Kebetulan tempat tinggal gue nggak jauh dari Senayan, jadi nggak perlu waktu lama untuk sampai di sana.

Kak @ariefpokto sudah berada di sana, menunggu di depan starting point karnaval budaya yang sebentar lagi akan dimulai. Sebelumnya, gue juga sudah sempat mengintip kemeriahan Festival Pesona Lokal di kota-kota lain, seperti Bandung, Solo, Bali, Makassar, Pontianak, Malang, Medan, dan Palembang. Acaranya berlangsung sangat sukses dan karnaval budaya inilah yang menarik minat gue untuk datang. Mumpung di Jakarta, genks.

Acara dibuka oleh direktur utama Adira Finance, Bapak Hafid Hadeli, dan direktur Bapak Julian Noor selaku direktur utama Adira Insurance. Tampak ribuan orang memakai kaos berwarna kuning yang merupakan karyawan, dealer, agen, dan mitra bisnis Adira Finance. Belum ditambah para peserta yang sedari pagi sudah siap dengan kostum masing-masing tengah berjejer rapi menunggu giliran jalan mengikuti parade. Gue berdiri di pinggir bersama dengan masyarakat lain yang tampak antusias menunggu parade dimulai.

festival pesona lokal jakarta 2018 by adira
fashion show by nikocia

Begitu para peserta karnaval mulai melewati garis start, semua penonton yang sudah memadati pinggiran track parade tampak antusias dan sudah siap mengabadikannya lewat gawai di tangan masing-masing.

Parade dibuka dengan ratusan penari dan ondel-ondel khas Betawi. Dilanjut dengan fashion show dari brand lokal Nikocio yang dikenakan oleh para gadis-gadis cantik. Kemudian disusul dengan parade Karnaval Budaya yang ditampilkan oleh para peserta yang memakai kostum megah. Pasti berat, tuh. Ada kostum merak, bunga matahari, bahkan ular. Tentunya ada kostum nasional juga yang sudah dimodifikasi sehingga tampil makin cetar.

parade budaya lokal di festival pesona lokal jakarta 2018
parade budaya lokal di festival pesona lokal jakarta 2018
parade budaya lokal di festival pesona lokal jakarta 2018
parade budaya lokal di festival pesona lokal jakarta 2018

Kostum-kostum megah sudah ditampilkan, kini kembali ke kostum-kostum tradisional dan kebudayaan yang dibawakan oleh masyarakat yang datang dari berbagai daerah di Jakarta. Penari topeng, Gambang Kromong, Pencak Silat, dan tak lupa Ondel-ondel sudah pasti ada di parade Karnaval Budaya ini.

Semua peserta bersuka cita memamerkan kekayaan budaya leluhur mereka. Tak tampak raut muka kelelahan karena sedari pagi buta sudah mempersiapkan acara ini. Bahkan gue pun sebagai penonton serasa ikut menjadi bagian parade karnaval ini. Seru banget!

parade budaya lokal di festival pesona lokal jakarta 2018
parade budaya lokal di festival pesona lokal jakarta 2018
parade budaya lokal di festival pesona lokal jakarta

Para peserta parade ini masih harus jalan menempuh sekitar 3.8 km, lho. Kebayang nggak seperti apa capeknya jadi para peserta ini. Namun, di sela-sela parade, mereka masih sempat berceloteh lucu, “Lah, ini ngapa nggak mulai narinya dah, udah latihan dari subuh ini gue,” saat teman-teman segrupnya hanya jalan normal tanpa memeragakan koreografi yang sudah dihapalkan sejak semalam sebelumnya. :))

parade budaya lokal di festival pesona lokal jakarta
parade budaya lokal di festival pesona lokal jakarta
parade budaya lokal di festival pesona lokal jakarta

Tak hanya senang melihat bagaimana bagusnya kostum-kostum yang dikenakan, tapi seru melihat kekompakan para peserta yang ikutan sambil bernyanyi dan menari. Energi positif yang mereka bawa pun tertular ke penonton yang hadir. Jadi ikutan ketawa nggak berhenti sampai parade berakhir.

Ternyata para peserta parade ini dinilai dan akan dipilih tiga pemenang. Hadiah untuk juara pertama yaitu Rp. 20Juta, juara kedua Rp. 10Juta, dan juara ketiga Rp. 7Juta. Pantas saja semua peserta tampil all out, wong hadiahnya menarik banget! :D

parade budaya lokal di festival pesona lokal jakarta
parade budaya lokal di festival pesona lokal jakarta

Bagi yang sudah tinggal lama di Jakarta, seperti gue yang kurang lebih 10 tahun tinggal di kota ini, merasakan dan melihat budaya Betawi secara langsung seperti ini adalah suatu keistimewaan. Nggak afdol donk sudah numpang tinggal di Jakarta, tapi nggak pernah tahu seperti apa itu budaya-budaya Betawi. Jangan cuma tahunya Ondel-ondel saja. Ditambah, kapan lagi bisa melihat semuanya sekaligus kalau nggak di Festival Pesona Lokal.

festival pesona lokal - betawi punya aksi
festival pesona lokal - betawi punya aksi
parade budaya lokal di festival pesona lokal jakarta
Kebayang nggak pakai kostum begini dan jalan 3.8 km?


Lomba Mural Art & Kreasi Masakan Daerah

Selesai melihat parade Karnival Budaya, gue beranjak ke jejeran tembok non permanen yang digunakan untuk corat-coret para peserta lomba mural art. Kurang lebih ada sekitar 20 peserta yang turut serta lomba ini.

Tema yang diusung adalah Pesona Kotaku. Jadi para peserta dibebaskan untuk berkreasi sesuai dengan tema yang sudah disediakan. Ada yang gambar Monas, Penari Topeng, sampai The Legend of Betawi, Benyamin Sueb. Siapa yang nggak kenal perannya sebagai Babe di Si Doel Anak Sekolahan? Fix, TV kamu rusak.

lomba mural art di jakarta
lomba mural art di jakarta
lomba mural art di jakarta
lomba mural art di jakarta

Meskipun cuaca yang sangat terik siang itu, tak membuat para peserta hilang semangat dalam membuat mural art. Terbukti hasilnya bagus-bagus! Kalau gue jadi juri pasti bakal kesulitan menentukan pemenangnya.

Setelah puas mengagumi hasil karya para peserta Lomba Mural Art, gue dan teman-teman bergeser ke Lomba Kreasi Masakan Khas Daerah. Tiap daerah yang disinggahi Festival Pesona Lokal mempunyai tema masakan yang berbeda-beda. Kali ini temanya Semur Jengkol, khas Betawi.

nasi ulam modern
lomba kreasi masakan nusantara by adira finance

Gue, Kak Arief, Dian dan Kak Tracy sempat mengajak ngobrol salah satu peserta yang ikut lomba ini. Namanya Eko, seorang mahasiswa STP Trisakti. Hasil kreasi masakannya sangat mengagumkan. “Ini apa, mas?,”tanya Kak Arief. “Ini nasi ulam, kak,”jawabnya. Sumpah gue terkejut, karena penampilan masakannya nggak tampak seperti penampilan nasi ulam yang umumnya gue lihat. Kelihatan seperti masakan di restaurant hotel bintang lima. Keren banget!


Jajan di Tenda UMKM

Selain Lomba Mural Art dan Kreasi Masakan Nusantara, ada pula Lomba UMKM. Ada banyak sekali UMKM yang menjual jajanan tradisional sampai modern. Dijamin nggak akan kelaparan kalau sudah di sini.

jajanan khas jakarta betawi

Gue melirik booth yang menjual bir pletok khas Betawi. Tanpa pikir panjang gue dan teman-teman langsung melipir ke booth ini dan menuntaskan penasaran seperti apa rasa bir pletok itu. Ini adalah kali pertama gue mencoba bir pletok, genks. Meskipun namanya bir, tapi nggak mengandung alkohol sama sekali.

Bir pletok hadir di tanah Betawi pada zaman penjajahan dulu. Orang-orang Betawi sering melihat orang-orang Belanda berpesta sambil menikmati wine maupun bir. Karena alkohol dilarang dalam ajaran Islam, jadi mereka membuat bir versi mereka sendiri yang dibuat dari jahe dan rempah-rempah lain asli Indonesia. Tutup botol atau penyumbat kayu yang biasa digunakan pada wine, jika dicabut akan berbunyi pletok. Dari situlah asal mula terciptanya bir pletok. Kreatif juga ya orang-orang Betawi!

nyobain bir pletok pertama kali

Namun, bir pletok yang gue coba ini, tutup botolnya sudah dimodifikasi. Jadi nggak berbunyi 'pletok' lagi. Harga sebotolnya hanya 10k IDR. Diminum dingin saat cuaca panas, mantab betul. Tapi menurut gue paling asyik minum bir pletok ini justru saat musim hujan seperti sekarang.

UMKM yang hadir pada festival ini juga diperlombakan. Pemenang pertama akan mendapatkan Rp. 10Juta, pemenang kedua Rp.7juta, dan ketiga Rp.5juta. Sudah dapat untung dari hasil jualan, dikasih hadiah pula kalau menang. Double untung! Ikutan apa nih ya tahun depan. :D


Rekor Muri

Sebagai bentuk penghargaan kepada kota-kota yang sudah berusaha maksimal dalam menampilkan kebudayaan lokalnya, maka Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia), Adira Finance, dan iNews memberikan penghargaan khusus yaitu Kota Paling Memesona.

Tak hanya itu, pada perhelatan kali ini, Adira Finance juga menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk Karnaval Budaya secara Seri di Lokasi Terbanyak pada acara Festival Pesona Lokal yang diserahkan secara langsung oleh Jaya Suprana, pendiri sekaligus direktur utama MURI. Wah, selamat Adira Finance! Semoga di tahun berikutnya bisa menggelar acara yang lebih keren lagi.

festival pesona lokal jakarta

Menjelang acara berakhir, ada penampilan musik dari Judika dan Via Valen. Semua masyarakat tumpah ruah ke pinggir panggung. Antusias melihat penampilan artis idola mereka. Gue dan teman-teman hanya bisa menyaksikannya dari jauh, karena sudah nggak bisa nyempil-nyempil hingga pinggir panggung. Seru deh pokoknya!


*******************************************
Festival Pesona Lokal yang diadakan Adira Finance ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat akan potensi daerahnya dan mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga dan mempromosikan kebudayaan lokal agar lebih didengar, dilihat, dan dinikmati oleh masyarakat lebih luas lagi.

festival pesona lokal jakarta

Melalui festival ini juga gue banyak belajar dan mengetahui kebudayaan Betawi yang dari dulu hanya gue dengar, belum pernah gue lihat langsung. Jakarta nggak hanya punya gedung-gedung tinggi yang modern, jalanan yang macet. Tapi jauh sebelum kita lahir pun, Jakarta sudah punya sejarah yang panjang dan kaya budaya yang harus kita lestarikan.

Semoga tahun depan lebih banyak lagi kota yang disinggahi, agar semakin banyak kebudayaan lokal yang diangkat dan lebih dikenal. Terima kasih AdiraFinance sudah menggelar acara semenarik dan bermanfaat seperti Festival Pesona Lokal ini. Selamat ulang tahun!

1 Comments

Hai!!
Terima kasih telah membaca blog Nidyholic.
Feel free to leave a comment. Budayakan membaca, ya. Jika ada komen yang informasinya sudah jelas tertulis di artikel dan menggunakan profile Anonymous, akan dianggap SPAM.
Have a good day!