Sebelum Jelajah Macao, Baca Ini Dulu!


Liburan di depan mata nih. Ada yang berencana liburan ke Macao nggak, nih? Siapa sih yang belum pernah dengar Macao? Gue pertama kali tertarik ingin mengunjungi Macao ini gara-gara nonton Boys Before Flower, drama Korea favorit yang mengadaptasi komik Jepang. Sebelumnya sudah lebih tenar terlebih dahulu versi Taiwan, yaitu Meteor Garden. Jauh sebelumnya, gue sebenarnya sudah mengetahui negara kecil yang pernah dijajah Portugis ini. Ada yang sudah pernah ke Macao atau mungkin sama seperti gue yang ingin sekali ke sana?

panduan jelajah macao


Biasanya, teman-teman yang jalan-jalan ke Hongkong, pasti sekalian mengunjungi Macao. Maklum jaraknya cukup dekat. Bahkan boleh dibilang bakal kurang lengkap kalau nggak sekalian mampir ke Macao. Dibandingkan Hongkong yang sudah jauh lebih modern, Macao masih memiliki banyak bangunan tua bersejarah yang tentunya bagus banget buat diabadikan dengan kamera.

Seperti biasa, ritual gue kalau lagi kepengen banget jalan-jalan ke destinasi yang belum pernah gue kunjungi, pasti bakal perbanyak research. Prinsip gue mendingan repot sebelum berangkat tapi serba mudah selama di sana, daripada nggak ada persiapan malah tripnya keteteran gara-gara kurang informasi.

Beberapa hasil riset yang telah gue dapatkan ini bakal gue rangkum dan bagikan di sini, ya. So, check these out!

 
Ke Macao Nggak Perlu Visa, lho!

Yup! Cukup bawa paspor saja, kita sudah bebas masuk ke Macao. Buat kalian yang pernah buat visa untuk masuk ke negara lain pasti setuju betapa merepotkannya proses pembuatan visa. Kalau ke Macao nggak perlu, genks!


Naik Ferry atau Menyebrangi Hongkong Zhuhai Macao Bridge (HZMB)?

Seperti yang sudah gue sebutkan di atas, kita bisa ke Macao dari Hongkong dengan naik kapal ferry. Kebanyakan turis memilih cara ini untuk sampai ke Macao dari Hongkong. Jarak tempuhnya sekitar satu jam perjalanan.

Tapi, tahukah kalian kalau sejak tahun 2018 ada jembatan panjang yang menghubungkan tiga kawasan yakni Hongkong, Zhuhai, dan Macao? Yup, sekarang sudah ada Hongkong Zhuhai Macao Bridge (HZMB).

hongkong zhuhai macao bridge


Jembatan yang membentang di atas Laut Cina Selatan ini panjangnya 55 km.  Pembangunannya memakan waktu sembilan tahun, lho. Dengan adanya jembatan ini, kita bisa memangkas  waktu tempuh jadi hanya 40 menit saja. Jangan khawatir kalau kalian nggak menyewa kendaraan pribadi atau takut kemahalan kalau naik taksi, karena sudah ada bus umum. bus Bus-bus yang melintasi jembatan ini berangkat setiap 10-15 menit sekali.

So, kalian pilih mana? Mau naik ferry atau menyebrangi jembatan?


Asia Rasa Eropa!

Nggak hanya Little Venice yang ada di Venetian Macao Resort atau Ruins of St. Paul, kita juga bakal berasa diajak ke Eropa dengan mengunjungi Travessa da Paixao. Jaraknya nggak terlalu jauh dari Ruins of St. Paul, kok.

travessa da paixao macao


Jalanan kecil ini nggak terlalu panjang, mungkin hanya sekitar 30 meter. Tapi cobalah datang pada sore hari, suasananya bakal terasa romantis. Sepintas pemandangannya mirip seperti di Salzburg, Austria atau Munich, Jerman. Ya kalau belum bisa ke Eropa, setidaknya bisa foto-foto dulu deh di sini.


Jangan Lupa Mencicipi Kuliner Khasnya

Macao mempunyai banyak deretan kuliner khas yang wajib dicicipi jika berkunjung ke sana. Salah satu yang buat gue penasaran banget mau nyobain adalah egg tart, penganan hasil kulturisasi bangsa Portugis. Terdengar biasa aja, tapi kata teman-teman yang sudah pernah ke sana, egg tart di Macao terkenal enak tiada tara. Duh, egg tart yang ada di Indonesia saja gue suka banget, gimana yang dari tempat asalnya.

famous egg tart from macao


Selain egg tart yang sudah mendunia, masih ada juga Serradura, Minchi, Steam Clams in Black Bean Sauce, dan masih banyak lagi. Woaah, makin nggak sobat cobain bareng genk gembrot gue. :D

*********
Intinya sih, perbanyak riset sebelum travelling itu perlu banget. Selain nambah pengetahuan sebelum keberangkatan, biasanya malah bikin gue semakin mau buruan sampai di sana. Riset yang dilakukan juga nggak ribet kok, cuma modal baca-baca blog orang atau website tourism gitu, kok.
 
travelling ke macao
Photo by Fred Noblesala on Unsplash

Selain pemandangannya yang cantik, Macao juga menyimpan sejarah panjang yang menarik untuk dikulik. Tak lupa daftar kuliner yang sudah berderet nggak sabar untuk dicicipi. Uwuww, makin nggak sabar!

Daftar yang gue bagikan di atas mungkin belum seberapa lengkap, kalian mungkin bisa gali lebih dalam lagi informasi mengenai pariwisata Macao di Jelajah Macao. Gue banyak dapat informasi berguna di website tersebut.

Semoga tulisan ini berguna, ya. Jangan lupa di-bookmark dan share ke teman-teman kalian. Selamat berlibur!


*Sumber foto
- Jelajah Macao
- Unsplash

missnidy - indonesia travel blog



2 Comments

  1. senang sekali tiap lihat tulisan baru dari missnidy!!! setelah menjadikan missnidy panutan dalam trip korea dan hongkongku, ingin berterima kasih karena tulisan dan fotonya bagus. baca post ini pun aku jd langsung tertarik ke macao??? ditunggu tulisan lainnya kaaak!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf ralat ternyata maksudku korea saja, serta singapore untuk trip ibuku. PLUS suka bgt sm tulisan tentang berburu baju second!!1

      Delete

Hai, Nidyholic!!
If you have any question, please leave a comment and kindly choose name/url or anonymous as a profile. Don't put any active link on comment, it will be automatically deleted. Thank you for reading!