Menikmati Bunga Sakura Bermerkaran di Sydney

Kalau mendengar tentang bunga sakura pasti langsung kepikiran dengan Jepang. Tapi tahukah kamu ternyata di negara tetangga kita, Australia, setiap tahunnya kamu bisa melihat bunga sakura bermekaran juga. 
 

Menikmati bunga sakura di Sydney



Cherry Blossom Festival di Sydney




Festival yang diadakan setiap tahunnya dan telah berlangsung selama lebih dari tujuh tahun ini terletak di Auburn Botanic Garden, salah satu taman yang juga merupakan tempat wisata di Sydney yang menarik untuk dikunjungi. Perayaan dengan nama “Cherry Blossom Festival” ini berlangsung sekitar sepuluh hari dan biasanya dilaksanakan pada bulan Agustus.



Auburn Botanic Garden memang merupakan sebuah taman luas yang memiliki berbagai jenis tanaman. Bagian dengan pepohonan sakura ini memang memiliki nuansa seperti di Jepang. Terlihat gerbang dengan bentuk khas kebudayaan Jepang.



Pondok dengan kolam yang dikelilingi dengan pepohonan rindang juga menawarkan rasa mirip seperti di Jepang. Bunga sakura ini bermekaran secara alami yang menandai bahwa musim dingin sudah berakhir dan saatnya masuk ke musim semi. 
 

Festival bunga sakura di Sydney
Gerbang dengan gaya ala Jepang di Auburn Botanic Garden

Nah, di festival ini ada apa aja? Yang pasti ramai banget dikunjungi oleh penduduk kota Sydney maupun wisatawan. Selain melihat bunga sakura berwarna merah muda yang bermekaran sambil mengambil foto, banyak juga acara yang bertemakan kebudayaan Jepang yang asik untuk diikuti.



Salah satu acara yang tidak boleh terlewatkan adalah festival makanan. Banyak stand makanan yang menjual makanan ala Jepang seperti bento, okonomiyaki, kue mochi, sake, dan banyak makanan lainnya.



Di festival ini ada juga yang Namanya Forest Bathing yaitu menikmati suasana di hutan yang katanya bisa menurukan detak jantung dan tekanan darah, juga bisa mengurangi stres. Di Zen Zone ada aktifitas untuk mempelajari karya seni Jepang yang bernama origami.



Yang serunya lagi, ada juga acara yang mempromosikan kebudayaan Jepang lainnya seperti Ikebana atau merangkai bunga, seni bela diri Jepang yang disebut dengan Kendo, pertunjukan musik, dan juga seni bela diri Jepang yang terkenal yaitu Sumo
 

cherry blossom festival sydney

 

Menonton pertunjukan Sumo




Menonton pertunjukan sumo tentunya menjadi daya tarik bagi banyak orang dan juga menjadi highlight dari festival ini. Olahraga gulat yang berasal dari Jepang ini juga terkenal dengan pegulat yang memiliki postur badan yang berisi.



Terlihat beberapa pegulat menunjukkan kemahirannya. Pertama mereka mempraktekkan beberapa ritual sebelum memulai, dilanjutkan dengan pertarungan antara dua pegulat. Peraturan sumo cukup sederhana. Siapa yang keluar dari lingkaran arena pertarungan atau menyentuh arena lantai dengan bagian tubuh yang bukan kaki akan kalah. 
 
sydney chery blossom festival
Pertunjukkan sumo di Cherry Blossom Festival

Cherry Blossom Festival juga cocok untuk keluarga dengan anak-anak. Biasanya ada area dengan karakter kartun seperti Hello Kitty yang akan membuat anak-anak terhibur. Di pos kartun ini menawarkan lukisan wajah untuk anak-anak, dekorasi, dan barang-barang lain bertema kucing.



Gudetama, karakter populer lainnya, bisa dilihat di Lazy Cinema di mana para tamu dapat menonton kartun tentang cerita telur yang malas sambil bersantai di atas bean bag. Atau mampir di ampiteater untuk permainan laser tag yang memukau dengan latar belakang soundtrack anime klasik.



Banyak juga kan hal yang bisa kamu lakukan saat Cherry Blossom Festival di Sydney ini. Tidak sedikit juga pengunjung yang sengaja memakai baju kimono untuk mendapatkan foto yang instagramable bersama bunga sakura. Kalau memang kebetulan lagi jalan-jalan ke Sydney, atau memang tinggal di Sydney, jangan lewatkan pengalaman setahun sekali melihat bunga sakura di Sydney dan menikmati acara-acara yang ditawarkan. 
 
sumo wrestling di cherry blossom festival sydney
Anak muda yang sedang tampil dan bernyanyi

Auburn Botanic Garden juga dibuka untuk umum pada hari-hari biasa. Fasilitas yang ada di taman ini adalah playground untuk anak-anak, area untuk piknik dan juga fasilitas BBQ. Selain itu, kamu juga bisa ketemu dengan binatang khas Australia seperti kangguru, wallaby, emu, bebek, dan berbagai jenis burung.





Tips lain yang perlu kamu ketahui



  • Cara menuju Auburn Botanic Garden bisa menggunakan train dari Stasiun Central menggunakan jalur T1 Platform 18 atau T2 Platform 19 sampai dengan Stasiun Auburn.
  • Harga tiket masuk untuk Cherry Blossom Festival adalah AUD 10.
  • Pergilah di hari biasa karena kalau datangnya pas weekend pasti akan lebih ramai
  • Buka dari jam 9 pagi sampai dengan 5 sore.
  • Bisa cek website dari pemerintah Sydney untuk melihat jadwal-jadwal acara festival.

*Artikel ini merupakan guest post dari Velysia Zhang

Velysia Zhang - Travel Bloger Indonesia

Penulis: Velysia Zhang


Profil singkat: Hobi traveling, naik gunung, dan juga bersantai di pantai. Menceritakan pengalaman traveling di blog pribadi.



 


1 Comments

Hai, Nidyholic!!
If you have any question, please leave a comment and kindly choose name/url or anonymous as a profile. Don't put any active link on comment, it will be automatically deleted. Thank you for reading!