Jalan-jalan dan Operasi Plastik di Korea Selatan

Tren operasi plastik di Korea Selatan bukan lagi suatu hal yang tabu. Bahkan karena hal ini, banyak wisatawan bertandang ke negeri ginseng hanya untuk melakukan operasi plastik. Sehingga nggak heran jika operasi plastik juga masuk ke dalam pariwisata minat khusus. Jadi sekalian jalan-jalan sambil operasi plastik. Kira-kira di manakah rumah sakit atau klinik yang biasa melakukan prosedur operasi plastik di Korea Selatan? 

rekomendasi tempat operasi plastik di korea selatan
Tren operasi plastik ini juga nggak terlepas dari pengaruh Idol Kpop dan aktor serta aktris drama Korea. Rupa yang cantik dan ganteng, belum lagi bentuk tubuh ideal, jadi idaman orang-orang. Banyak idol yang dijadikan tolak ukur atau contoh standar kecantikan yang diinginkan orang yang hendak melakukan operasi plastik. Gue dan kalian juga pasti pernah deh nonton K-drama atau lihat performance idol di panggung, dalam hati membatin. Baru-baru ini saja gue sering nyeletuk tiap kali nonton drama It's Okay to be Not Okay, “Ebuset, ini Ko Mun Yeong pinggangnya kecil amat,” atau “Ya Allah mukanya Ko Mun Yeong runcing banget, ya. Cakep dah!”

Sehingga nggak heran jika sebelum melakukan prosedur operasi plastik, pasti pasien akan menunjuk satu contoh idolanya. “Aku mau hidung mancung kayak Lee Min Ho,” atau “Aku mau mata besar kayak Kim Tae Hee.” Itu wajar banget. Namanya manusia nggak pernah puas dan rumput tetangga selalu hijau.

rekomendasi tempat operasi plastik di korea selatan

Ada yang pernah nonton K-drama My ID is Gangnam Beauty? Di Gangnam ada banyak sekali klinik yang melayani operasi plastik. Di drama tersebut disebutkan konon wajah-wajah hasil operasi plastik di Gangnam akan terlihat serupa. Di beberapa adegan bahkan ada scene yang salah satu tokohnya dilabeli orang-orang dengan Gangnam Beauty karena sudah operasi plastik. Tapi kalau serupanya kayak Park Min Yeong nggak nolak juga kan? :p

Saking tingginya demand operasi plastik, banyak bermunculan rumah sakit dan klinik yang memberikan pelayanan ini. Tetap saja kita nggak boleh sembarangan memilih. Jangan mentang-mentang Korea Selatan terkenal bagus soal pelayanan medisnya, lho. Tetap harus hati-hati memilih.

Bahkan sekarang sudah ada agen yang melayani orang-orang yang hendak berkunjung ke Korea Selatan , lho. Di antaranya yaitu JaneDMC Korea, GabinMedical Tourism Agency, dan GoldenTour Korea DMC.

operasi plastik di korea selatan

Jadi pasien sudah bisa konsultasi dengan agen sebelum berangkat ke Korea Selatan. Nanti mereka akan membantu pasien memilih rumah sakit atau klinik, dokter, akomodasi selama di sana termasuk paska operasi (dalam pemulihan). Sebab biasanya setelah dioperasi butuh pemulihan berhari-hari. Nggak mungkin donk muka masih bengkak sudah balik ke Indonesia. Jadi harus menunggu sampai benar-benar pulih dan dicek kembali oleh dokter yang menangangi. Penjemputan dari bandara pun sudah disiapkan. Jadi pasien nggak pusing mikirin ini itu lagi.

Gila ya pariwisata di Korea Selatan tuh melek banget! Sampai hal kayak gini saja bisa dijadikan paket wisata. Salut!

Jika kalian tertarik untuk mencoba operasi plastik di Korea Selatan, sebaiknya cari tahu dulu informasi mengenai rumah sakit dan kliniknya. Meskipun agensi juga akan membantu memilihkan untuk kalian, tetap saja sebaiknya kalian juga melakukan survei. Jangan asal main ke Gangnam lalu memilih rumah sakit atau klinik secara random.

Berikut rekomendasi rumah sakit dan klinik yang bisa dijadikan pilihan untuk operasi plastik di Korea Selatan.

ID Hospital

ID Hospital yang didirkan sejak 1995 ini berada di Seoul, tepatnya di Gangnam. Bahkan rumah sakit ini punya website berbahasa Indonesia, lho. Itu artinya Indonesia juga merupakan target market mereka karena peminatnya ada. Bisa kalian cek di sini https://id.idhospital.com/

ID Hospital plastic surgery in gangnam seoul
ID Hospital plastic surgery in gangnam seoul

Spesialisasi dari rumah sakit ini adalah bedah ortognatik dan bedah pembentukan tulang wajah. Mau punya wajah sekecil Yoona SNSD? Nah, kalian bisa cek rumah sakit ini. Salah satu kelebihannya juga yaitu menyediakan penerjemah bahasa dan Indonesia termasuk salah satunya. Jadi soal komunikasi mah aman deh. Nggak perlu pakai google translate. Selain itu juga mereka menyediakan makanan halal untuk para pasiennya. Daebak!


Banobagi Plastic Surgery Clinic

Reputasi Klinik Banobagi juga sudah terkenal. Klinik ini terkenal karena teknik prosedur operasinya yang luar biasa detail. Jadwal operasi akan segera dibuat apabila pasien sudah selesai konsultasi dengan dokter.

banobagi tempat operasi plastik terbaik di korea selatan

Klinik ini pernah menyandang sebagai klinik dengan operasi payudara terbaik pada tahun 2017 serta sudah mengantongi sertifikasi rumah sakit wisata medis di tahun yang sama. Selain itu Banobagi juga mempunyai pelayanan untuk mengeluarkan visa dan penjemputan pasien.


Hershe Plastic Surgery

Operasi anti penuaan dan pembesaran payudara merupakan spesialisasi dari klinik ini. Nggak main-main, klinik ini sudah berpengalaman selama 29 tahun. 
 
klinik operasi plastik terbaik di korea selatan
klinik operasi plastik di korea selatan

Pasiennya pun banyak yang berdatangan dari luar negeri, seperti Argentina, Jepang, dan negara Asia lainnya. Klinik ini punya layanan penjemputan dan ahli bahasa yang akan membantu pasien saat berkonsultasi dengan dokter.


Namu Plastic Surgery & Dermatology

Klinik ini sudah mendapatkan banyak penghargaan yang cukup bergengsi. Di antaranya yaitu Grand Prize Award untuk payudara dan sumbing pada tahun 2016, Penghargaan Medis Asia Terbaik pada Miss Intercontinental Pegeant Asia First Award 2016, Klinik Bedah Plastik & Dermatology Terbaik Korea 2018 yang dipilih oleh Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Korea.

namu plastic surgery in gangnam

Nilai plusnya lagi mereka menyediakan menu makanan halal untuk pasien dan reservasi tempat tinggal paska operasi. Lokasinya masih di daerah Gangnam. Klinik ini punya akun instagram juga, lho. Coba kalian kepoin dulu instagramnya deh di @namuplasticsurgery@namuplasticsurgery. Mereka hanya melayani 9 pasie, jadi pastikan membuat reservasi konsultasi terlebih dahulu sebelum kedatangan.


Ruby Plastic Surgery

Salah satu klinik operasi plastik di Korea yang punya pelayanan khusus untuk turis asing. Pada tahun 2017 pernah meraih penghargaan sebagai Best Brand Award oleh Forbes. Klinik ini banyak melayani prosedur operasi plastik untuk mata, hidup, dan sedot/cangkok lemak. Biaya untuk operasi hidung kurang lebih 4600 USD (sekitar Rp. 67Jutaan).



Itu dia lima rekomendasi klinik atau rumah sakit bedah plastik yang gue rangkum dari website Korea Tourism Organization. Kalau kalian mau terima beres, sebaiknya memang menggunakan jasa agen saja biar semua kebutuhan selama berada di sana sudah terjamin. Nggak perlu repot urus-urus sendiri.

Jangan lupa juga untuk ajak seorang pendamping jika ingin operasi plastik di Korea Selatan untuk alasan keamanan. Pendamping ini bisa membantu kalian mengantarkan kalian pulang ke apartemen atau hotel paska operasi. Biasanya butuh 5 hingga 14 hari untuk tetap berada di Korea Selatan paska operasi plastik karena masih membutuhkan perawatan. Tapi nggak jarang juga dokter sudah bisa menyuruh pasien pulang di hari yang sama untuk tindakan operasi kecil.

Biaya operasi plastik di Korea Selatan terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan biaya operasi di Amerika Selatan. Hasilnya pun sudah sering kita lihat ya di tv, kan? Itulah mengapa banyak orang-orang dari luar negeri pun rela jauh-jauh menyambangi Korea Selatan demi mendapatkan bentuk yang ideal.

Jadi gimana? Kalian tertarik untuk operasi plastik di Korea Selatan? Kalau untuk saat ini gue sih belum mau, tapi siapa yang tahu di kemudian hari gue berubah pikiran, kan? Mendadak mau mirip kayak Kim Ji Won atau pengen mirip member Blackpink gitu.. :p

tempat operasi plastik di korea selatan
Kira-kira gue cocokan jadi Ji Soo, Lisa atau Jennie?



indonesia travel blog



0 Comments