Pulau Liukang Loe, Tanjung Bira

liukang loe island

Kalau kalian liburan ke Tanjung Bira pasti banyak bapak-bapak yang nawarin sewa kapal buat menyebrang ke pulau. Pulau yang dimaksud namanya Liukang Loe. Bukan Liu Kang si pemeran Mortal Kombat. Letaknya persis di seberang pantai pasir putih Tanjung Bira. Kelihatan kok kalo dari Bira. Rata-rata para bapak itu buka harga di 500k idr, tinggal pinter-pinternya kita aja nawar.


perjalanan menuju liukang loe
liukang loe island
liukang loe island indonesia

Gue sih rekomen buat nyebrang, soalnya kehidupan pantai di Bira cukup ngebosenin. Permainannya cuma ada banana boat. Palingan ya cuma ngaplak ngeplek pinggir pantai aja ampe sunset. Waktu itu gue deal perahu sama Pak Aneng. Karena kita cuma berenam, jadi dikasih perahu yang kecil tapi gue suka sih soalnya jadi berasa private boat.

liukang loe island

Perjalanan dari Bira menuju ke Pulau Liukang Loe kurang lebih cuma 10 - 20 menit, tapi pas gue kesana berasa lama banget soalnya ombaknya lagi besar. Kalo menurut itinerary yang ditawarin sama Pak Aneng, biasanya sih pelanggannya diantar dulu ke Pulau Kambing untuk snorkeling setelah itu baru istirahat di Pulau Liukang Loe.

liukang loe island
liukang loe island

Tapi gue dan travel mate gue sepakat buat ke Pulau Liukang dulu baru ke Pulau Kambing. Soalnya biar pas difoto masih kece, bedak juga belum keapus kena air laut. Walaupun kenyataannya kita ga jadi ke Pulau Kambing karena udah kesiangan.

liukang loe island
liukang loe island
liukang loe island

 Di Pulau Liukang ada sebuah dermaga yang menurut gue lumayan kece buat foto-foto. Team hore gue lumayan lama sih foto-foto di sana. Dermaga ini biasanya digunakan untuk menjemur makanan oleh warga setempat. Beruntung sih waktu itu lagi ada apapun yang lagi dijemur, kan gak lucu mau foto-foto cantik tapi backgroundnya ada hamparan ikan asin.

liukang loe island

 Setelah sejam, perut udah pada kelaparan karena belum sempat sarapan di penginapan. Jadinya kita pesan ikan bakar di salah satu rumah makan di pinggir pantai. Si Ibu penjual nawarin gue untuk beli paketan, isinya ikan bakar baronang, sayur sop, nasi, sambal super pedes, dan air mineral gelas. Satu paket/orang harganya 40k idr. Kita juga pesan air kelapa butiran. Menyegarkan banget lah. Fyi, cuaca di Bira dan sekitar itu panasnya luar biasa.

makan siang di pulau liukang loe

Perut udah keisi penuh, saatnya kita snorkeling. Pak Aneng bawa kita agak ke tengah dari pinggir pantai Pulau Liukang. Airnya bening banget!! Walaupun isi lautnya gak seramai di Gili, tapi cukup menyenangkan snorkeling di sekitar Liukang Loe. Hanya saja, arusnya termasuk kenceng. Gue sampe capek pas berenang mau balik ke kapal. Coralnya sih ga terlalu beragam ya, tapi ikannya masih banyak yang warna warni. Kaki udah keram plus capek gara-gara kebawa arus mulu.

penangkaran penyu di liukang loe

Akhirnya Pak Aneng lanjut bawa kita ke sebuah rumah apung yang ternyata tempat penangkaran penyu. Biaya masuknya 5k idr per orang, dan kalau kita mau nyebur kasih makan penyu harus nambah lagi 10k idr per orang. Awalnya gue gak begitu tertarik sih, tapi ternyata penyunya lucu-lucu. Yang paling jinak namanya Alfino. Si Alfino paling seneng diajak foto, dipeluk, apalagi dikasih makan. Kalo penyu yang lain cuma mau dikasih makan aja tapi giliran mau difoto malah kabur. Orang-orang yang jaga penangkaran penyu di situ juga baik dan ramah. So happy!

penangkaran penyu

Menjelang zhuhur, kita balik ke pantai Bira karena mengingat jam check out juga jam 12 dan kita belum beres-beres. Padahal masih mau ke Pulau Kambing. Jadi buat kalian yang berencana untuk menyebrang, gue sarankan untukberangkat lebih pagi dan pastikan kalian sudah check out dari pagi sebelum berangkat ke pulau atau memang sudah booking penginapannya untuk dua malam. Jadi gak bakal terburu-buru seperti gue dan bisa puas main ke pulau-pulau lain selain Pulau Liukang.


Happy Travelling!!

2 Comments

  1. Hai Mbak, boleh tau no kontak Pak Aneng? atau info berapa biaya sewa kapalnya ke Pulau Kambing, Pulau Liukang dan penangkaran penyu..Thank you Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, kontaknya udah gak ada. On the spot aja gpp. Harganya biasanya 400-600 per kapal. Tawar aja.

      Delete

Hai, Nidyholic!!
If you have any question, please leave a comment and kindly choose name/url or anonymous as a profile. Thank you for reading!