Haluu World - Sebuah Pameran Instagramable


Haluu World – sebuah instagramable exhibition yang baru saja dibuka resmi untuk pengunjung pada tanggal 15 Desember 2018 ini, langsung menarik perhatian banyak orang, tak terkecuali gue dan sahabat gue, Ayu. Sebelumnya kami berdua sudah berencana untuk ke museum yang menampilkan hal serupa di bilangan Pondok Indah. Namun, dengar kabar karena antusiasme yang begitu tinggi, jadi masih ramai. Akhirnya, kami memutuskan untuk ke Haluu World saja. Ada yang sudah ke sini?

haluu world - an instagramable exhibition at plaza indonesia


Kami memutuskan untuk datang pada hari pertama karena menghindari crowd yang sudah  diperkirakan jika datang melewati hari ketiga. Kebetulan juga kami ada waktu senggang hanya di akhir pekan ini. Benar saja, suasananya belum begitu ramai. Jadi bisa leluasa foto-foto tanpa harus terburu-buru karena ditunggu orang di belakang.

Haluu World berlokasi di Plaza Indonesia lantai lima, persis di sebelah Go Work. Pembelian tiketnya hanya bisa melalui Book My Show (browser maupun aplikasi). Namun, bagi yang belum sempat beli online, tenang saja karena di sana juga ada booth Book My Show yang bisa melayani pembelian secara go show. Harga tiket masuk Haluu World sebesar 110k IDR untuk weekend, sementara jika datang saat weekday hanya 90k IDR per orang.

lokasi haluu world

Saran gue, kalau ke sini ajak seorang teman biar bisa bergantian foto. Jangan juga datang serombongan pengajian, karena kalau terlalu banyak orang, jadi jatah durasi fotonya semakin sedikit. Karena tiap spot foto itu dibatasi waktu dan dihitungnya per rombongan, bukan per orang.

Alurnya juga hanya one way, artinya jika kalian sudah beralih ke ruangan berikutnya, nggak bisa kembali ke ruangan sebelumnya. Jadi puas-puasin deh tuh di satu ruangan. Dengan catatan, ruangannya nggak dibatasi waktu, ya. Ada beberapa ruangan yang hanya diberi waktu 45 detik. Kebayang nggak buru-burunya kayak gimana.

Pengunjung yang datang juga dibatasi per sesi hanya 8 orang. Jadi jika kalian datang 10 orang, terpaksa yang dua orangnya harus ikut sesi berikutnya. Ini dimaksudkan agar pengunjung nggak terlalu padat di dalam, jadi bisa leluasa foto-foto. Sesuai tagline-nya, an instagramable exhibition, sehingga nggak ada larangan membawa kamera jenis apapun. Karena tujuannya memang dikhususkan untuk foto-foto. Tapi dilarang untuk pemotretan komersil.

harga tiket haluu world
haluu world tutup jam berapa

Sebelum masuk dan menikmati sesisi ruangan, ada petugas yang menyambut dan memberikan pengarahan ke pada pengunjung tentang hal-hal yang nggak boleh dilakukan selama di dalam. Seperti membawa makanan dan minuman, barang bawaan seperti plastik belanja (kalau tas sih nggak apa-apa), dan stroller.

Ada apa saja di dalam Haluu World? Yuk kita simak langsung!

Moulin Rouge

Ruangan ini kecil banget, hanya ada spot foto berlatar belakang pink dengan tulisan “Halu How Are You?” dan instalasi jerapah. Gue baru sadar kalau angle terbaik untuk spot jerapah ini adalah dibalik hasilnya. Jadi jangan mengulang kesalahan gue ya.

haluu world jakarta
haluu world jakarta


Fish in The Ocean

Kalau bawa kostum Ariel, mungkin gue sudah bergaya seperti The Little Mermaid di sini. Ruangan ini juga nggak gitu besar kok, jadi bisa langsung skip ke ruangan selanjutnya.

pengalaman ke haluu world


Sand of Possibility

Pengunjung bisa masuk ke dalam balon besar. Begitu berada di dalam, nanti akan dinyalakan blower kecil sehingga serpihan-serpihan hati bertebaran. Alhamdulillah gue dan Ayu muat masuk ke dalam balon.

spot instagramable di haluu world plaza indonesia


Castle in The Sky

Buat pecinta warna ungu, pasti suka berada di sini. Seluruh kastilnya berwarna ungu.

spot instagramable di haluu world plaza indonesia


Bullshit Zone

Nah, ini dia ruangan yang hanya diberi waktu selama 45 detik. Karena datang berdua, jadi gue dan Ayu masing-masing hanya punya waktu selama 23 detik untuk berpose.  Peserta Asia’s Next Top Model saja kadang dikasih waktu setidaknya 5 menit. Oke, besok gue daftar ASNTM deh. 

haluu world an instagramable exhibition


Overgrowth

Ruangan ini sebenarnya menyatu dengan Castle in The Sky. Hanya ada instalasi toilet ala-ala. Lalu gue pun bingung harus berpose apa di sini.

pameran instagramable di jakarta



Bed of Roses

Ini dia primadona Haluu World. Sejak awal, Ayu sudah mengincar ruangan ini. Saking focus mau ke ruangan ini, sampai melewati Path of Riches, ruangan sebelum Bed of Roses. Cewek-cewek pasti bakal suka dengan ruangan yang satu ini. Namun sayangnya, hanya dibatasi selama dua menit saja. Hiks.

pameran instagramable di jakarta
haluu world plaza indonesia jakarta


Carousel of Life

Beralih dari Bed of Roses, nemu ruangan lucu lainnya. Berada di ruangan ini, it brings back my childhood memories. Carousel-nya imut banget!

haluu world plaza indonesia jakarta
haluu world plaza indonesia jakarta
pink carousel


Spectrum

Di ruangan ini ada instalasi fake fruits berwarna-warni yang dinamakan Rainbow Maze. Di ruangan ini nggak ada batasan waktu kok. Jadi bisa sepuasnya foto-foto.

harga tiket masuk haluu world jakarta


Fondest Memories

Kalau kalian merasa makan indomie semangkok itu masih kurang, bagaimana kalau ukuran mangkoknya lebih besar dari tubuh manusia? Sebagai salah satu sponsor exhibition, Indomie punya instalasi tersendiri yang cukup unik. Sebagai teman setia indomie kuah, kehadiran krupuk putih seakan jadi pelengkap. Jangan lupa bikin video boomerang, ya!

indomie raksasa haluu world jakarta
indomie raksasa haluu world jakarta


Possibilities

Di ruangan ini, kalian bisa istirahat sejenak di atas bean bag yang sudah disediakan. Ini merupakan ruangan terakhir. Jadi santai dulu saja di sini, sambil share foto-foto yang sudah ada.

pengalaman ke haluu world jakarta

Di akhir tour, ada toko yang menjual merchandise lucu-lucu. Ada kaos, stiker, tas, dan lain-lain. Sayangnya gue nggak membeli apapun. Maklum akhir bulan. T.T

Jadi itu dia akhir tour di Haluu World. Total waktu yang gue habiskan selama di sana, mulai dari mengantri masuk ke dalam sampai selesai kurang lebih 2,5 jam. Berhubung hanya bisa sebentar saja di sana, gue akan membagikan tips buat kalian. Simak baik-baik ya.

  • Sebelum masuk ke sana, pastikan buang air (kecil atau besar) dulu. Karena begitu kalian masuk dan keluar, nggak bisa kembali masuk lagi.
  • Beli tiket secara online saja, untuk menghindari antrian di booth Book My Show.
  • Jangan lupa makan dulu sebelum masuk. Hal ini sama seperti poin pertama.
  • Kamera di-set otomatis saja, supaya nggak kelamaan setting kamera. Kalaupun nggak terbiasa pakai mode otomatis, naikin ISO nya karena banyak ruangan yang pencahayaannya kurang.
  • Ada staf yang bisa dimintai tolong untuk mengambil gambar, namun pastikan angle atau komposisi yang kalian inginkan juga diberitahukan kepada mereka. Biar nggak kecewa dengan hasilnya.
  • Ada beberapa spot yang mengharuskan pengunjung untuk buka alas kaki. Jadi hindari sepatu atau sandal yang susah dibuka, ya.
  • Datang sepagi mungkin demi menghindari crowd.
  • Jangan lupa bersenang-senang!

jam operasional haluu world

Jam operasionalnya mulai dari pukul 10 pagi. Nah, kalau gue lihat di akun instagramnya, tertulis jam operasionalnya dari pukul 10:00 sampai 19:30. Tapi pas gue tanya ke staf di sana, katanya sampai pukul 22:00. Untuk informasi selengkapnya bisa ditanyakan ke akun instagramnya, ya. Mereka cukup responsive kok. Pameran Haluu World ini hanya berlangsung selama tiga bulan saja, terakhir Bulan April. Jangan sampai kelewatan, ya. Selamat berburu foto, genks!

haluu world jakarta

7 Comments

  1. Kak, setiap lorong Nya ada staff yang moto in gak kalo saya cuma dtg sendiri 😭?

    ReplyDelete
  2. boleh tau ga waktu2 di setiap foto berapa lama? yg 45 detik di spot mana aja, yg 2 menit di mana aja? yg bebas tanpa batasan waktu di mana aja? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang dua menit cuma pas di Bed of Roses & Fondest Memories. Sisanya baca aja di atas ya. Padahal udah aku kasih tahu lho T.T

      Delete
  3. Wah bagus bagus mbak fotonyaa :D

    ReplyDelete
  4. Yah cuma 3 bulan ya ini pamerannyaa. Kirain menetap gituu btw temat buat fotonya keren banget, instagramable abis 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temporer, sis. Buruan ke sana deh sebelum abis :D

      Delete

Hai!!
Thank you for reading!
If you have any question, please leave a comment.