[Review] Sunblock Suncut dari Kose Cosmeport

Hello, Nidyholic! Ada yang masih nungguin kelanjutan postingan tentang trip ke Jepang? Tenang saja, genks! Draft tulisan tentang Jepang sudah dalam daftar antrian untuk segera diterbitkan di blog ini, kok. Kalau di antara kalian ada yang mengikuti perjalanan gue selama di Jepang, pasti tahu saat berada di sana, gue buka jastip (jasa titip). Maklum, biaya travelling ke Jepang yang nggak sedikit, otomatis gue pun harus putar otak bagaimana caranya mendapatkan uang tambahan. Dari sekian barang-barang yang dititipkan oleh teman-teman, ternyata cukup banyak yang nitip produk dari Kose Cosmeport. Ada yang pernah coba? Atau ada yang pernah ikutan jastip Kose Cosmeport pas gue ke Jepang?

review suncut kose cosmeport


Kabar baiknya, sekarang rangkaian produk Kose Cosmeport sudah hadir di Indonesia secara resmi. Jadi nggak perlu lagi repot-repot ikutan jastip atau deg-deg ser takut barangnya disita Bea & Cukai karena niat hati mau stok dalam jumlah banyak, eh malah disangka mau jualan. #Curcol

Buat yang belum tahu, Kose Cosmeport adalah perusahaan skincare asal Jepang, mulai dari produk perawatan kulit, rambut, hingga kosmetik. Di negaranya sendiri kurang lebih ada 21 brand di bawah perusahaan ini. Namun yang baru hadir di Indonesia baru empat brand saja. Di antaranya yaitu Je L'aime (perawatan rambut), Softymo (pembersih wajah), Clear Turn (masker wajah), dan Suncut (sunblock). Di Jepang sendiri, banyak produk-produk keluaran Kose Cosmeport yang selalu jadi best seller di drugstore-drugstore terkemuka di sana.

pertama kali nyobain kose cosmeport

Sebelumnya gue sudah pernah mencoba menggunakan produk maskernya dan hasilnya sangat memuaskan. Kali ini yang mau gue bahas adalah mengenai rangkaian produk sunblock Suncut. Konon, waktu produk ini belum masuk ke Indonesia, banyak yang mengincar produk ini, lho. Saking bagusnya bahkan banyak produk Suncut yang dijual di marketplace, meskipun keasliannya nggak dijamin ya, genks. Setelah produk ini resmi masuk ke Indonesia, kita nggak perlu takut kena jebakan batman di marketplace lagi. Mending beli langsung di drugstore.

Harga sunblock yang beredar di pasaran memang cenderung mahal, karena sunblock merupakan pondasi skincare kulit yang paling penting. Tanpa sunblock, sinar matahari yang mengandung UVR dan infra merah akan bebas menyerang kulit. Selain bisa mengakibatkan kulit kemerahan karena terbakar matahari, resiko photoaging, dan kanker kulit juga bisa menghantui kalian, lho.

pengalaman cobain suncut kose cosmeport

Mau tips awet muda? Rajinlah pakai sunblock, karena sinar matahari yang berlebihan bisa merusak sel-sel kulit yang menyebabkan kulit wajah mudah berkeriput.

Photoaging adalah kondisi penuaan prematur pada kulit karena terlalu banyak mendapatkan paparan sinar radiasi UV A dan UV B dari sinar matahari maupun sinar buatan yang mengeluarkan radiasi UV.

Sejujurnya memilih sunblock itu agak sulit. Apalagi untuk kulit gue yang berminyak, jika menggunakan sunblock biasanya jadi lebih berminyak. Alhasil efeknya jadi kayak ladang minyak berjalan. Lalu bagaimana reaksinya Suncut ketika diaplikasikan di kulit gue yang super oily ini? 

pengalaman cobain suncut kose cosmeport


Suncut – Perfect UV Protect Gel

Suncut – Perfect UV Protect Gel mengandung SPF 50+ dan PA ++++. Konon, sunblock ini sudah lama jadi favorit produk di antara para beauty enthusiast. Mari kita bahas satu persatu, ya.

harga suncut kose cosmeport

Packaging

Kemasannya berbentuk tube, berwarna kuning keemasan yang terbuat dari plastik cukup tebal dengan lambang matahari berwarna merah di balik tulisan logo Suncut. Di bagian depannya ada keterangan bertuliskan 'Super Waterproof”, yang gue asumsikan berarti tingkat ketahanannya terhadap air lebih tinggi daripada produk waterproof biasa.

review suncut perfect uv protect gelreview suncut perfect uv protect gel
review suncut perfect uv protect gel

Di bagian belakangnya hanya ada satu kalimat yang gue mengerti, yaitu “Made in Japan”. Karena selebihnya tertulis dengan tulisan kanji Jepang. Membaca saja sulit, pemirsa. Isinya berukuran 100 gram. Lumayan banyak untuk beberapa bulan ke depan.

Texture

Sesuai namanya, teksturnya berbentuk gel ringan berwarna putih kekuningan. Saat diaplikasikan ke kulit, gelnya mudah sekali untuk dibaurkan dan langsung menyerap ke kulit. Nggak menimbulkan efek lengket sama sekali. Me likey!

pengalaman cobain suncut perfect uv protect gel
pengalaman cobain suncut perfect uv protect gel
pengalaman cobain suncut perfect uv protect gel

How to Use

Oleskan sunblock sedikit demi sedikit ke kulit wajah dan tubuh. Ratakan dengan jari perlahan. Biarkan sunblock menyerap terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan makeup setelah itu.

Result

Gue sudah menggunakan produk ini kurang lebih tiga minggu (terhitung sampai postingan ini diterbitkan). Biasanya gue selalu menggunakannya sebelum makeup untuk kegiatan sehari-hari seperti ke kantor. Saat liburan akhir tahun lalu juga gue gunakan sebelum berenang. Literally, menggunakannya setiap hari. (Tiba-tiba jadi anak Jaksel)

Secara keseluruhan gue suka banget dengan produk ini. Baru kali ini gue menggunakan sunblock berbentuk gel tapi nggak terasa lengket sama sekali. Bahkan di saat gue sedang berkegiatan di luar ruangan sampai keringatan pun, nggak membuat wajah jadi semakin lengket. Terlebih di kulit gue yang berminyak ini. Ditambah lagi, produk ini nggak menimbulkan white cast yang biasanya ditimbulkan akibat menggunakan sunblock. Jadi wajah tetap terlindungi tanpa harus kelihatan banget sedang pakai sunblock. 

sunblock terbaik untuk berenang di pantai

Karena nggak menimbulkan efek lengket, jadi sangat nyaman saat digunakan sebagai makeup base. Pas gue gunakan saat berenang juga nggak luntur saat terkena air. Apalagi dengan klaimnya yang “Super Waterproof”. Jadi nggak perlu khawatir dan mengoleskannya berulang kali begitu naik ke permukaan. Produk ini bakal jadi item wajib dibawa selama liburan nanti.

Cara membersihkannya juga mudah. Cukup dengan mencuci muka menggunakan facial wash atau sabun.


Suncut – UV Protect Spray

Sunblock paling laku di Jepang ini juga mengandung SPF50+ dan PA++++. Bisa digunakan nggak hanya untuk wajah dan tubuh, tapi juga rambut. Sejauh ini sih gue belum menggunakannya di rambut, tapi kalau nanti ke pantai bakal gue coba.

Gue paling nggak sabar untuk mencoba Suncut – UV Protect Spray saat produk ini tiba di kantor. Karena sunblock berbentuk spray masih sangat jarang di pasaran. Menurut klaimnya, produk ini bisa digunakan sebagai makeup base atau setelah makeup.

Packaging

Kemasannya terbuat dari kaleng spray berwarna putih dan berukuran 60 gram. Ada logo Suncut di bagian depan botolnya. Sementara di bagian belakangnya masih menggunakan tulisan kanji. Lagi-lagi, kepada google translate ku bersimpuh.

suncut uv protect spray
suncut uv protect spray
kemasan suncut uv protect spray

Texture

Begitu disemprotkan ke kulit, teksturnya berbentuk cairan bening yang mudah menguap. Nggak lengket sama sekali dan mudah menyerap ke kulit. 

review suncut uv protect sprayreview suncut uv protect spray

How to Use

Cara penggunaannya yaitu kocok terlebih dahulu sebelum penggunaan. Lalu disemprotkan ke wajah atau tubuh dengan jarak sekitar 10 – 15 cm dari kulit. Enaknya sunblock berbentuk spray gini, bisa menjangkau bagian tubuh yang sulit dijangkau. Karena spraynya bisa digunakan secara terbalik juga. Sangat praktis!

sunblock spray yang bagus untuk wajah berminyak

Result

Gue sudah mencoba sunblock ini dengan dua cara. Pertama digunakan sebagai makeup base. Saat diaplikasikan ke wajah, cairan sunblocknya cepat sekali menyerap dan nggak bikin lengket. Sehingga makeup pun nggak cepat luntur, karena kulit wajah nggak semakin berminyak tapi justru bikin lembab. Gue bisa bilang ini adalah sunblock terbaik untuk wajah berminyak.

sunblock yang bagus untuk wajah berminyak

Kedua, gue gunakan setelah makeup. Pada umumnya sunblock mampu bertahan menangkal radiasi matahari selama 3-5 jam. Setelah itu, perlu re-apply lagi. Sunblock berbentuk spray seperti ini sangat bagus untuk re-apply, karena nggak merusak makeup. Kebayang kan, kalau pas mau re-apply tapi harus hapus makeup dulu hanya untuk re-apply sunblock, lalu pakai makeup lagi. Menghabiskan waktu banget, kan?

Suncut – UV Protect Spray juga nggak menimbulkan white cast di wajah. Sehingga tampilan makeup tetap terlihat natural tanpa residu putih di sekitar wajah yang membuat tampilan wajah seperti habis ketumpahan bubur. :D


Where to Buy?
Sekarang produk-produk Kose Cosmeport sudah bisa didapatkan di drugstore-drugstore seperti Watsons dan Guardian. Harga Suncut Perfect UV Protect Gel sekitar 340k IDR dan Suncut UV Protect Spray sekitar 250k IDR. Nah, kedua drugstore ini kan punya toko onlinenya, coba dicek deh. Biasanya suka ngasih discount dibandingkan beli langsung di tokonya.


Conclusion

Menurut gue. Suncut – Perfect UV Protect Gel dan Suncut – UV Protect Spray sangat cocok untuk pemakaian sehari-hari maupun dibawa saat travelling. Kemasannya yang handy dan pas dimasukkan ke dalam makeup pouch, sangat praktis di bawa ke mana pun. Ukurannya pun nggak menyalahi peraturan penerbangan.

sunblock yang bagus untuk travelling

Teksturnya sangat cocok untuk di kulit normal dan berminyak, karena nggak membuat kulit jadi semakin berminyak atau terlalu kering, tapi lembab. Jadi sepertinya untuk kulit jenis kering pun akan cocok. Apalagi jika digunakan saat beraktivitas di luar ruangan yang bakal menghasilkan keringat lebih banyak, sunblock ini tetap nyaman digunakan.

Dengan SPF 50+ dan PA++++ membuat pertahanan terhadap kulit jadi lebih lama dan tak perlu mengoleskan produknya terlalu sering. Jadi lebih awet, apalagi hanya dengan dua kali pump saja, Suncut Perfect UV Protect Gel sudah bisa digunakan ke seluruh permukaan wajah.

sunblock waterproof

Suncut UV Protect Spray sangat membantu untuk para solo traveler yang kadang suka kesulitan mengaplikasikan sunblock ke bagian tubuh yang sulit dijangkau. Penggunaannya tentu sangat praktis dan mudah, bakal gue bawa ke mana-mana, deh. Jadi kalau dirasa perlu re-apply, tinggal semprot.

Untuk pemakaian sehari-hari, sepertinya Suncut – Protect Spray sudah cukup, namun kalau untuk travelling apalagi dipakai saat berenang, sebaiknya gunakan yang Suncut – Perfect UV Protect Gel. Karena perlindungan saat terkena airnya bekerja dua kali lebih hebat dibandingkan sunblock yang waterproof biasa.

rekomendasi sunblock untuk wajah berminyak

Untuk informasi lebih lanjut, bisa kunjungi instagram @kosecosmeportid ya, genks! Selamat mencoba!

0 Comments