Jalan-jalan Virtual ke Danbam Cafe & Kuliner Halal di Itaewon

Ada yang suka nonton Itaewon Class? Setelah Crash Landing on You (CLOY) berakhir, drama serial ini langsung menggantikan hype CLOY. Terlepas dari drama serialnya, mendadak sebuah kafe yang dijadikan tempat syuting Itaewon Class ini jadi viral. Jauh sebelum Itaewon Class booming, kawasan yang menjadi latar belakang judul serial ini juga sudah dikenal sebagai kawasan turis yang muslim friendly.

jalan-jalan virtual ke danbam cafe dan restoran halal di itaewon

Selain itu, kawasan Itaewon juga dikenal sebagai salah satu kawasan dengan nilai properti yang mahal. Konon aktor Jo In Sung juga punya properti di Itaewon, lho. Mevvah ya!



Sejujurnya sih lokasi syuting Itaewon Class ini sudah masuk list itinerary kalau ke Korea Selatan lagi. Seru banget berburu lokasi syuting K-drama. Kalian juga cobain deh kalau ada kesempatan ke sana.


Jalan-jalan Virtual ke Danbam Cafe

Nah, kali ini gue mau ajak kalian jalan-jalan virtual ke lokasi syutingnya Itaewon Class yang ada di kawasan tersebut. Kalian percaya law of attraction, nggak? Sekarang boleh deh jalan-jalan virtual dulu sambil dishalawatin, siapa tahu kan tahun depan bisa ke destinasi yang kalian mau. Ihiiy

By the way, jalan-jalan virtual gini juga jadi sekalian tahu lho rutenya buat ke Danbam cafe, milik Park Seo Roy. Jadi begitu betulan sampai di sana, kita bakal terasa familiar dengan lingkungan dan jalanannya. Dijamin anti nyasar. Kalaupun nyasar, paling gampang lagi untuk nemu rute yang tepat.


Tapi jangan harap kalau nanti kalian fangirling di depan cafenya bakal muncul si Park Seo Roy, ya. Nama cafenya pun bukan Danbam. Sebenarnya cafe ini aslinya juga ada di kehidupan nyata. Jadi kalau mau ke sana saat ini juga bangunan cafenya masih ada. Bukan bangunan temporer seperti set drama yang lain.

Anyway, sudah siap belum mau jalan-jalan virtualnya?

Turun di Noksapyeong Station Exit 1

Jika naik subway, turun di Noksapyeong Station, pilih exit 1. Dari sini tinggal jalan kaki. Noksapyeong punya empat jalur exit stasiun. Jadi jangan sampai salah pilih, ya. Karena lokasi tiap exitnya berjauhan.
getting to danbam cafe itaewon
Tangga ke bawah itu merupakan Noksapyeong Station Exit 1
getting to danbam cafe itaewon from noksapyeong station exit 1
Setelah keluar dari stasiun, kalian akan melihat kubah transparan. Di sebelahnya ada jembatan penyebrangan. Ke sanalah, ki sanak.

Menyebrangi Jembatan Favoritnya Park Sae Roy

Nah, kalau turun di exit ini juga nanti bisa sekali mendayung, dua tiga lokasi syuting terlampaui.
itaewon class filming location
Ini dia jembatan yang biasa dilalui Park Sae Roy tiap lari pagi
itaewon class filming location
Tampak dari kejauhan Namsan Tower yang bakal bagus dijadikan latar foto kamu. Kalau musim semi deretan pohon ini berubah jadi pink
itaewon class filming location
Cantik ya pemandangan malamnya

Nggak hanya Danbam Cafe, tapi juga jembatan yang biasa dilewati Park Sae Roy lari pagi. Yup, Noksapyeong – Daero Overpass. Kalian bisa foto di jembatan ini dengan latar Namsan Tower yang paling iconic di Seoul. Setelah keluar dari exit 1, belok kiri dan menyebrang. Di situ kalian akan menemukan jembatan yang dimaksud.

Jalan Menyusuri Deretan Kafe

Kalau kalian perhatikan di dekat Danbam banyak sekali deretan cafe. Memang seperti itulah aslinya. Setelah turun dari jembatan, kalian belok kanan dan jalan lurus saja menyusuri jalanan hingga ketemu dengan Danbam Cafe.
how to get to danbam cafe itaewon class
Setelah menyebrangi jembatan, kalian akan melihat bangunan ini. Belok ke kanan, ya.
how to get to danbam cafe itaewon class
Jalan terus melewati deretan cafe-cafe ini
how to get to danbam cafe itaewon class
Jalan lurus saja sampai melihat ada jalan raya besar di sebelah kanan
how to get to danbam cafe itaewon class
Ini dia Danbam Cafe. Mudah ditemukan, ya.

Berdasarkan cerita di serialnya, sebenarnya Danbam Cafe ini dua kali pindah lokasi. Namun menurut gue yang iconic dan membekas di hati para penonton ya lokasi cafe yang pertama. Di mana Park Sae Roy pertama kali mulai mewujudkan impiannya pelan-pelan.


restoran halal di itaewon

Seru juga kan jalan-jalan virtual gini. Gue biasa cek foto di google street view dan hal kayak gini biasa gue lakukan saat menyusun itinerary. Pokoknya pas sedang research untuk trip selanjutnya. Supaya nggak buang waktu sia-sia karena nyasar di jalan.

Jika kalian ingin sekalian mampir ke Undukjib juga boleh banget. Sayangnya untuk teman-teman umat Muslim, gue nggak bisa jamin kalian bisa makan di sini atau nggak.

Tapi nggak perlu khawatir, karena di Itaewon ada banyak tempat kuliner halal yang bisa kita coba.  


Restoran Halal di Itaewon

Sebagai kawasan yang banyak dihuni warga negara asing, nggak heran jika Itaewon menjadi pusat kaum Muslim di Seoul. Hal ini ditandai dengan adanya Central Mosque, yang merupakan masjid tertua di Korea Selatan. Sehingga nggak heran jika kuliner halal pun mudah ditemukan di sekitar kawasan ini.

makanan halal di korea selatan

Buat teman-teman muslim yang sudah kecapekan nyari Danbam Cafe, bisa beristirahat sejenak di Central Mosque sambil beribadah. Urusan isi perut pun juga aman di sini, karena banyak restoran yang menyediakan makanan halal. Nggak hanya bahan makanannya yang halal, tapi juga sudah bersertifikat halal. Nggak pusing lagi deh mau makan di mana.

Nah, permasalahan selama gue jalan-jalan bareng teman-teman gue yang muslim, terbagi jadi dua tipe saat mereka cari makanan ketika berada di luar negeri. Pertama, dia nggak masalah makan di mana saja selama makanan yang dia makan nggak mengandung babi (daging ayam atau seafood). Kedua, dia nggak mau sama sekali makan di restoran yang belum punya sertifikat halal. Kalau kalian tipe yang mana?

Saat travelling ke Korea Selatan, gue dan teman gue sempat kebingungan mau makan di mana. Sebab pada saat itu ternyata agak sulit mencari makanan halal. Berbekal informasi dari teman yang kuliah di sana, gue diberi tahu untuk makan di Lotteria saja kalau kesulitan cari restoran halal. Karena frenchise merk ini merupakan salah satu restoran yang nggak menyediakan menu pork. Sementara seperti KFC maupun MCD di sana belum aman.
halal certified restaurant in seoul south korea

Kalau tipe yang nggak mau kepikiran saat makan di Seoul, lebih baik berburu kuliner di kawasan Itaewon saja. Oh iya, restoran halal sendiri terbagi menjadi empat kategori dalam standar Korea Tourism Organization yang termasuk dalam halal restoran. Ada halal certified, self certified, muslim friendly, dan pork free.

Langsung aja ya, berikut gue share lima tempat kuliner halal di sekitar kawasan Itaewon.


Eid Halal Korean Food

Restoran bersertifikat halal pertama di Korea Selatan. Sehingga nggak heran jika selalu ramai pengunjung berkat kepopulerannya di kalangan wisatawan muslim yang bertandang ke negeri ginseng ini.

halal food in itaewon

Konon pemiliknya merupakan mualaf asli Korea. Buat para teman-teman muslim nggak perlu khawatir lagi untuk makan makanan khas Korea Selatan. Ratingnya di Tripadvisor pun sebesar 4,5 dari 5, lho! Katanya kalau ke Eid Halal Korean Food wajib cobain bulgoginya.

Restoran ini nggak terlalu luas, jadi jika datang saat jam makan siang sebaiknya datang lebih cepat, daripada nggak kebagian meja. Jam operasionalnya mulai 11:30 a.m sampai 9 p.m.

Alamatnya di 67 Usadan-ro 10-gil, Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul. Lokasinya agak masuk sedikit ke dalam gang, tapi dekat dengan Central Mosque di Itaewon. Psst, jangan datang pada hari Senin, soalnya restorannya tutup. :D


Muree Restoran

Restoran ini letaknya juga nggak jauh dari Central Mosque. Cukup jalan kaki sebentar saja kok.

muree restaurant itaewon

Menu utama dari restoran ini didominasi oleh makanan khas India/Pakistan. Jika kalian sedang bosan makan makanan yang sama setiap hari, boleh cobain mampir ke restoran yang satu ini. Mereka juga menyediakan beberapa menu makanan Korea sebagai side dish, kok.

Kisaran harganya sekitar 10,000 sampai 20,000 Won. Alamatnya berada di 140-6 Itaewon-dong, Yongsan-gu, Seoul. Jam operasionalnya mulai pukul 11 a.m sampai 10 p.m.


Makanan Halal Restoran

Restoran ini terbilang baru di antara restoran halal lainnya yang ada di Itaewon. Semakin banyaknya wisatawan muslim, rupanya membuka peluang usaha restoran sejenis di sekitarnya.

makan halal restoran itaewon

Meskipun pemiliknya orang Korea asli, tapi beberapa pegawainya ada yang orang Malaysia. Jadi nggak bakal kesulitan dalam memesan makanan. Menurut beberapa pengunjungnya, rasa makanan yang ada di restoran ini enak dan cocok dengan lidah orang Asia Tenggara.

Kalau ke sini jangan lupa pesan samgyetang atau tteokgalbi. Kisaran harganya sekitar 8,000 – 15,000 Won. Jam operasionalnya mulai 10:30 a.m sampai 10 p.m.


Hajj Korea Halal Food

Restoran ini banyak direkomendasikan para wisatawan. Lokasinya pun menurut gue yang paling dekat dengan Central Mosque. Jadi mudah sekali ditemukan.

hajj korea halal food itaewon

Kalau ke sini wajib cobain bulgogi dan ayam pedasnya. Konon endolita banget rasanya. Reviewnya di Tripadvisor saja 5 dari 5, lho. Angka tertinggi untuk review di Tripadvisor. Tentu saja Restoran ini layak banget buat kalian kunjungi kalau ke Itaewon.

Restoran buka dari pukul 10:00 a.m hingga 2 a.m. Kalau kalian menginap di sekitar area ini dan lapar tengah malam, tinggal ke Hajj Korea Halal Food.


The Halal Guys

Yup, di Indonesia pun restoran ini sudah ada. Tapi tetap akan gue masukkan ke dalam list kali ini untuk memudahkan kalian dalam mencari pilihan makanan halal di Korea Selatan. Apalagi mereka juga sudah ada beberapa cabang di sana.

the halal guys itaewon

Menunya cukup simple, ala-ala Timur Tengah modern gitu. Enak dan mengeyangkan, kok. Lokasinya memang nggak terlalu dekat dengan Central Mosque, tapi dekat banget dengan Itaewon Station, cuma 160 meter saja.

tempat makan halal di itaewon
makanan halal itaewon

Itu dia lima rekomendasi tempat makan halal di sekitar kawasan Itaewon. Cukup banyak, kan? Restoran-restoran yang gue pilihkan di atas masuk ke dalam kategori halal certified dan self certified, kok. Jadi cocok banget buat kalian si tipe kedua. Kalau si tipe kedua aja bisa makan, apalagi yang tipe pertama, ye kan? :D

Seru banget kan jalan-jalan di Itaewon. Selain banyak lokasi yang bisa dikunjungi, urusan perut pun aman. Next time bakal gue bahas lagi beberapa pilihan makanan halal di Korea Selatan selain di area Itaewon ya. Jika ada topik lain yang mau dibahas, boleh lho tulis di kolom komentar.


halal food in seoul

Semoga tulisan ini membantu kalian dalam mempersiapkan trip ke Korea Selatan selanjutnya. Hwaiting!!!

Klook.com
indonesia travel blog

11 Comments

  1. Jadi penasaran eid halal dan muree restaurant nih kaaa.. semoga ada tiket murce ke korea lagi biar bisa cobain aamiiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiinnnnn... semoga pas corona berlalu, tabungan kita juga udah banyak ya. Langsung cuz balik ke Korsel

      Delete
  2. Tulisan yang menarik! Jadi menginspirasiku buat bikin tulisan soal jalan-jalan virtual juga. Hehe. Btw aku belom nonton Itaewon Class. CLOY aja belum selesai, tinggal dikit lagi. Hahaha. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup menghibur nih jalan-jalan virtual gini. Di saat belum bisa ke mana-mana, jadi jalan-jalan virtual dulu aja. :D

      Delete
  3. Saya adalah tipe makan di mana aja yang penting ga mengandung babi, karna mencari resto yang bersertifikat halal di negera yang muslim-nya minoritas agak sulit. Bisa-bisa nggak makan nantinya. Tapi pernah loh, pertama kali ke sana cuma makan ttopoki doank saking bingung mau makan apa yang nggak ada babinya karna awalnya memang gak riset dulu, itu sih salahnya..pas trip selanjutnya udah aman terkendali hahah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga sama kayak kamu, selama gak mengandung babi dan alkohol, hayuk aja deh daripada maag kambuh. Tapi kalau jalan sama tipe yang kudu ada halal-certified, aku harus menyesuaikan. Kasihan nanti temannya yang kena maag, jadi kudu research banyak sebelum cuz :D

      Delete
  4. duh sehabis pandemi pengen banget ke Korea mau mampir ke cafe yang dikunjungi Park Seo Joon :D

    ReplyDelete
  5. setiap nonton drakor, trus ada adegan di cafe dan kelihatan nama cafenya, aku pasti langsung buka google maps dan nyari cafe itu, lihat lihat foto dan street view nya , heuheuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa, daripada tidur kebawa mimpi "itu tadi di mana ya..baguss" :D

      Delete
  6. Padahal 2 tahun lalu pas abis dari Banpo Bridge ngelewatin jembatan penyebrangan di st Noksapyeong ini, cuma waktu itu blm ada IC jd asal lewat aja ga punya pikiran apa2. Huhuhu...jadi kangen Korea.

    ReplyDelete

Hai, Nidyholic!!
If you have any question, please leave a comment and kindly choose name/url or anonymous as a profile. Don't put any active link on comment, it will be automatically deleted. Thank you for reading!