Nami Island - Wisata Hits Ramah Muslim di Korea Selatan


Ada yang sudah pernah nonton Winter Sonata? Bagi yang sudah nonton pasti familiar dengan Nami Island, sebuah pulau kecil di provinsi Gangwon. Sekitar dua jam naik kereta dari Seoul. Tak hanya Winter Sonata, pulau ini juga sering dijadikan lokasi syuting beberapa K-drama. Di drama Hi, Bye Mama! Juga ada scene Cha Yu Ri dan sahabatnya naik zipwire di Nami Island. Nah, tahukah kalian kalau Nami Island ini sebagai salah satu wisata yang ramah Muslim?

nami island south korea

Saking iconicnya Winter Sonata pas scene di Nami Island, sampai dibuatkan patung dan banner khusus, lho. Padahal drama ini sudah tamat 18 tahun yang lalu. Wow, sudah lama juga, ya! Artinya gue juga sudah makin tua.

Berkat kesuksesan Winter Sonata dalam mengambil hati para penonton di seluruh dunia, itulah mengapa dibangun beberapa penginggalan film ini di Nami Island dan terbukti juga sukses mendatangkan turis. Malah sekarang jadi salah satu destinasi wajib jika bertandang ke Korea Selatan, lho.

nami island winter sonata

Hebat, ya! Jadi teringat film Laskar Pelangi yang juga turut memberikan pengaruh signifikan dalam menjaring turis untuk datang ke Belitung. Coba lebih banyak film maupun sinetron Indonesia yang bisa memberikan dampak positif seperti ini. Pariwisata dalam negeri bisa semakin berkembang. Apalagi kalau dampaknya seperti K-drama, nggak cuma turis domestic, tapi juga turis asing.


 Cara Menuju ke Nami Island

Ada berbagai cara menuju ke Nami Island dari Seoul. Bisa naik bus atau metro line.
cara ke nami island dari seoul

Naik kereta: Pilih Gyeongui – Jungang Line (GJ) yang warna hijau toska muda atau Gyeonggang Line (G) warna biru, atau bisa juga Line 7 (7) warna hijau army. Ketiga line ini nanti bisa kalian pilih dan atur sendiri line mana yang paling dekat dengan titik keberangkatan kalian. Lalu turun di Sangbong Station. Setelah itu transfer ke line G. Jika sudah naik Line G dari Chyeongyangni Station, nggak perlu transfer lagi. Nanti turun di Gapyeong Station. Dari stasiun, tinggal naik Gapyeong Bus Tour atau taksi.

Naik bus: Kalau naik shuttle bus biasanya sudah satu paket untuk pulang pergi. Titik keberangkatannya bisa dari Hongdae, Dongdaemun, atau Myeongdong.


Waktu Terbaik Mengunjungi Nami Island

Sebenarnya mau kapanpun ke Nami Island, sah-sah saja. Tapi kalau bisa dapat pemandangan terbaik pas ke sana kenapa nggak, ya?

how to get to nami islad from seoul

Waktu terbaik mengunjungi pulau ini adalah saat musim dingin dan musim gugur. Musim dinginnya juga coba deh datang pas akhir Januari hingga Februari saat salju lagi tebal. Sementara saat musim gugur, coba datang awal hingga pertengahan November. Bakal banyak daun-daun yang sudah berubah jadi kekuningan. Cantik banget!

Jam operasionalnya dimulai pukul 7:30 a.m. Jadi datanglah sepagi mungkin. Semakin siang, bakal semakin ramai turis.


Harga Tiket Masuk Nami Island

Saat gue ke sana pada tahun 2015, harga tiket masuknya sebesar 8000 Won. Sementara sekarang sudah ada kenaikan jadi 13,000 won per orang. Harga tersebut sudah termasuk tiket ferry pulang pergi.


nami island entrance ticket


Ada Fasilitas Mushola

Nami Island pun jadi salah satu destinasi favorit gue selama trip ke Korea Selatan pada tahun 2015. Setelah beberapa hari berada di Korea Selatan, gue baru menemukan objek wisata yang menyediakan musola yang proper, ya di Nami Island ini.

Gue amazed banget, sih, sama negara yang peduli sama hal-hal kecil seperti ini. Padahal penduduk negaranya bukan mayoritas umat Muslim. Tapi mereka sadar bahwa kunjungan turis Muslim cukup banyak dan kebutuhan mushola ini pun dipenuhi. Apalagi mengingat turis Malaysia dan Indonesia juga banyak yang ke Korea Selatan ya. Pas gue di sana saja sering banget papasan dengan mereka. Ditambah orang Indonesia ini sering banget pergi bareng travel agent yang sekali pergi bisa sebus.

Mushola di Nami Island terletak di tengah-tengah pulau. Tepatnya di dalam Nami Library, lantai dua. Ada tulisannya kok di depan bangunan, bertuliskan “Mushola”.

fasilitas mushola di nami island

Informasi ini pun gue dapatkan setelah bertanya kepada salah seorang turis asal Malaysia yang gue temui di sana. Pas tahu ada turis yang mengenakan hijab, langsung saja Ulfa (travelmate) todong pertanyaan tersebut.

Dulu gue belum begitu concern untuk research mengenai di mana saja objek wisata yang punya mushola atau bahkan di mana saja lokasi mesjid di Korea Selatan. Soalnya dulu masih menggampangkan banget, “Ya udahlah nanti shalatnya digabung aja pakai tayamum.” Nggak salah juga, ye kan? Tapi begitu ketemu mushola malah girang.


Tempat Makan Halal di Sekitar Nami Island

Jangankan perihal tempat shalat di Korea Selatan, soal makanan halal pun gue belum begitu concern dulu. Prinsip gue yang penting nggak makan babi. Tapi ujung-ujungnya pas di Nami Island kami ragu mau masuk ke restoran. Apalagi tulisannya Hangeul semua, nggak paham yang mana halal dan haram.

Ternyata di sekitar Nami Island juga terdapat beberapa restaurant yang aman untuk teman-teman Muslim. Dulu karena gue minim informasi, jadi nggak tahu restoran mana saja yang aman untuk dicoba.

restaurant in nami island

Sekarang dengan banyaknya sumber informasi, apalagi di websitenya Korea Tourism Organization juga sudah banyak informasi mengenai restoran halal, jadi nggak perlu repot bawa bekal kayak gue dulu. Tiap hari bawa bekal mie instan goreng, mana pas winter, jadi begitu sampai lokasi, mienya sudah keras. T.T

Untuk memudahkan kalian yang sedang berwisata di Nami Island, berikut gue bagikan daftar restoran halal yang ada di sekitar Nami Island.

Nami-ok

Restoran yang memiliki menu special berupa dakgalbi ini menggunakan ayam bersertifikat halal. Jadi di restoran ini terdapat dua macam dakgalbi, yang halal dan nggak halal. Harganya hanya beda 2000 Won saja. Pastikan kalian pilih yang halal, ya.

restaurant halal di nami island
source: visitkorea.co.id

Nilai tambahnya lagi adalah di restoran ini juga menyediakan tempat shalat. Jadi nggak perlu repot cari mushola lagi. Berlokasi di 264, Munhwa-ro, Gapyeong-eup, Gapyeeong-gun, Geonggi-do 12414. Untuk menuju ke sini bisa naik bus 60-19 dari Gapyeong Station. Turun di perhentian ke-6 (에덴빌라4). Kalau nggak mau repot, bisa naik taksi.

 

 

Kko Kko Dalgalbi Chuncheon

Chuncheon yang lokasinya memang nggak jauh dari Nami Island memang terkenal dengan menu dakgalbi. Sehingga nggak heran jika banyak restoran yang menghadirkan menu dakgalbi di sekitar Chuncheon.

 
kko kko dakgalbi chuncheon nami island halal food
source: visitkorea.co.id


Konon menu dakgalbi di sini merupakan yang terenak dan masuk dengan lidah orang Indonesia. Restoran ini juga banyak direkomendasikan para traveler yang main ke Nami Island.

 

Lokasinya ada di depan parkiran mobil Nami Island, jadi dekat sekali. Nggak perlu lanjut naik transportasi umum lagi. Dari dalam restoran juga bisa melihat Nami Island. Kalau akhir pekan, restoran ini buka hingga pukul 10 malam.

 

 

Asian Cuisine Halal Restaurant

Restoran ini sudah mengantongi sertifikat halal. Masih ingat kan empat kategori halal yang sudah gue jelaskan di artikel sebelumnya? Kalau sudah punya halal-certified seperti ini, kita nggak perlu ragu untuk pilih menu makanan yang ditawarkan.


asian cuisine nami island

Lokasinya persis di lantai pertama Nami Library yang ada di Nami Island. Saat gue ke Nami Island, restoran ini belum ada. Baru berdiri sejak Maret 2015. Wah, coba sudah ada waktu itu, ya.


nami island - wisata hits ramah muslim di korea selatan
nami island winter

Jalan-jalan nggak perlu was-was lagi, ya. Tempat shalat ada, makanan halalnya pun mudah ditemukan. Paling penting research dulu sih memang, apalagi kalau travellingnya ke negara yang bukan mayoritas penduduknya Muslim.

Kalau Nami Island sudah masuk ke dalam itinerary, jangan lupa dicatat nama restorannya, ya. Biar nggak bingung begitu sampai sana.

Semoga rencana trip ke Korea Selatannya berjalan lancar. Buat yang punya keinginan ke sana tapi belum terwujud, gue doakan semoga bisa segera ke sana juga. Mumpung masih masa pandemic begini, jangan lupa nabung. Supaya pas pandemic berakhir, tabungannya sudah menggunung. Tinggal cuz ke Korea Selatan, deh.

Klook.com
nami island in winter
nami island - wisata hits ramah muslim di korea selatan

4 Comments

  1. Waaah kangen banget sama nami island. Mushola nya juga bersih dan nyaman. Ada mukenanya juga kalau gak salah. Kalau lapar bisa ganjel bapau kacang merah disana, enak banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dan mukenanya bersih, gak kayak mukena di emol-emol yang udah item pinggirannya T.T

      Delete
  2. Aku masih penasaran, selepas pandemi nanti apakah banyak tiket murah atau malah sebaliknya ya. Padahal tahun ini harusnya ada kunjungan ke negara tetangga, jadi mau tidak mau menangguhkan perjalanan lagi.

    ReplyDelete
  3. Salah satu destinasi impian yang ingin segera kukunjungi, nih! Ngelihat fotonya aja udah cakep abiiss :D

    ReplyDelete

Hai, Nidyholic!!
If you have any question, please leave a comment and kindly choose name/url or anonymous as a profile. Don't put any active link on comment, it will be automatically deleted. Thank you for reading!