Empat Rekomendasi Hostel Ramah Muslim di Korea Selatan

Mencari hotel yang sesuai selera dan pas dengan budget merupakan salah satu hal yang paling bikin gue excited saat menyusun itinerary. Semacam tantangan, sih. Dalam hal ini, gue perlu ekstra hati-hati jangan sampai memilih penginapan yang zonk. Karena kalau sampai salah memilih penginapan, bisa bikin mood jelek sepanjang trip. Apalagi dalam mengatur budget pengeluaran trip, penginapan adalah salah satu pos pengeluaran terbesar setelah biaya transportasi. Buat yang selalu kebagian membuat itinerary pasti paham betul soal ini.

rekomendasi hostel ramah muslim di korea selatan

Pernah suatu ketika gue travelling ke Cambodia, kebetulan gue memilih menginap di hostel. Hostelnya enak sih. Di lobby juga nyaman. Ternyata kamar yang gue pesan itu mixed dorm room, jadi digabung cewek dan cowok. Akhirnya gue minta resepsionis untuk memindahkan gue ke female dorm. Alasan memilih mengiap di hostel memang ingin press budget.  Hostel jadi salah satu alternatif penginapan di saat duit sudah menipis, apalagi kalau travellingnya cuma sendiri. Sayang kan kalau pesan kamar hanya untuk sendiri. Tapi kalau nggak bikin nyaman dan tidur pun kepikiran, rasanya percuma mau kamar semurah apapun.

 

Pengalaman kedua menginap di mixed dorm room juga gue rasakan ketika menginap di salah satu hostel kapsul di Jakarta Pusat. Pas booking memang nggak ada pilihan female dorm room, tapi gue pikir mungkin saja ada hanya nggak dimasukkan ke dalam list iklan. Eh beneran nggak ada. Sepanjang malam gue cuma meringkuk di kabin kamar. Mau keluar kapsul, takut. Soalnya dari dalam kapsul gue bisa mendengar suara tamu-tamu yang lain. Mayoritas diisi laki-laki dan dari bahasanya seperti orang India atau Pakistan. Langsung parno. Hahahaha

pengalaman menginap di hostel perempuan

Biasanya juga (nggak semua) hostel yang punya mixed dorm room punya common room yang tiap malam berubah jadi area party. Kalau hanya bbq atau sekadar nonton bareng, gue nggak masalah. Tapi ada beberapa hostel yang beneran disulap kayak bar dadakan, jadi banyak yang mabora. Pertama, gue nggak minum alkohol. Kedua, gue susah tidur kalau terlalu berisik.

 

Setelah pengalaman risih menginap di hostel model kayak gitu, gue kapok coba-coba menginap di mixed dorm room. Jadi tiap kali mau menginap gue harus benar-benar cek dulu semua detailnya. Preferensi orang memang berbeda, sih. Kalau gue memang nggak merasa nyaman kalau tidur di kamar dorm campur kayak gitu. Belum lagi risih tiap habis mandi. Kalau kamar khusus perempuan kan bisa cuek mau mondar-mandir.

 

Sama halnya juga dalam mencari penginapan yang muslim friendly saat berlibur ke luar negeri. Ketika di Korea Selatan lalu, tanpa sengaja gue menemukan hostel yang menurut gue sangat ramah turis muslim. Salah satu fasilitas yang hostel miliki yaitu dapur dengan peralatan masak lengkap. Nilai tambahnya dan mengapa gue bilang hostel ini muslim friendly adalah ketika seorang stafnya memberi tahu gue bahwa peralatan masak khusus muslim sudah dipisahkan. Wow, di negara seperti Korea Selatan, masih ada loh hostel yang mengerti kebutuhan teman-teman muslim.

rekomendasi hostel murah dan aman di korea selatan

Jangankan di luar negeri, di dalam negeri saja belum tentu ada banyak penginapan yang mengerti tentang hal ini. Kalau urusan makanan halal dan haram memang akan panjang pembahasannya. Nggak hanya sekadar perihal dagingnya babi atau bukan, tapi juga mulai bagaimana daging tersebut dipotong, dicampur dengan bahan apa saja selama dimasak, dan apakah peralatan yang digunakan nggak digunakan bekas masak makanan yang non-halal. Nah, ribet kan. :D

 

Makanya begitu ada hostel yang memisahkan peralatan masak untuk tamu yang muslim, gue langsung amazed. Padahal gue dan teman gue aja nggak kepikiran sampai segitunya. Sebelum stafnya memberi tahu saja, kami sudah siap-siap mau masak mie instan di dapur.

 

Nah, kali ini gue mau bagikan juga referensi hostel yang menurut gue bisa dikategorikan muslim friendly di Korea Selatan. Mungkin dari daftar yang akan gue bagikan ini nggak semuanya punya awareness tinggi seperti yang gue ceritakan di atas, tapi setidaknya aman lah.

rekomendasi hostel murah di korea selatan

Salah satu kriterianya kali ini adalah hostel yang menyediakan female dorm room, kamar mandi dipisah sesuai gender, kalau bisa ada tanda kiblat di kamar, dan nilai plus jika menyediakan dapur dengan peralatan masak terpisah. Selain itu juga dekat dengan restoran halal, biar teman-teman nggak kesulitan saat kelaparan.

 

Eid Muslim Guesthouse

Penginapan ini lokasinya menyatu dengan restorannya yang berlokasi di Itaewon. Dekat banget dengan Central Mosque. Dari namanya saja sudah jelas banget ya, kurang muslim friendly apa lagi. :D

 

eid muslim guesthouse itaewon
hostel ramah muslim di korea selatan
muslim friendly hostel in seoul south korea

Eid Muslim Guesthouse menyediakan dua kamar female dorm dan kamar private bagi yang nggak mau campur dengan tami-tamu lain. Ada fasilitas pantry tapi hanya dapat digunakan untuk light cooking saja. Paling hanya untuk buat mie instan atau roti panggang. Nggak bisa buat masak ayam goreng kecap apalagi rendang khas Minang.

 

Boa Travel House

Salah satu yang menarik perhatian saat melihat websitenya adalah guesthouse ini menyediakan prayer room alias mushola. Penginapan ini nggak ada mixed dorm room, hanya menyediakan single room, double room, triple room, dan family room untuk kapasitas enam orang. Selain menyediakan mushola, di penginapan ini juga menyediakan halal restaurant.

review boa travel house seoul
rekomendasi hostel di hongdae
hostel muslim friendly di hongdae
muslim friendly hostel in hongdae
rekomendasi hostel muslim friendly di korea selatan

Lokasinya ada di area Hongdae. Salah satu kawasan hipster, tempat berkumpulnya anak muda di Seoul. Apalagi kalau malam minggu. Beuh, ramai banget! Menyenangkan deh kalau jalan-jalan di sini pas malam minggu. Banyak oppa ganteng. #eh

 

Travelight Hostel

Meskipun nggak ada fitur khusus yang Muslim friendly banget, tapi hostel ini patut gue masukkan ke dalam daftar karena punya kamar dorm yang dipisahkan berdasarkan gender. Jadi masih aman. Selain itu hostel ini juga banyak direkomendasikan oleh para wisatawan yang sudah pernah menginap di sini sebelumnya. Lokasinya juga terbilang strategis, dekat dengan area perbelanjaan Seomyeon dan restaurant.

review menginap di travelight busan

travelight hostel busan
muslim friendly hostel in busan south korea


The New Day Hostel

Masih di Busan, ini dia hostel yang sudah pernah gue inapi. Review The New Day Hostel juga sudah pernah gue tulis. Pertama kali ke luar negeri yang populasi umat Muslimnya terbilang sedikit, gue langsung dibuat kagum oleh hostel ini.

review the new day hostel busan

hostel terbaik di korea selatan
rekomendasi hostel terbaik di busan korea selatan
hostel muslim friendly terbaik di korea selatan

review menginap di hostel the new day busan

Dengan pelayanan yang ramah, staffnya menjelaskan peralatan makan dan memasak yang sudah dipisahkan khusus untuk tamu yang Muslim. Jadi di hostel ini memang disediakan dapur beserta peralatan masaknya yang cukup lengkap. Bisa jadi solusi untuk kalian yang memang cenderung picky soal makanan atau memang sudah bawa perbekalan makanan.

Lokasinya juga strategis banget. Stasiun subway persis di depan gedung hostel ini dan bisa jalan kaki ke Pantai Haeundae. Dekat banget!

 

 *************************

Itu dia empat hostel yang gue rekomendasikan untuk kalian khususnya teman-teman Muslim yang masih bingung mau menginap di mana selama di Korea Selatan. Apalagi buat kalian yang memang ingin menghemat budget, hostel merupakan solusinya dalam menekan budget untuk penginapan. Selain itu juga kita bisa berkenalan dengan tamu-tamu lain dari berbagai negara karena biasanya di setiap hotel punya common room, tempat para tamu bersantai di luar kamar.

penginapan di korea selatan yang murah dan aman

Salah satu hal yang bikin gue takjub waktu memilih hostel di Korea Selatan adalah harganya jauh lebih murah dibandingkan Singapura. Bedanya bisa setengahnya. Padahal ekspektasi gue bakal mirip harganya atau lebih mahal penginapan di Korea Selatan, lho. Mengingat Korea Selatan juga negara maju. Eh, ternyata murah-murah.

 

Nah, jika kalian ada rekomendasi hostel lain di Korea Selatan, boleh tulis di kolom komentar ya. Semoga rekomendasi di atas bisa membantu kalian merencanakan jalan-jalan berikutnya ke Korea Selatan. Stay safe and healthy!

 

Source:
Booking.com
Agoda.com
Photo by Anton Belitskiy on Unsplash

indonesia travel blogger

0 Comments