[South Korea Trip Day 1] Annyeonghaseyo Busan!

Annyeonghaseyo Busan!!!

explore busan

Finally we arrived in South Korea!!! It's like a dream comes true to us. Penantian selama beberapa bulan sejak beli tiket promo akhirnya jadi juga berangkat. Waktu beli tiket juga nekad aja beli dulu walaupun travel datenya masih lama banget. Sewaktu mau beli tiket, gue ajak beberapa teman gue untuk ikut tapi berujung penolakan karena alasan beragam. Ada yang beralasan waktunya masih lama banget takutnya udah keburu nikah (padahal sampe gue balik ke Indonesia juga belum nikah-nikah orangnya), ada juga yang maunya berangkat dalam waktu sesegera mungkin (mau cepet tapi nyari tiket murah juga, mending cari om-om aja sana!). Ujung-ujungnya cuma tiga orang yang beli tiket, yaitu gue, Ulfa, dan Wenny. Walaupun pada akhirnya juga cuma gue dan Ulfa yang jadi berangkat, Wenny cancel ikut padahal visa udah diapprove kedubes. Perjuangan buat bikin visa juga harus bercucuran air mata, but it's all worth to wait..

naik air asia ke korea selatan

Kita transit dulu di Kuala Lumpur selama sehari dan berangkat ke Busan tanggal 8 Januari 2015, pesawat take off jam 8:30 pagi. Alhamdulillah cuaca bagus, cuma sedikit turbulance saat baru berangkat dari KL. Perjalanan makan waktu kurang lebih enam jam, dan itu sungguh menyiksa. Leg room cuma sedikit, dan kebetulan kita dapat seat yang di barisan tengah. Sebelah gue ternyata juga orang Indonesia yang pergi bersama istri dan anaknya, pas lagi cerita ternyata dia juga satu pesawat sama kita yang dari Bandung dan menginap di Tune hotel juga.

Buat membunuh waktu selama enam jam itu kita cuma ngobrol, baca doa, baca buku, makan, dan selfie. Pas lagi selfie gitu tiba-tiba ada cabin crew ganteng ikutan foto di belakang kita. Aaaahhhh dari tadi aja atuh oppa!!

Kita landing 30 menit lebih cepat dari yang dijadwalkan. Begitu mau landing lihat pemandangan Busan dari jendela pesawat bagus banget loh. Cuaca cerah banget dan suhu waktu itu masih sekitar 4-5 derajat celcius. Proses imigrasi di Gimhae Airport sangat lancar, sebelum keluar bandara kita touch up dan pakai coat dulu. Begitu keluar bandara langsung ngerasain udara winter buat pertama kali. Waktu itu sih belum begitu kerasa banget dinginnya, masih berasa kayak di puncak #sombong

backpacker ke korea selatan

Berhubung koper gue beratnya naujubilah (25kg bok!), akhirnya kita memutuskan untuk naik limousine bus aja ketimbang subway karena malas bawa koper dan harus transit dua kali. Pas lagi kebingungan harus naik limousine bus yang mana, ada cewek Korea yang stylenya cute yet so pretty bantu kita untuk ngomong ke sopir bus supaya turunin kita nanti dekat Novotel hotel yang ada di Haeundae Beach.

Begitu sampai Haeundae Beach, kita lagi-lagi harus kebingungan dan kembali nyasar nyari letak hostel kita. Pas lagi pasang tampang bingung tiba-tiba ada cowok Korea nyamperin "Can I help you?". Kita kasih lihat alamat hostel dan berhubung dia gak tau jadi dia bantu nanyain ke orang sekitar dengan bahasa Korea. Gue langsung ngeh, kayaknya ini cowok si cabin crew yang ikutan selfie pas di pesawat tadi, cuma gue belum ngomong ke dia takut salah. Jadinya kita ngobrol terus gue nanya dia ngapain di Busan. Dia bilang dia kerja sebagai cabin crew. Terus gue potong "Air Asia??". Terus dia malah nanya "How do you know?". Gue jawab "Aaah we took selfie photo together at the airplane". Dia langsung meluk Ulfa dan ngakak. Aaaah aku juga mau dipeluk...Hahahaha

Kita jalan beberapa meter sambil ngobrol dan ternyata nama dia Mario. Dia tanya rencana kita ngapain aja selama di Korea, pas kita bilang mau ke Seoul dia nanya lagi kapan kia balik dari Seoul. Ternyata dia bakal ke Seoul juga tanggal 14 Januari, padahal tanggal segitu kita balik dari Seoul. Huhuhu

penginapan di busan yang rekomen
a new day hostel busan review
cuci piring ala korea

Gak lama ngobrol kita pisah jalan karena dia mau ketemu temennya, kita lanjutin nyari hostel. Ternyata hostelnya dekat banget dari exit subway. Nama hostelnya The New Day Hostel, di tripadvisor mereka #2 traveller's choice loh! Begitu sampai hostel kita disambut baik oleh staffnya yang super ramah. Setelah naro koper, kita langsung ngeluyur ke pantry buat masak mie instan. Sumpah udah lapar banget waktu itu. Pas kita lagi masak, staff tadi nyamperin kita bareng seorang cowok berperawakan melayu. Kita panggil staff itu sih Eoni aja deh ya. Si Eoni ngenalin kita sama cowok itu, katanya orang Indonesia juga dan kopernya hilang di bandara. Mukanya emang pucet banget, gak kebayang deh jalan tanpa coat dengan suhu winter yang kejam. Namanya Dana, dia lagi kuliah di Sidney dan ke Korea itu tujuannya mau workshop di Seoul. Kita tawarin dia makan mie instan juga, awalnya sih malu-malu tapi diembat juga. Hahahaha
travelling ke busan
cerita perjalanan ke busan korea selatan

Gue, Ulfa, dan Dana memutuskan buat jalan-jalan bareng malam itu. Untung gue bawa parka coat yang modelnya unisex jadi bisa dipakai dulu ama si Dana. Suhu di Busan saat itu emang masih di atas 0 derajat celcius tapi anginnya kejam banget. Mungkin karena Busan letaknya di pinggir pantai kali ya. Sekitar jam setengah delapan kita cuz jalan. Sebelumnya gue beli t-money dulu di convenient store yang ada di subway haeundae. Kasirnya bapak-bapak gitu dan bisa bahasa Indonesia ala kadar. Misalnya nyebut harga dan bilang terima kasih dalam bahasa. Salute!

backpacking to busan south korea
biff busan
cerita perjalanan ke korea selatan

Malam itu kita jalan ke BIFF square karena keunikan bangunannya yang kayaknya gak ada di Indonesia. BIFF ini tempat diselenggarakannya Busan International Festival Film yang pernah didatangi Atiqah Hasiholan dan Rio Dewanto dulu. Di dalam arena ini ternyata juga ada arena ice skating, tapi karena mahal jadinya gak ada satupun dari kita yang mau nyobain.

dari seoul ke busan
jalan-jalan ke busan korea selatan
transportasi selama di busan
itinerary busan
subway di korea
Tangga subway di Korea yang super menyeramkan

Suasana di Busan jam 8 malam aja kok ya udah sepi banget, kita sampe bingung mau ngapain lagi. Akhirnya kita pulang lagi aja ke hostel buat istirahat. Soalnya besok jadwal padat merayap dan fantat udah kemeng kebanyakan duduk plus kaki juga udah pegel. Kita janjian sama Dana lagi besok buat jalan bareng dari hostel jam 8 pagi.

trazy.com

South Korea Travel Diaries

Day 1 ~ Day 2 ~ Day 3 ~ Day 4 ~ Day 5 ~ Day 6 ~ Day 7

South Korea Travel Hack

Pembuatan Visa Korea Selatan ~ Rincian Budget Trip ke Korea Selatan ~ Berburu Perlengkapan Winter ~ Fun Facts about South Korea ~ FAQ Winter Trip to South Korea ~ Sewa Modem di Korea ~ Itinerary South Korea 7 Days ~ Tips Mengatasi Suhu Minus Derajat

Where to Stay in South Korea

Sewa Airbnb di Seoul ~ Hostel Muslim Friendly di Busan

FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE

4 Comments

1. Mba emang kenapa kok buat visanya sampe meneteskan air mata gitu? Hehehehe. Soalnya aku juga mau ke Korea Januari 2016 nanti, jadi ikutan was-was nih :(

ReplyDelete
    Replies
    1. hhahaa itu mah dasar akunya aja yg lebay.. bkin visanya gampang asal smua syarat dokumen lengkap.. aku jg udah share ko pengalaman buat visanya.
      waktu itu yg bkin repot karena salah satu temen aku dokumennua byk bgt yg kurang dan baru bilang pas udah mendekati hr H ke kedubes jd panik.. T.T

Delete
  2. Akhirnya dianterin ke hostel sama pihak bandara/airlines nya setelah h+24jam lah kurang lebih. Nyasar ke negara lain gara2 di kopernya masih ada airlines/name tag bekas kakaknya dulu.

ReplyDelete

Please notice: Subscribe to my blog before you leave a comment. Any active link on comment will be automatically deleted. Thank you for reading!