Rincian Budget Trip Singapura - Malaysia

rincian budget trip ke singapore dan malaysia

Seperti biasa, setelah travelling gue pasti bakal share rincian budgetnya. Kali ini gue mau berbagi rincian budget untuk trip Singapura - Malaysia yang gue lakukan pada September lalu. Perjalanan nya menghabiskan waktu 4 hari 3 malam. Tiket pesawat PP gue dapatkan dengan harga yang sangat murah, berkat menukarkan poin miles. Kebetulan gue menggunakan maskapai Air Asia, yang program air milesnya lebih dikenal dengan Big Point. Jadi gue hanya membayar airport tax saja, tiketnya mah FREE. Yay!

Penginapan di Singapura dan Melaka gue dapatkan melalui Airbnb. Reviewnya juga sudah pernah gue tulis di blog ini. By the way, apartment di Singapura juga gue dapatkan secara FREE hanya dengan menukarkan kredit poin yang sudah gue kumpulkan selama setahun belakangan ini. Cara bagaimana mendapatkan kredit poin Airbnb juga sudah gue tulis di blog ini, kok.

Jadi total budget trip Singapura – Malaysia habis berapa? Nih, langsung saja disimak baik-baik, ya.

rincian budget trip Singapura - Malaysia 2017

Total budget yang gue habiskan selama empat hari nggak lebih dari 2 juta rupiah. Untuk Day 1 dan Day 2, memakai mata uang Singapore Dollar (SGD), sementara Day 3 dan Day 4 memakai mata uang Malaysian Ringgit (MYR). Nilai tukar untuk SGD saat itu adalah S$1 = Rp. 9,865. Sementara nilai tukar untuk MYR yaitu RM 1 = Rp. 3,200. Sebenarnya nggak 3,200 banget sih, karena gue menukarkan lebih dari dua kali, jadi gue ambil nilai tertingginya saja. Kalau travelling ke luar negeri, repotnya ya begini, harus nukar duit dulu dan mencari money changer yang jual rate murah. Andalan gue cuma dua dari dulu, yaitu Valuta Artha Mas di ITC Kuningan lantai 1 dan di VIP Menteng. Tapi kalau di VIP Menteng, nggak kuat sama ngantrinya itu, mak! Paling murah sih memang, tapi gue harus antri dua jam dulu.Kalau dua jam mah sudah tamat dua episode drama Korea.

rincian budget trip ke singapore dan malaysia

Selama di Singapura, gue nggak memasukkan biaya untuk makan, karena memang gue dan teman-teman bawa bekal makanan. Toh, apartment yang kami sewa juga punya dapur dan ukhti-ukhti yang travelling bareng gue takut salah makan. Jadi mending gue dan teman-teman cari aman saja dengan membawa perbekalan. Sementara selama di Malaysia, gue selalu makan di luar karena masih banyak restaurant yang bersertifikat halal.

Selama hari pertama, biaya yang gue keluarkan hanya untuk top up EZ Link saja. Empat tahun lalu pertama kali beli EZ Link yang masa berlakunya sampai 5 tahun. Jadi begitu punya kesempatan ke Singapura lagi, gue tinggal top up saja. Berhubung gue tiba di Singapura sudah sore, jadi nggak sempat jajan sama sekali di hari itu. Setelah check in di apartment dan makan malam, gue ke Garden By The Bay dan Marina Bay Sands Mall. Kedua tempat itu gratis, karena gue hanya foto-foto di bawah Skytree Groove dan Marina Bay Sands Terrace.

Awalnya, gue nggak memasukkan Melaka di dalam itinerary. Begitu googling dan menemukan banyak foto-foto menarik di Melaka, gue langsung ganti itinerary. Kuala Lumpur yang tadinya bakal dibuat dua hari, jadi hanya sehari saja. Gue beranggapan masih bisalah kapan-kapan menghabiskan waktu lebih lama di Kuala Lumpur. Di Melaka gue hanya melakukan walking tour mengelilingi kota tuanya. Walking tour ini bisa kalian lakukan sendiri, jadi nggak perlu booking paket tur deh.

[Baca selengkapnya: Walking Tour di Melaka]

Bonus: Cara Termudah dari Singapura ke Melaka

Dari Singapura menuju Melaka (Malaysia), gue memilih jalur darat dengan menggunakan direct bus. Sebenarnya ada dua cara jika mau menyebrang dari Singapura ke Malaysia melalui jalur darat. Pertama dengan naik direct bus, yang kedua dengan naik bus ngeteng. Harga bus direct memang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan bus ngeteng, tapi lebih efisien dan nyaman banget donk pastinya. Gue juga sempat bertanya pada beberapa teman yang sudah pernah melalui jalur ini, mereka lebih merekomendasikan untuk naik direct bus saja. Karena resiko jika naik bus yang sambung-menyambung nanti bakal lari-larian mengejar bus selanjutnya pas di crossing border, belum antri naik bus, nggak kebagian kursi, dan ketinggalan bus. Berhubung gue lagi malas drama mengejar bus, akhirnya gue booking direct bus secara online di Easybook.com. Begitu juga dengan bus yang dari Melaka ke Kuala Lumpur, gue book secara online di website tersebut.

bus 707 inc dari Singapore ke Melaka
terminal bersepadu selatan malaysia

Direct bus yang melayani rute Singapura - Melaka ada banyak dan harganya sebenarnya nggak beda jauh, tergantung jam keberangkatan dan di mana kita akan turun. Gue menggunakan operator bus 707 Inc. Naik dari Queen Street Bus Terminal. Lokasinya nggak jauh dari Masjid Sultan di daerah Bugis. Terminalnya kecil, literally kayak jejeran agen po bus di pinggir jalan gitu doank. Usahakan sampai di terminal bus maksimal 30 menit sebelum jam keberangkatan. Bus akan berangkat on time banget, lebih baik kita yang menunggu agak lama hingga bus datang daripada ketinggalan bus.

Overall, pelayanan bus 707 Inc lumayan memuaskan, kok. Hanya saja tempat penurunan nggak sesuai permintaan. Gue pilih tempat penurunan di depan Hotel Casa Del Rio, drivernya malah menurunkan gue di depan Jonker Walk Street. Sebenarnya nggak masalah juga, sih. Masih dekat dengan penginapan gue, tapi bagaimana ceritanya kalau misalkan memang gue menginapnya di Casa Del Rio. Sudah berekspektasi bakal langsung sampai di depan hotel, malah diturunkan jauh dari hotel.

pengalaman melintasi perbatasan singapura malaysia
Kenalan dengan Tu, teman baru dari Hanoi

So far, trip kali ini lumayan banyak menghasilkan konten. Meskipun belum semuanya gue share di sini. Kedua teman gue yang ikut serta juga sudah membagikan ceritanya di blog masing-masing. Kalian bisa cek blognya Ulfa dan Ismi, pastinya dengan sudut pandang berbeda. Semoga postingan kali ini dapat membantu teman-teman yang berencana untuk travelling ke Singapura dan Malaysia sekaligus. Have a nice day!

FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE
email: miss_nidy@yahoo.com

7 Comments

1. Hebaatt ! Tiket gratis, AirBNB gratis ! Makan di Singapore bekel. juwarak memang Kendall dkk. Mesti kursus cari gratisan keknya 3 SKS ama Raline Shah nih. Kepengen deh

1. Ikut kejar paket C aja, kak. :D
      Pemirsa di instagram tak perlu tahu Raline makan pake apa, yang penting bisa foto-foto instagramable kekinian..

Delete
  2. Wah, kayanya kemarin sempat ganti tema......trus ada lagi beda header, sekarang begini lagi kak heheh. Bagus kok, malah lebih eye-catching dan nyaman, dan menarik deh pokoknya :)

Kalau mau dpt big point berarti beli tiketnya langsung di website Air Asia ya? Kalau dari apps lain ga masuk poinnya.

1. Hahaha... iya nih masih labil, belum nemu yang pas bangett
      Iya, makanya aku lebih rela kehilangan diskon 10ribu dari online travel agent, daripada harus kehilangan big point :D

Delete
  3. Di Singapura tanpa makan aja udah mahal yah..

Tapi asik nih dalam 1 waktu bisa ke 2 negara ini.. Diconteh ah kalau mau kesana nanti.. :D

-Traveler Paruh Waktu

1. Nah itu dia, sekali mendayung 2-3 pulau terlampaui.. :D

4. Keren...kudu diikutin nih cara dapet gratisannya *giesukagratisan :D

ReplyDelete

Please notice: Subscribe to my blog before you leave a comment. Any active link on comment will be automatically deleted. Thank you for reading!