Rekomendasi Kuliner Enak di Kuala Lumpur

Sejujurnya, baru kali ini gue jalan-jalan ke luar negeri tanpa bawa bekal makanan sama sekali. Minimal mie instan itu biasanya selalu gue bawa. Berhubung trip kali ini bareng sobat lemak ambyar, jadi diniatkan banget untuk cari kuliner enak di Kuala Lumpur. Ada yang bisa menebak kira-kira kuliner apa saja yang bakal gue rekomendasikan kali ini?

rekomendasi kuliner enak dan halal di kuala lumpur malaysia

Saking niatnya berburu kuliner di Kuala Lumpur, cuma satu spot saja yang nggak kesampaian. Itu pun karena memang kedainya belum buka. Yup, seambisius itu kami pada makanan enak. Mumpung teman jalannya satu selera nih soal makanan. Biasanya pergi sama teman-teman yang tahan lapar. Kalau bau lambung belum naik ke mulut, belum waktunya makan. :D

Sebelum gue bahas lebih lanjut, gue mau menekankan dulu bahwa perihal rasa itu balik lagi ke selera. Tiap lidah pasti berbeda. Jadi list yang akan gue jabarkan kali ini berdasarkan selera gue, ya. 


Nasi Kandar Pelita

Buat mengobati rasa kangen makanan dengan citarasa India, kami memilih Nasi Kandar Pelita. Namanya sudah tersohor di kalangan wisatawan. Sebenarnya ada banyak kedai nasi kandar di Kuala Lumpur. Berhubung ini lokasi yang paling dekat dengan apartemen airbnb kami, jadi kami memilih Nasi Kandar Pelita.

nasi kandar pelita kuala lumpur

Pilihan menunya ada banyak banget. Sistemnya kayak warteg. Kamu pilih menu makanan yang sudah tersedia di dalam etalase, nanti dikasih kartu yang berisi informasi harga pembelanjaan kita, lalu bisa langsung makan atau mau bayar dulu.

menu nasi kandar pelita kualal umpur
harga menu nasi kandar pelita
harga menu nasi kandar pelita
menu nasi kandar pelita


Selain mencicipi makanan yang ada di piring gue, tentunya gue juga nyobain isi piring teman-teman donk. Biar tahu rasanya kayak apa. Begitu pun mereka. Gue pesan nasi putih, ikan gulai, udang gulai, telur ikan, dan okra. Kak Didi pesan sotong goreng, ayam goreng, dan sayur buncis. Sementara Ikhwan pesan ayam bumbu hitam dan kentang balado.



Bumbu pada tiap masakannya nggak sekuat makanan yang pernah gue coba di India, tapi gue suka. Sepintas mirip masakan padang, namun lebih kuat. Jadi boleh dibilang nasi kandar ini ada di tengah-tengah antara masakan India dan masakan Padang.

rekomendasi nasi kandar di kuala lumpur

Dari hasil cicip-mencicip ini, gue rekomen sotong goreng, telur ikan, dan okra. Sotongnya kenyal tapi masih lembut, jadi nggak berantem di mulut. Bumbunya juga pas. Telur ikannya nggak lembek, sepertinya digoreng dulu jadi nggak hancur. Kalau okra, ini baru pertama kali sih gue nyobain. Ternyata enak juga walaupun cuma direbus.


Nasi Kandar Pelita yang berlokasi di Jalan Ampang ini buka 24 jam. Jadi kalau tengah malam kelaparan, bisa juga ke sini. Kebetulan jaraknya dekat banget dari apartemen, tinggal jalan kaki 10 menit sekitar 700 meter. Lumayan buat nurunin lauk pauk yang sudah dibabat habis. Dari Nasi Kandar Pelita ke KLCC Tower juga dekat banget. Menurut gue lokasi cabang yang di Jalan Ampang ini strategis banget deh.

Ikan Bakar Bellamy

Sebenarnya ada beberapa kedai ikan bakar di Jalan Bellamy. Menurut rekomendasi beberapa orang dan Ria SW (macam akrab aja), gue memilih kedai Seri Melaka yang cat temboknya warna orange. Semua kedai ikan bakar yang ada di sini ramai pengunjung. Sampai bingung mau pilih yang mana.

ikan bakar di jalan bellamy kuala lumpur

Uniknya, ikan-ikan yang dibakar di sini dilapisi menggunakan daun pisang. Jadi yang bakal gosong duluan, si daun pisangnya. Lebih nikmat pula karena ada aroma daun pisang.



rekomendasi kulienr halal kuala lumpur malaysia

Pilihan menunya cukup beragam. Ada ikan pari, ikan talapia (nila), ikan kembung, sotong, kerang dara, udang, dan ikan-ikan lain yang asing namanya di telinga gue. Sayangnya saat gue datang, udang sedang nggak ada. Jadi gue dan teman-teman memilih ikan talapia, ikan pari, sotong, dan kerang dara.

ikan bakar bellamy harga
ikan bakar bellamy menu
rekomendasi seafood di kuala lumpur
rekomendasi kuliner enak di kuala lumpur

Ikan dibakar di atas bara api, sementara kerang dara dan sotong dimasak di atas penggorengan datar. Diaduk dengan bumbu racikan mereka. Aroma harum semerbak khas seafood langsung tercium sejak kami datang. Sebab dapurnya terbuka, ada di depan kedai, dan bisa kita lihat langsung. Setelah memilih menu seafoodnya, kami langsung dipersilakan ambil nasi dan sambal sendiri.

kuliner enak di kuala lumpur

Nasi dan sambal di sini boleh ambil sepuasnya. Nambah pun gratis. Sambalnya tersedia dua macam, yaitu sambal kecap dan sambal tomat. Kalau kalian pesan sotong, harus cobain sambal tomatnya. Perpaduannya bakal pas banget. Karena menurut gue sotongnya agak plain rasanya, jadi pas dicocol pakai sambal tomat jadi makin sedap. Meskipun begitu, sotongnya empuk dan kenyal. Enak dikunyah,

Sambal kecap kan memang pasangannya ikan bakar, jadi kalau pesan ikan bakar juga harus cocolin pakai sambal kecap ya. Sambal kecap di sini terlalu encer, bawang dan cabenya jadi terambil sedikit pas ambil dari mangkoknya.

kuliner enak dan halal di kuala lumpur
kuliner halal di kuala lumpur malaysia
menu di ikan bakar bellamy seri melaka
ikan bakar bellamy seri melaka

Favorit menu yang gue dan teman-teman cicipi adalah ikan pari. Tekstur ikan pari yang lembut namun berserat, terasa manis dan gurih di lidah karena dimasak sempurna dengan bumbu dan daun pisang tadi. Duh, nikmat banget deh! Apalagi begitu dicocol sambal. Beuuuuh, makin sedap!

Selain menu seafood, juga tersedia menu-menu lain yang bisa diambil secara prasmanan. Sayangnya, gue nggak mengambil menu lain tersebut. Soalnya sudah terlalu banyak ambil menu seafood. Daripada mubazir nggak termakan nantinya.


ikan bakar bellamy
lokasi ikan bakar bellamy kualal umpur malaysia
harga ikan bakar bellamy

Harga menu di sini juga termasuk terjangkau. Untuk semua menu yang kami pesan berserta nasi dan minuman berupa tiga gelas es teh dan tiga gelas air putih, kami menghabiskan Rm. 74 atau sekitar Rp. 251,600 (kurs 1 MYR = 3,400 IDR).


Nasi Ayam Hainan Chee Meng

Meskipun tampak luar kedai ini seperti bukan menyajikan makanan halal, tapi sudah ada logo halalnya loh. Pelanggan yang datang dan staffnya pun banyak yang berhijab. Lokasinya ada di Bukit Bintang. Kalau kalian pernah ke Alor Street Food, nah rumah makan ini ada di jalan sebelahnya.

menu harga nasi ayam hinan chee meng kuala lumpur

Sesuai namanya, menu andalannya tentu saja ayam hainan. Ada dua pilihan penyajian, yaitu ayam goreng dan rebus. Kami cobain keduanya beserta tumis kaylan. Minumannya pesan es teh saja. Untuk ayam hainannya, tersedia yang satu ekor dan setengah ekor. Kami memilih yang setengah ekor saja. Ternyata setengah ekornya ini ukuran kecil, jadi sebenarnya bisa untuk satu orang.

nasi ayam hainan chee meng
kuliner halal di bukit bintang kuala lumpur
nasi ayam hainan di kuala lumpur
kuliner halal dan enak di bukit bintang kuala lumpur malaysia
makanan enak di bukit bintang kuala lumpur

Favorit gue adalah ayam rebusnya. Rasanya gurih banget, tapi bukan gurih gara-gara kebanyakan MSG, ya. Enak deh pokoknya. Setiap porsinya juga dapat kuah kaldu yang bikin makin mantul. Ayam gorengnya juga enak, namun kurang terasa kaya bumbu begitu menempel di lidah. Tumis baby kaylannya juga enak. Dimasak sebentar saja jadi masih crunchy begitu digigit.


R.A Nasi Lemak

Ini dia kuliner yang sempat bikin gue dan teman-teman tergopoh-gopoh di pagi hari. Begitu cek di google maps, ternyata lokasinya hanya berjarak 700 meter. Jadi kami memutuskan untuk jalan kaki saja. Setelah jalan kaki cukup lama sampai tiba di titik yang ditunjukkan oleh google maps, kami nggak menemukan apa-apa. Hanya ada restaurant dan perumahan. Si Ikhwan saja dari jalan masih gegap gempita, sampai terseok-seok menyeret kedua kakinya. Tampak wajahnya yang sudah layu karena kelaparan.

lokasi ra nasi lemak

Setelah googling lagi, ternyata google maps ini salah kasih petunjuk. Akhirnya gue mencari lagi dan terpaksa pesan taksi online, tapi kali ini tujuannya diarahkan ke Mee Kicap Olie. Kebetulan Mee Kicap Olie ini lokasinya persis di R.A Nasi Lemak, jadi memudahkan dalam pencarian di Google Maps maupun supir taksi online.

ra nasi lemak location
ra nasi lemak dang wangi kuala lumpur

Lokasinya dekat dengan Monorail Dang Wangi. Dari apartemen malah lebih dekat lagi ternyata. Kalau nggak pakai acara nyasar mungkin sudah melahap nasi lemak sejak setengah jam lebih cepat. Kedai ini ada persis di pinggir jalan, bahkan mengambil jatah trotoar.



Sistemnya juga ambil lauk pauk sendiri, tapi nasi lemaknya diambilkan sama penjualnya. Nah, pilihan lauknya ada banyak banget! Ada ayam goreng, kikil, daging sapi, sotong, udang, babat, paru, banyak banget deh!

ra nasi lemak kampung baru
menu di ra nasi lemak kuala lumpur
the best nasi lemak in kuala lumpur

Menurut gue, menu lauk yang wajib banget untuk kalian cobain itu ayam goreng. Sederhana sih, tapi asli enak banget! Bumbunya meresap dan gurih. Kikilnya juga enak, tapi agak kelembekan. Mungkin buat kita yang biasa makan nasi uduk gurih dengan rasa santan yang kental di lidah, nasi lemak di sini rasanya lebih ringan dibandingkan nasi uduk yang ada di Jakarta.

harga menu ra nasi lemak kampung baru kuala lumpur
ra nasi lemak kampung baru kuala lumpur
jam operasional ra nasi lemak

Kalau ke sini lebih baik datang pagi ya biar masih kebagian lauk-pauk dan nggak terlalu panas. Maklum kan tempat duduknya outdoor dan pinggir jalan. Jam bukanya juga cuma sampai siang dari pukul enam pagi.


Cendol Durian Runtuh

Boleh dibilang inilah primadona desert di Kuala Lumpur yang jadi favorit gue dan teman-teman. Lokasinya mudah ditemukan karena berada di tengah pasar Chow Kit. Dari apartemen juga bisa ditempuh dengan jalan kaki.

cendol durian runtuh chow kit kuala lumpur

Kedai cendol ini bukanya dari pukul tiga sore sampai tiga dini hari. Makanya gue datang ke sini saat malam hari buat ngademin Nasi Kandar Pelita. (((NGADEMIN)))

Pada dasarnya di sini menyediakan menu es cendol dengan pilihan toping durian. Nah, jenis duriannya ini ada dua yang bisa kita pilih, yaitu Durian Musang King dan Durian Kawin. Tadinya kami mau pesan Musang King, tapi stoknya lagi habis. Padahal sudah membayangkan kenikmatan Durian Musang King yang pulen dan creamy. Akhirnya kami memilih Durian Kawin seharga Rm 20 per porsi. Kami pesan dua porsi saja untuk dibagi bertiga, takut kebanyakan.


cendol durian runtuh chow kit
cendol durian runtuh
cendol durian runtuh kuala lumpur
tempat makan durian di kuala lumpur
desert terenak di kuala lumpur

Nah duriannya sudah ditimbang dan disajikan dengan styrofoam ala di supermarket. Kami boleh memilih sendiri mau durian yang mana. Tentu saja kami memilih yang paling besar donk. Lalu duriannya ini kami sendiri yang meletakkannya di atas si cendol.

harga menu cendol durian runtuh

Kenikmatan Cendol Durian Runtuh ini berhasil bikin kami bertiga berantem saking enaknya. Jadi rebutan duriannya. Ternyata pesan dua mangkok itu kurang. Kalau kalian pecinta durian, wajib pesan satu porsi untuk satu orang. Jangan dibagi-bagi! Rugi! :D


RSMY Best Cheese Naan

Gue datang Jumat malam ke restaurant ini dan ramai banget. Jarak antara satu meja ke meja lain pun dekat-dekat. Kebayang nggak seramai apa?


lokasi rsmy kuala lumpur



Menu yang ditawarkan rata-rata adalah Indian food seperti roti prata, roti canai, dan teman-temannya. Namun, berdasarkan rekomendasi orang-orang, kami cuma memilih cheese naan dengan extra cheese, minumannya mango lassi, honey lemon, dan es teh.

menu rsmy house of briyani
rsmy best cheese naan review
menu di rsmy cheese naan kuala lumpur
cheese naan in kuala lumpur

Cheese naan di sini memang terbaik lah! Gila banget kejunya banyak dan enaaaaaaaaaaaaaaak banget! Para pecinta keju wajib datang ke sini ya. Gue pesan dua porsi, tapi karena masih kekenyangan jadinya yang satu dibawa pulang dan dipanaskan lagi di microwave biar kejunya meleleh lagi.

rsmy best cheese naan kualal umpur

Total yang kami habiskan untuk menu-menu yang dipesan di atas sebesar Rm 37.8 atau sekitar Rp. 128,520 (kurs 1 MYR = 3,400 IDR). Ada live musician juga yang tampil saat kami tiba di sana dan selalu bawain lagu-lagu Indonesia, lho.


Kim Soya Bean

Di sepanjang Petaling Street memang banyak menjual barang-barang KW, souvenir, dan kuliner berupa Chinese Food. Boleh dikatakan memang Petaling Street adalah Chinatown-nya Kuala Lumpur. Jadi tak heran bila banyak rumah makan yang menjual Chinese food.

petaling street kuala lumpur

Namun, gue di sini hanya jajan saja. Tadinya sudah berencana mau nyobain claypot yang paling terkenal di Petaling Street, tapi sayang pas tiba di sana rumah makannya belum buka. Sementara kami di sana nggak sampai malam hari, jadi terpaksa di-skip.

harga kim soya bean petaling street
harga kim soya bean petaling street
kim soya bean price

Mau mencoba makanan lain juga agak ragu, jadi kami jajan kembang tahu dan susu kedelai yang juga terkenal di sini. Penjualnya seorang bapak dan anaknya yang kelihatannya galak tapi sebenarnya baik dan ramah kok.

kembang tahu di petaling street
kim soya bean malaysia price

Sebagai penggemar susu kedelai, gue suka susu kedelai yang ada di sini. Segar dan nggak kemanisan rasanya. Pas deh dengan selera gue. Kembang tahunya juga enak, Kak Didi suka banget sama kembang tahunya. Apalagi kuah jahenya bikin tenggorokan segar dan hangat. Harga seporsi kembang tahu di Kim Soya Bean sekitar Rm 1.6 dan susu kedelainya sekitar Rm 2.4 untuk satu botol ukuran 600 ml.



jalan-jalan ke kuala lumpur malaysia

Itu dia genks kuliner di Kuala Lumpur yang sudah gue cobain. Masih banyak daftar kuliner yang belum sempat gue cobain dan pasti akan gue sambangi jika jalan-jalan ke Kuala Lumpur lagi.

Apakah kalian sudah ada yang pernah coba daftar spot kuliner yang sudah gue sebutkan di atas? Kalau sudah pernah coba ceritakan donk favorit kalian yang mana atau jika kalian punya rekomendasi kuliner enak di Kuala Lumpur juga boleh kasih tahu gue ya. Biar gue bisa cobain juga nanti.

Jangan lupa bagikan tulisan ini ke teman-teman kalian ya. Siapa tahu ada yang sedang merencanakan liburan ke Kuala Lumpur juga dalam waktu dekat. Untuk budget liburannya sudah gue upload di channel youtube gue ya. Selamat mencoba!



Related Post
http://www.missnidy.com/2017/09/perjuangan-ke-padang-pasir-pantai-klebang-melaka.htmlhttp://www.missnidy.com/2017/10/diy-walking-tour-di-melaka.htmlhttp://www.missnidy.com/2017/11/rincian-budget-trip-singapura-malaysia.html


rekomendasi kuliner enak dan halal di kuala lumpur - missnidy

5 Comments

  1. coba ke kajang kak. infonya di KL itu tempat spesialis sate di situ. saya dapat rekom dari orang KL tapi belum sempat sambangin hahah

    btw baca ikan bakar bellamy ama cendol duriannya jadi ngiler saya. next kalo ada kesempatan pengen nyobain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Kajang ya.. I'll consider about it. Inshaa Allah nanti Februari mau ke KL lagi, kalau sempat mau coba deh ke sana. Thank you infonya ya!

      Iya, wajib banget cobain cendol durian runtuh kalau suka durian. Ikan bakar bellamy juga! Udah porsi banyak, murah pula kalau sharing.

      Delete
  2. Baiklah, keliatannya enak. Balik ke KL kudu nyoba nih.
    Dan derita saya sekarang lagi laper.. arrghh *brb order makanan*

    ReplyDelete
  3. Kebalikan dari aku, udah biasa traveling tanpa bekal :D
    Sebagian besar tempat yang kamu kunjungi yang makanan prasmanan atau rumah makan gitu ya kak. Pas ke KL tahun 2017 lalu aku juga coba kulineran berbekal rekomendasi Foursquare yang dicari go show. Well, hasilnya nggak mengecewakan.

    Asik nih kalo nasi sama sambel bebas nambah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue udah gak pernah pakai foursquare :D

      Iya, enak banget gue nambah juga gak deg2an bayar.

      Delete

Hai, Nidyholic!!
If you have any question, please leave a comment and kindly choose name/url or anonymous as a profile. Don't put any active link on comment, it will be automatically deleted. Thank you for reading!