[South Korea Trip Day 2] Dynamic Busan

Hari kedua di Busan, gue dan Ulfa bangun kesiangan. Udara winter beneran bikin ngantuk dan tidur pules banget ampe kayak orang pingsan. Wacana jalan jam 8 malah jam 8 baru mandi. Langsung panik buru-buru mandi dan sarapan. Enaknya di hostel ini, sarapannya bisa masak telur sesuka hati. Alhasil gue masak telor dadar 2 butir buat dibawa bekal, terus masak lagi 2 telor ceplok buat dimakan di hostel. Dana ternyata udah kelar sarapan. Setelah semua beres, kita mutusin buat check out dan nitipin koper di resepsionis. Koper bakal kita ambil lagi setelah kita kelar jalan-jalan.

travelling to busan south korea
Pemandangan dari dalam kamar di pagi hari

Oh iya malam sebelumnya gue iseng nonton drama korea di tv lokal, gue gak tau itu judulnya apa tapi ada Park Shin Hye jadi gue tonton aja. Pas gue udah sampai Jakarta, gue baru ngeh kalau itu judulnya Pinocchio padahal teman-teman gue udah pada tamat nontonnya. Hehehee

Setelah diskusi itinerary kita sama Dana, kita mutusin buat pisah arah sama dia. Karena hari itu hari Jumat, jadi Dana harus cari mesjid untuk shalat Jumat. Sementara gue dan Ulfa stick to plan A, yaitu ke Taejongdae Park dan Gamcheon Culture Village. Tapi gue dan Ulfa memutuskan untuk mampir sebentar ke Haeundae beach, secara letaknya dekat banget sama hostel masa iya mau dilewatin gitu aja.

First spot: Haeundae Beach (baca: heyunde)

how to get to haeundar beach busan
cara menuju haeundae beach busan

Haeundae beach ini terkenal dengan burung camarnya yang jinak dan banyak banget. Benar saja, begitu sampai di area pantainya itu pantai lebih banyak burung camarnya ketimbang manusianya.

rute menuju haeundae beach busanrute menuju haeundae beach busan

Kalau dibandingin dengan keindahan pantai di Indonesia sih, Haeundae beach gak sebanding lah tapi kehadiran si burung camar ini jadi bagian khas dari pantai ini. Di Indonesia sih kayaknya gada pantai yang banyak burung camar kayak di Haeundae (cmiiw). Di sekitar pantai ini banyak gedung-gedung perkantoran. Andaikan kantor gue lokasinya kayak begini, makan siang bawa bekal terus makan di pinggir pantai deh. Mantab kan bok!

tiket masuk haeundae beach busan
tempat yang wajib dikunjungi di busan korea selatan
tempat melihat sunrise di korea selatan
haeundae beach busan
pantai yang ada di korea selatan
explore busan
Di jalan menuju Haeundae beach ada beginian, katanya sih ada pesan cintanya (((katanya)))
Kita cuma sebentar di Haeundae beach, cuma sekedar foto sama si burung camar terus langsung cuz lagi. Soalnya perpaduan angin laut dan suhu winter itu bisa sangat amat kejam banget, padahal suhu masih di atas nol derajat tapi gara-gara angin kencang jadi rasanya nusuk ke muka banget.

Kita jalan menuju ke arah Haeundae station. Sebelum sampai ke subway station, kita mampir dulu di daiso beli hotpack dan masker muka. Hotpack ini berguna banget buat hangatin tangan atau kaki meskipun cuma bertahan sehari. Harganya 2000 won dapat dua buah.
Next spot: Taejongdae Park

taejongdae park busan

Perjalanan selanjutnya menuju Taejongdae Park. Gue tau tempat ini dari hasil blogwalking, dan ternyata ini tempat lokasi shootingnya Pinochio pas adegan ibunya bunuh diri.

how to get to taejongdae park busan

Kalau dari Haeundae station, kita naik subway dan turun di Busan station. Jangan lupa untuk keluar di exit 3 karena di exit 3 ini lebih dekat dengan letak halte bus yang menuju ke Taejongdae Park. Setelah keluar dari exit 3, lanjut lagi naik bus no 88. Letak halte busnya pas di seberang Busan station KTX, di sana ada 3 halte tinggal lihat papan informasi aja dimana yang ada tulisan bus no 88. Kalau ragu tinggal tanya ke sopir bus "Taejongdae Park". Perlu diingat nih pemirsa, Korean selalu kasih imbuhan disetiap kata-kata bahasa Inggris. Misal kiss = kisseu, park = parkeu, dll. Jadi kalau ngomong Taejongdae Park harus jadi Taejongdae Parkeu. :p

danubi train in taejongdae park busan

Jarak tempuh dari Busan station ke Taejongdae Park kurang lebih setengah jam. Biaya busnya gue lupa nih soalnya asal ngetap T-money aja dan gak merhatiin. Berhubung Taejongdae Park ini pemberhentian terakhir, jadi gak perlu khawatir bakal salah turun. Dari pemberhentian bus, tinggal jalan kaki ke pintu masuk kurang lebih 300 meter.

cara menuju taejongdae park busan
transportasi di busan
harga tiket masuk taejongdae park busan

Nah dari pintu masuk, harus jalan kaki lagi ke loket tiket danubi train sekitar 100 meter. Kontur jalanannya menanjak, jadi siapin fisik aja deh. Untungnya ada danubi train yang bisa kita naikin berkali-kali selama di dalam area ini. Harganya 2000 won dan bebas naik turun di tempat pemberhentian di dalam. Untuk masuk ke area Taejongdae Park ini gratis, jadi ya cuma bayar tiket danubi train itu aja. Kalau misal mau jalan kaki sampai dalam, gak usah keluar biaya sama sekali. (Ps: masuknya jauh banget bok!)

what to see in busan

Untuk orang Indonesia yang gak heran lihat laut, mungkin tempat ini kurang menarik. Menurut gue juga gitu sih, tapi bangunan mercusuarnya lumayan lucu buat difoto.

korean food
makanan halal di busan
must visit place in busan
travelling to busan south korea

Pas lagi di observatory, naga di perut udah pada dangdutan nabuh gendang jadinya kita sepakat jajan odeng seharga 5000 won (dapat 2 tusuk), menurut gue sih lumayan mahal ya. Tapi enak kok, dan area makannya lumayan pewe buat ngeluarin bekal makanan dan numpang makan di situ. Menunya apalagi kalo bukan endomi seleraku, plus telor dadar dari hostel, dan odeng. Nikmat banget mak.. #gembelkelaparantapimaugayajugadonk

Untuk sampai ke light house, kita harus turun tangga dulu. Pas ke sananya sih gak masalah, begitu balik ke atasnya PR banget. Cobaan banget ya Allaaaaah.. Tapi lansia-lansia di sana hebat banget, mereka malah doyan hiking. Lebih banyak lansia malah daripada anak mudanya. Gue sebagai anak muda malu bingit pas dua meter sekali istirahat ngos-ngosan, sampe atas bibir putih semua.. T.T

taejongdae park busantaejongdae park busan

Setelah dari light house, kita langsung capcus aja. Kalau ke pesisir pantai pas winter itu emang cobaan banget. Anginnya itu loooh.. Tobat dah!
Next spot: Gamcheon Culture Village

gamcheon culture village busan

Tujuan selanjutnya masih ragu, apa kita mau berkutat di Nampo-dong aja atau lanjut ke Gamcheon Culture Village. Dari Taejongdae kita naik bus 88 lagi dan diturunin sama sopirnya dekat subway Nampo. Di situ Ulfa udah mau nyerah dan ngebatalin ke Gamcheon Culture Village. Tapi berhubung dia juga gak tau arah, jadi dia ngikut aja kemana gue melangkah dan gak sadar pas kita naik subway itu mau kemana. Pas udah di tengah jalan dia baru ngeh 'oma, kita jadi ke Gamcheon?'. Maapkeun abdi, kalo gak begini pasti nanti bakal nyesel karena gak dijadiin. Hehhee

rute bus di busan

Dari Nampo naik subway aja ke Toseong station (exit 6), cuma beda 2 station kok. Nah begitu keluar exit subway, perhatiin dimana Pusan National University Hospital. Cari aja yang ada tulisan Cancer center. Halte busnya gak jauh dari situ, naik bus model mobil elf nomer 1-1 atau 2-2. Jangan improvisasi jadi mobil nomer 1 atau 2 ya, bisa nyasar jauh nanti.

cara menuju gamcheon culture village busan
how to get to gamcheon culture village
rute ke gamcheon culture village

Kalau gak dapat tempat duduk, terpaksa harus berdiri kayak gue. Bayangin aja deh berdiri di mobil elf dengan kondisi jalan nanjak tajam dan si driver bawa mobil berasa sopir travel cipularang. Untungnya jaraknya gak begitu jauh. Bus ini akan berhenti pas di depan area Gamcheon. Sebelum turun, lihat dulu aja di sekitar pasti ada tulisan Gamcheon Culture Village dan ada information center booth warna biru di depan. Jangan sampe salah turun kayak gue dan Ulfa.

spot foto di busan korea selatan
must visit place in busan

explore busan
Information center Gamcheon Culture Village yang bangunan warna biru itu

Gamcheon Culture Village ini luas banget dan kalau gak mau nyasar, mending beli map di information center seharga 2000 won jadi lebih efisien hemat waktu. Di dalam map itu ada semacam quiz buat ngumpulin stamp dari beberapa spot di Gamcheon Culture Village ini. Kalau semua stamp udah kekumpul, segera kumpulin ke petugas dan tadaaa kita bakal dapat postcard lucu.

Di area ini banyak juga turisnya, tapi kebanyakan dari China dan Korea sendiri dan sepertinya harus menghabiskan waktu minimal tiga jam biar bisa keliling sampai puas. Di sini juga banyak banget spot lucu dan fotogenic. Buat para instagramers pasti suka! Guepun menyesal cuma bisa stay dua jam kurang di sini. #hiks

gamcheon culture village busan
sunset in gamcheon culture village busan
sunset spot in busan south korea

Moment sunset di Gamcheon termasuk cantik juga loh, walaupun mataharinya tenggelam di balik bukit tapi karena langitnya lagi cerah jadi ya cakep aja. Beruntung gue lagi ada di puncak tertinggi di Gamcheon pas matahari lagi tenggelam.
Next spot: Nampo-dong

nampo-dong busan

Sekitar jam setengah 6 kita balik lagi ke Nampo-dong dengan naik mobil yang sama. Rencananya sih kita mau cari coat karena stock coat Ulfa cuma sedikit. Begitu lihat dompet, stok Korean won kita udah menipis, nyari money changer gak nemu. Akhirnya kita masuk ke information center yang ada di subway station. Dia bukannya nunjukin dimana money changer malah nawarin mau nuker usd kita sama won dia. Trus dia nunjukin kalkulator harga wonnya. Kita setuju aja, toh emang lagi butuh dan cuma mau nuker sedikit dulu aja. Ajushi-ajushinya baik banget deh! Pas udah keluar gue hitung ulang, ternyata kita cuan! Aah nyesel cuma sedikit nukernya.. Hahahaa

manjo - street food in korea
Manjo, salah satu jajanan di Korea. Aromanya harum banget!

Kita lanjut lagi nyari coat dan nemu coat murah sekitar 25.000 won tapi modelnya kurang cucok, jadi lanjut lagi. Muter-muter tapi gak nemu yang dicari, malah beli gloves yang bisa touchscreen. Gloves ini akhirnya kita pakai sampai akhir episode. #tsahelaaah

Badan udah capek, akhirnya kita balik lagi aja ke hostel. Si Dana juga udah sampai di hostel dan ngewhatsapp gue. Begitu sampai hostel, si Eoni baik hati yang lagi giliran jaga. Dia nawarin kita buat ngeteh dulu. Oh iya, kita rencananya mau naik kereta mugunghwa dari Busan ke Seoul. Durasi perjalanannya bakal lebih lama daripada KTX, tapi justru itu tujuan kita. Kita mau menghemat penginapan semalam, jadi bisa tidur di kereta deh. Lagipula harga tiket KTX 2x lebih mahal dibanding muhunghwa. Tiketnya udah kita beli online seharga 28,600 won. Dana baru beli tiketnya pas lagi sarapan pagi itu. Kereta kita jadwal berangkatnya jam 23.10, jadi kita masih bisa santai dulu di common room hostel sambil ngobrol sama si Eoni.

Pas lagi ngobrol, tiba-tiba ada bule gondrong datang sambil ngeluarin belanjaannya dan mulai masak. Baunya itu menggoda banget mak. Gue perhatiin sih dia masak ala cheff abis pake wine segala. Kita mah cukup endomi aja. Terus gue ajak ngobrol, abis kesian doi sendirian. Ternyata dia dari Brazil mak, biasanya kan bule Brazil macho-macho, kalau ini lebih kemayu. Ngomongnya aja alus banget. Dia nawarin buat nyicipin makanannya, kita bingung dah nolaknya abis pan gak tau itu isinya apa aja. #dilemamusafir

Lagi ngobrol gitu biasa kan basa basi ngajak ke Indonesia. Eh dia nantangin 'give me a reason why I should go to Indonesia'. Kita kicep! Bingung, bibir kelu, dan penuh ketidakberdayaan #korbansinetronindosiar
Si Ulfa langsung kepikiran Bali, eh si bule langsung ogah gitu. Gue juga baru inget kan di Brazil banyak pantai kece mak! Otak diputer-puter (macam punya aja kau oma), gue kepikiran pulau komodo. Eh si bule takut ama komodo, jadi gue iming-imingin ada pink beach di deket pulau komodo. Dia langsung luluh dooonk pas denger pink beach! Pengen rasanya gue daftarin ke program Be A Men nya L-Men ni orang..

Gak terasa udah jam 9, akhirnya kita beranjak juga. Si Dana rela bawain koper beton gue. Gak kebayang gue naik turun tangga subway bawa itu koper. Tapi sebelum kita berangkat, si Eoni nyaranin untuk nyebrang dulu aja dan masuk ke entrance subway yang agak jauh memang tapi ada LIFTnya. (((LIFT))) Thank God...... Percayalah, ketemu lift di subway metro Korea itu adalah suatu mukjizat!!

Di dalam kereta ada cewe ngeliatin ke arah kita mulu. Gue gak tau maksudnya apa ya, daripada gue melototin balik mending pura-pura tidur aja. Dari Haeundae menuju Busan station, kita harus transit sekali. Pas lagi nunggu kereta setelah transit, tiba-tiba Dana ditepok bahunya sama seorang kakek-kakek. Gue parno takut disirep, jadi bawaannya pengen nepok bahunya Dana lagi biar netral. Ternyata itu kakek cuma mau ngajak ngobrol, tapi karena dia pake korean-english jadi kuping kita kacau nangkepnya. Dia katanya pernah ke Jakarta dulu, soalnya dia kerjanya jadi pelaut. Yang gue tangkep sih itu abis dia ngomongnya cuma 'piel..piel'. Ulfa dan Dana cuma "hah? hah?".  Pas gue nanya "pier? Are you a sailor?", dia jawab "aaah yee". Popeye keleus the sailorman.. -_______-

Begitu masuk kereta, si kakek ngegiring Ulfa dan Dana duduk di kursi khusus lansia. Gue kepisah berdiri sendiri, tapi ada cewek yang kasih tempat duduknya buat gue. Ternyata si cewek yang ngeliatin gue mulu di kereta sebelumnya. Mungkin dia tadi ngeliatin itu terpesona melihat kecantikan gue. #pret

naik kereta mugunghwa dari busan ke seoul

Sampai di Busan station sekitar jam 10. Print out bukti reservasi tiket ditukar dulu di counter tiket sama tiket asli. Setelah itu, tiketnya gak bakal diperiksa lagi donk masaaa.. Emejing bingit!! Mereka pada percaya amat ya. Kalau di Indonesia mah bisa banyak penumpang gelapnya. Kita langsung menuju peron, sudah ada kereta mugunhwa cuma kita ragu apa ini jurusan ke Seoul apa bukan. Pas gue lihat papan pengumuman, ternyata itu bukan kereta kita. Ada untungnya gue belajar baca tulisan hangeul sebelum berangkat. Hehehee
Kereta berangkat on time, jam 23:10 langsung cuz berangkat. Di setiap kota bakal berhenti dan ada pengumuman dari masinisnya. Gue gak bisa tidur nyenyak, pas lihat Ulfa mah ditepok juga gak berasa dia. #ulfasikorbanantimo

Tiba di Seoul pun on time loh, jam 4:27 udah sampai. Suhu saat itu dingin banget, kita mutusin buat ngangetin badan di Loteria sambil ngeteh. Teh seharga 2,000 won (teh termahal sepanjang hayat akooh), rasanya kayak lemon tea tapi hangat. Teh sosro is the best lah ini mah! Kita di situ sampai jam 6. Fyi, subway di Seoul baru beroperasi sekitar jam setengah 6 jadi nunggu di Loteria kayaknya keputusan terbaik. Kita masih bareng sama Dana sampai City Hall, selanjutnya kita pisah deh ma dia.

naik kereta mugunghwa dari busan ke seoul

16 Comments

1. Dear Nidy,
    Tanya dong gimana pakian nya di seoul? Perlu sepatu boot dll spy cukup hangat. Tks

Replies
    1. Tergantung perginya musim apa dulu. Kebetulan waktu itu perinya Januari which is lagi winter (Desember - Maret), jadi perlu banget pakai coat plus baju2 hangat. Kalau boots sih alternatif aja, masih bisa pakai sepatu kets. Suka liat di drama Korea mereka biasa pakai sepatu kets ketimbang boots karena memang lebih nyaman buat jalan.

2. Hi Nidy,
    Thank you untuk sharing dan info yang berharga.

ReplyDelete
  3. Hi nidy, mau tanya, tiket kereta mugungwha bisa dibeli langsung di tiket counter nya gak? Apa harus online? Thx

Replies
    1. Aku kurang tahu bisa atau gak, soalnya waktu ngantri nukerin tiket yang aku beli via online di counter stationnya itu gak lihat ada yang transaksi beli tiket. Coba cek di webnya mungkin ada keterangannya..

Delete
    2. Oke terimakasih infonya nidy. Mau tanya lagi, waktu booking online, pilihan nationality nya INDNSIA kan? Krn tulisan di web nya spt itu 😄. Utk kolom Nama yg gak bisa dispasi itu apakah akan bermasalah saat tuker tiket jika namanya lbh dr 2 kata dan tidak spasi (artinya nama tidak sesuai dgn paspor krn di paspor ada spasinya) ? thx

4. Iya pilih yang INDNSIA..
    Gak masalah yang penting spellnya sama dengan passpor aja.

ReplyDelete
  5. Hi nidy. Mau tanya, aku udah beli tiket kereta mugungwha online, tp udah seminggu dr pembelian tidak ada transaksinya dlm tagihan CC. Aku mau tanya, reservasi online tsb apakah hanya booking saja dgn jaminan CC dan harus membayar saat penukaran tiket di counter? Atau memang sudah issued dan tidak perlu membayar saat tukar tiket? Terimakasih infonya

Replies
    1. Honestly, aku lupa waktu itu kayak gimana. Seinget aku waktu itu datang ke counternya udah tinggal tukar tiketnya aja dari print-an yang ada di webnya. Cek my booking aja di websitenya.

Delete
  6. Hi Sis Nidy.. fotonya bagus2 deh.. pake kamera slr atau hp sis? Lagi bingung nanti mei ke korea wajib bawa slr (besar & berat ) atau pake kamera hp aja. Penasaran sis fotonya pake apa, soalnya fotonya bagus bgt. Thx

Replies
    1. Aku pake kamera mirrorless fujifilm, jadi gak berat dan lebih kecil daripada SLR. :)

Delete
  7. halo, mau tanya kalo kamu ada ke da daepo sunset fountain of dream?

ReplyDelete
  8. Bahahaha. Buat orang Brazil mah kasih tau aja Candi Borobudur, Danau Toba, Danau Kelimutu, gunung-gunung yang cakep :D

Replies
    1. Waktu itu kayak lagi ikut kuis terselubung kena deh. Jadi ngeblank...hahahaha

Delete

Please notice: Subscribe to my blog before you leave a comment. Any active link on comment will be automatically deleted. Thank you for reading!