Mengejar Matahari ke White Sand Dunes Mui Ne

3:30 PM

Sudah sejak lama mau ke padang pasir, tapi buat ke daerah timur tengah kok ya jauh banget, udah keburu stres beli tiketnya duluan nanti. Hingga suatu hari si Ayu, sahabat sejak jaman dulu kala, ngirimin foto ceweknya-mantannya-dia lagi travelling ke gurun pasir Mui Ne. Kita langsung googling dan ternyata lokasinya di Vietnam!

lama perjalanan dari ho chi minh ke mui ne

How to Get There

Mui Ne terletak sekitar 216 km dari Ho Chi Minh. Ada 2 cara familiar untuk menuju ke Mui Ne. Yang pertama bisa naik kereta dari Ho Chi Minh sampai ke Phan Thiet, dari Phan Thiet ke Mui Ne bisa dilanjutkan naik taksi. Cara yang kedua yaitu dengan naik bus dari Ho Chi Minh langsung ke Mui Ne. Gue pilih cara yang kedua, karena lebih praktis. Ada banyak pilihan bus yang dari dan menuju ke Mui Ne dari Ho Chi Minh.

transportasi menuju mui ne dari saigon

Setelah gue survei, gue lebih memilih untuk menggunakan jasa Sinh Tourist yang dulunya lebih dikenal dengan nama Sinh Cafe. Sinh Tourist ini lebih meyakinkan sih dibandingkan dengan provider bus lain. Gue beli tiket Ho Chi Minh - Mui Ne secara online seharga 99,000 VND, lalu gue hubungi call centernya via email untuk konfirmasi. Menurut saran mereka, gue lebih baik membeli tiket pulang Mui Ne - Ho Chi Minh langsung ke agen bus mereka yang terletak di Pham Ngu Lao street karena lebih murah. Benar saja, begitu sampai di Ho Chi Minh gue langsung menuju agen bus tersebut dan beli tiket pulangnya di sana. Harganya cuma 89,000 VND dan dapat yang sleeping bus, sementara bus berangkatnya pakai bus yang biasa. Bus berangkat jam 2 pm dan sampai di Mui Ne jam 6:30 pm.

pengalaman menginap di Delight Hotel mui ne

Accommodation

Pilihan hotel di sekitar Mui Ne cukup beragam dan banyak juga kok yang murah. Gue pakai jasa Agoda.com dan gue filter dari hotel yang ratenya paling murah. Ketemulah dengan Delight Hotel ini. Harganya murah banget cuma Rp. 138, 877 untuk kamar standar kapasitas 2 orang. Pakai AC, ada tv cable, dan hot shower. Lumayan murah kan kalau dibagi berdua. Tadinya mau booking dorm room di Mui Ne Backpacker Resort tapi masih kemahalan menurut kita.

[Baca juga: Review Delight Hotel Mui Ne]

mui ne jeep tour
mui ne jeep tour

What to Do

Untuk pergi ke White Sand Dunes, disarankan ikut sunrise tour atau sunset tour. Kebetulan waktu yang cocok sama kita ya sunrise tour, karena keesokan siangnya udah harus balik lagi ke Ho Chi Minh. Gak perlu khawatir kesulitan cari agen tour untuk ke White Sand Dunes, karena di setiap hotel pasti sudah ada yang menawarkan paket tour ini. Rata-rata untuk satu jeep ditawarkan seharga $25. Kapasitas jeepnya bisa muat 5 orang. Sayang gue datang cuma berdua jadi harga segitu cuma dibagi berdua aja. Niat awalnya sih mau cari turis-turis lain yang mau diajak sharing jeep, tapi berhubung gue sampai di Mui Ne sudah malam dan kecapekan jadi yaudah gue rela aja harga segitu dibagi berdua sama travel mate gue. Paket tour ini sudah include ke White Sand Dunes, Red Sand Dunes, Fishing Village, dan Fairy Stream.

sunrise mui ne
Pemandangan sunrise di pantai Mui Ne sepanjang perjalanan ke White Sand Dunes

Keesokan harinya, jam 4:30 am kamar kita sudah diketok sama resepsionis hotel. Sekitar jam 5, kita cuz berangkat menuju White Sand Dunes terlebih dahulu. Perjalanan kurang lebih memakan waktu 40 menit. White sand dunes ini letaknya memang yang paling jauh, tapi paling sempurna untuk sunrise. Sampai di sana sudah hampir jam 6, matahari sudah mulai naik dan kita buru-buru menuju ke tengah-tengah gurun. Agak sulit untuk segera sampai ke atas bukit pasir karena berjalan di atas pasir memang lebih lambat dari biasanya dan pastinya lebih melelahkan. Tapi segala peluh kita terbayar dengan pemandangan cantik dari atas bukit.

sunrise tour di mui ne vietnam
mui ne white sand dunes
pengalaman ke mui ne white sand dunes
cerita perjalanan ke mui ne white sand dunes vietnam
sewa mobil jeep di mui ne vietnam


Di White Sand Dunes ini gak ada biaya yang dipungut, jadi gratis. Di dekat parkiran jeep, kita ditawari untuk sewa atv, tapi berhubung budget pas-pasan jadi ya kita tolak. Rata-rata orang yang ke sana pada pakai celana pendek dan tank top, sementara gue pakai kulot panjang dan si Ayu pakai dress chiffon panjang. Gak mainstream sih, dan sempat malu juga dilihatin orang-orang, tapi begitu lihat hasil fotonya lucu-lucu bokkk...

sunrise di mui ne white sand dunes
pakai dress di padang pasir mui ne
pakai dress di padang pasir mui ne
pakai dress di padang pasir mui ne
how to get to mui ne sand dunes vietnamhow to get to mui ne sand dunes vietnam
how to get to mui ne sand dunes vietnam
how to get to mui ne sand dunes vietnam

Kita menghabiskan waktu lebih dari sejam di sana, tiba-tiba ada cowok mengendarai atv menghampiri kita untuk ngingetin kalau kita sudah harus kembali ke jeep. Begitu itu cowok pergi, ya kita lanjut foto-foto lagi. Sampai akhirnya dia datang lagi dan maksa kita pergi, akhirnya kita nurut. Pas mau jalan kaki ke parkiran jeep, si abang atv nya nyuruh kita naik ke atv nya dia. Gue sempat ragu karena takut disuruh bayar sewa atv sambil cengo ngelihatin si abang atv. Tapi kata si abangnya "don't worry, no money.. no money..". Begitu dia bilang kalimat itu, kita langsung ngerti, dan segera naik ke atv dia. Bahahaha.. Asyiiiikk...

sunrise tour di mui ne vietnam tanpa guide
sunrise tour di mui ne vietnam tanpa guide
backpacking to vietnam travel blog
white sand dunes

Rejeki anak soleh..

sewa atv di white sand dunes mui ne vietnam
sewa jeep di mui ne sand dunes
With our patient driver at Mui Ne

Begitu sampai di parkiran jeepnya, si sopir jeep kelihatan agak bete karena kita kelamaan di White Sand Dunes. Tapi untungnya sopirnya masih sabar sih dengan keribetan kita, buktinya masih mau bantuin kita naik turun jeep dengan dress yang dikit-dikit nyangkut. Hahaha

Saran gue kalau tertarik untuk ke White Sand Dunes, lebih baik request ke driver dari awal untuk lebih lama menghabiskan waktu di sana ketimbang di tempat lain. Supaya dia juga gak ngeburu-buruin kita pas lagi asyik berburu foto ciamik. Karena objek wisata lain yang sudah gue sebutkan di atas, masih kalah bagus dibandingkan dengan White Sand Dunes ini. 

Itinerary 3 Days in South Vietnam

Kalau jatah cuti di kantor terbatas, bisa kok cuma 3 hari aja di Vietnam dengan rundown seperti ini:

Jumat
Malam: Berangkat ke Singapore/Kuala Lumpur untuk transit ke Ho Chi Minh (menginap di bandara)

Sabtu
Pagi: Flight ke Ho Chi Minh, walking tour di Ho Chi Minh
Siang: Otw menuju Mui Ne
Malam: Istirahat

Minggu
Pagi: Sunrise tour
Siang: Balik ke Ho Chi Minh
Malam: Flight ke Indonesia

Kalau punya rencana ke Vietnam tapi gak sempat ke Hanoi, Mui Ne bisa jadi pilihan yang pas. Selain ramah di kantong, gak makan waktu lama juga. Enjoy!



[Baca juga cerita perjalanan gue selama keliling ASEAN di sini]




FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE

You Might Also Like

22 komentar

  1. baguss yah kaya di padang pasir arab, bedanya ga ada onta hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cuma kurang onta aja nih.. kalo foto pke kaftan ngaaku2 di Dubai juga gada yg ngeh...hahaha

      Delete
  2. Foto- fotonya keren dan cantik- cantik... aku suka...

    www.ranselahok.com
    Peng

    ReplyDelete
  3. Ralat sedikit teh, Ibukota Vietnam itu Hanoi yaa bukan Ho Chi Minh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maacih ralatnya ya...
      Aku dulu waktu sd pas tes peta buta seinget aku masih ho chi Minh. Entah udah berubah trus aku yang kudet atau memang guru aku salah kasih tau dulu T.T
      #ngeles

      Delete
  4. Ka kalo ambil bus malam dari ho chi min ke mui ne apa busnya akan antar kita langsung ke penginapan atau karena kan pasti sampe mui ne tengah malem


    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung posisi hotelnya. Kalau hotelnya dilewati sama rute bus ke pool bus, pasti diturunin depan hotel.

      Delete
    2. hotel Delight ini dilewatin rute bis ga yah ?

      Delete
  5. baguss bangett. cantikk2 bangett. suka tulisannya. sangat meninspirasi. klo ke mue ni gak nginep, bisa ga ya? rencana pergi dari ho chi minh pagi, sampai sna siang kan ya. trus poto2 sebentar di sahara. karena aku mau lanjut lagi perjalanan ke dalat. poto2 siang hari bolong di sahara bagus engga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa asal make sure dulu aja jadwal transportasinya, biar bisa manage waktu.
      Bagus-bagus aja sepertinya dan kayaknya sepi sih karena orang lebih banyak ngincer sunrise atau sunset jadi pas siang bolong gak ada orang. :)

      Delete
  6. say, aku rencana mau beli paket tour untuk di Mui Ne ini, belinya di The Sinh Tourist pas aku hari pertama di HCMC. harganya VND 549.000 atau sekitar IDR 384.000/jeep. Nah, menurutmu gmn yah apa beli di The Sinh Tourist Mui Ne atau gmn?dan aku kesana sendiri dan nyampe sana siang jd ada kemungkinan dpt tmn untuk share jeep lah yah ? rencana aku mau menginap di tempat km menginap juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu mau sunrise tour? Kalau tiba di sana masih siang, mending beli di hotelnya aja sambil cari teman share cost buat sewa Jeep. Kalaupun gak nemu, sama aja harganya dengan tur yg ditawarkan Sinh tourist. Di hotel aku dikasih harga $25. Bisa juga liat2 dulu operator your yg ada di sekitar hotel, siapa tau dpt murah. Kadang juga suka ada ojek yang nawarin keliling. Hotel tempatku nginep dilewatin bus2 lol, jadi pasti dituruin dan dijemput persis di depan hotel.

      Delete
    2. siap deh kl begitu sy dgn aman booking di Delight Hotel... makasih yah, ohya kl mw jalan2 sekitaran HCMC mbak nya jalan kaki atau gmn ? makanan yang recomended halal d Mui Ne?

      Delete
    3. Aku jalan kaki aja selama di HCMC, asalkan nginepanya di sekitaran Pham Ngu Lao street. Kalau gak salah, di depan Delight hotel itu ada restaurant india halal, kok.

      Delete
  7. Mbak kita mau ke mui ne juga dari ho chi min boleh nanya ga bis untuk berangkat ke sana itu jam berapa ya terus naiknya dari mana?? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek jadwal bisa langsung ke websitenya sinh tourist. Kalau aku waktu itu berangkat jam 2 siang, sampai Mui Ne jam 7 malam. Naiknya dari kantor busnya di Pham Ngu Lao street HCMC

      Delete
  8. Mbak Nidy, aku lagi cari-cari info soal transport Mui Ne nih. Thanks God di halaman pertama Google ada blog dari orang yang gue tahu hehe.

    Book tour itu online atau di sana langsung, mbak? Kalau di sana langsung, cari di mana? Lalu apakah ada opsi lain selain jam 4:30? Yang agak lebih pagi kayak jam 7 atau 8, hihihihi.

    ReplyDelete
  9. Wah ada nugi.. :D
    Transport dari HCMC ke Mui Ne nya Aku beli buat berangkatnya secara online. Di website Sinh tourist. Buat pulangnya, Aku beli di kantornya Sinh Tourist, pas sekalian nuker tiket fisiknya waktu mau berangkat. Harganya lebih murah beli langsung. Di Pham Ngu Lao banyak agen bus. Jadi kalo Sinh Tourist ini penuh, masih banyak pilihan. FYI, kalo bukan high season mending beli langsung aja. Soalnya Aku waktu itu 1 bus cuma isi sekitar belasan orang.
    Nah kalo tour di Mui Me nya. Aku on the spot cari begitu sampe hotel. Kalau pergi ya kurang dari 4 orang, mending cari temen jalan dulu di sana biar bisa sharing jeep. Waktu itu temen nginepnya di Mui Ne Backpacker Resort, sama pihak hotelnya diarrange jadi kayak open trip. Nah untuk jam nya itu, rata2 mereka nawarinnya sunrise/sunset tour. Kalo kamu sewa 1 jeep secara pribadi (bukan yg open trip), bisa2 aja mau jalan jam berapapun.

    ReplyDelete
  10. Kak, mau nanya kameranya pake kamera apa?
    Ada rencana beli kamera untuk traveling, tapi masih bingung.
    Kamera kakak yang pink itu bagus xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto-foto di atas dan mostly di blog ini pakai Fujifilm X-M1. Kalau yang pink itu punya temanku, merk samsung. Tapi nggak rekomen pakai itu, jadi sama dia cuma buat 'properti' :D

      Delete

Recommended Tour in South Korea

trazy.com

Featured Post

FAQ: Winter Trip in South Korea

Sebelumnya gue mau ucapin terima kasih banyak buat yang udah sempatkan untuk mampir di blog ini. Semenjak gue posting mengenai jalan-jal...

Instagram

Subscribe

Join Our Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!

We Respect Your Privacy | Get This Widget