[ASEAN Trip] Itinerary Keliling Asean

itinerary keliling asean 2 minggu

Akhirnya selesai juga nulis cerita perjalanan gue keliling ASEAN. Well, memang gak semua negara Asean kita kunjungi sih, at least 50% dari 10 negara Asean kali itu udah distempel di passpor gue. Mungkin next time gue bakal bikin ASEAN Trip part 2, mengunjungi Laos, Myanmar, dan Philippines. Doakan ya... hehehe. Berhubung banyak yang request itinerary dan rincian budget nya, jadinya gue bikinin deh tapi di postingan terpisah ya.

itinerary keliling 3 negara asean

Trip gue kali ini cocok buat para pegawai fakir cuti, karena biasanya para traveller butuh waktu at least 2-3 minggu untuk mengunjungi negara-negara di Asean tapi gue bisa tuh hanya 11 hari meskipun waktunya jadi mepet-mepet. Setidaknya gak penasaran lagi, kan? Sebenarnya udah gue rinciin satu-satu ceritanya per hari, tapi ternyata ada yang request minta itinerary. Yaudah nih gue jabarkan satu per satu lagi ya..

Day 1

Kita berangkat hari Sabtu sore dari kosan Ayu. Penerbangan ke Ho Chi Minh dengan naik maskapai Jetstar (promo) mengharuskan kita untuk transit di Changi Airport singapore semalaman, jadi ya mau gak mau kita tidur di bandara aja demi menghemat biaya akomodasi.

itinerary keliling asean 3 negara

Pada hari itu gak banyak aktivitas yang kita lakukan karena berangkatnya aja udah sore dan sampai di Singapore sudah tengah malam jadi begitu sampai di Changi, kita langsung cari lapak tidur.

Day 2

Flight kita yang menuju ke Ho chi Minh dari Singapore bertolak pukul 7am. Entah kenapa gue gak nemu toilet yang ada showernya di Changi, jadi pagi itu cuma mandi koboy langsung ke waiting room.

itinerary keliling asean 3 negara

Begitu sampai di Ho Chi Minh hanya sempat beli tiket bus dan ke Benh Tanh karena gak lama setelah sampai di kota ini langsung dapat kesan jelek jadi ilfeel mau kemana-mana. Siang ahrinya kita menuju ke Mui Ne

Day 3

Sunrise tour dimulai pukul 4:30 am dan selesai jam 9 am. Begitu sampai di hotel langsung mandi, sarapan pakai bekal dari Indonesia, dan langsung check out. Koper dititip di resepsionis selama kita main ke pantai Mui Ne yang ada di seberang hotel. Sekitar jam 1 pm, sudah bertolak balik lagi ke Ho chi Minh dan tiba di sana pukul 7 pm.

itinerary indochina trip

Kita menginap di Kaiteki hotel yang letaknya masih di area Pham Ngu Lao. Setelah check in langsung jalan lagi ke arah Benh Tanh market untuk makan pho di Pho 2000.

Day 4

Jam 8 am sudah harus check out dan menuju ke agen tour yang jual tiket minivan ke Siem Reap. Perjalanan ke Siem Reap dari Ho chi Minh kurang lebih 12 jam. Drama banget deh selama hari itu.

itinerary indochina trip

Begitu sampai di Siem Reap langsung check in di hostel dan langsung ke Pub street buat 94uL. Lalu beli souvenir di night market dan makan malam gak jauh dari night market.

Day 5

Hari itu kita kembali terbangun di pagi buta untuk ikut sunrise tour. Sewa tuktuk seharian untuk keliling Angkor Wat. Driver tuktuk nya boleh nemu di instagram, jadi dia jual jasanya ala-ala sista-sista online shop di instagram gitu deh. Rencananya mau sampai sunset di Angkor wat, tapi badan udah gak fit, akhirnya selepas makan siang kita putuskan untuk kembali ke hostel.
itinerary keliling 3 negara asean

Kita sewa satu bed untuk istirahat berdua di kamar female dorm (untung stafnya baik banget). Lalu kita balas dendam tidur sampai Isya. Btw, itu tidur apa pingsan ya dari Ashar sampe Isya loh tidurnya. Jam 9 malam kita check out, titip koper di lobby, dan makan malam lagi di dekat night market. Sekitar jam 10 balik lagi ke hostel ambil koper dan segera menuju ke agen bus yang gak jauh dari hostel. Kita naik night bus menuju Phnom Penh. Lanjut tidur lagi sampai pagi..

Day 6

Tiba di Phnom Penh pukul 5:30 am dan disambut hujan deras. Kita naik tuktuk dengan tarid $9 sampai ke Phnom Penh international airport. Lumayan jauh juga ternyata jaraknya. Flight kita sekitar jam 8:30 am dan tiba di Bangkok sekitar pukul 10 am. Perjalanan dari airport menuju ke apartment hampir satu jam karena sempat macet di beberapa titik jalan.

itinerary 3 hari di thailand

Setelah check in, kita langsung mandi dan masak endomi. Awal rencananya mau ke Santorini Park hari itu, tapi minivan nya masih lama datangnya. Alhasil kita cancel dan ganti haluan ke Pickadaily. Kita di Pickadaily sampai jam 6 pm. Kemudian lanjut lagi ke Asiatique the Riverfront sampai jam 9 malam.

Day 7

Pagi-pagi banget sudah terbangun dan langsung ke Pratunam morning market tanpa mandi. Yaudah lah yaa ke pasar ini.. #AlasanBae Jam 9am sudah balik lagi ke apartment dan segera bersiap untuk lanjut ke Santorini Park Cha-am. Perjalanan ke Santorini Park dari Bangkok ditempuh selama 2 jam 30 menit. Kita menghabiskan waktu di sana cuma dua jam aja.

itinerary 3 hari di bangkok

Sore harinya sudah balik lagi ke Bangkok. Gue sudah reservasi table di Chocolate Ville untuk jam 6 sore, tapi kita baru sampai di Victory monument jam 6 juga. Sudah dipastikan gak bakal keburu buat ke Chocolate Ville. Jadinya kita berubah haluan lagi menuju Platinum Fashion Mall. Sampai di sana sudah banyak toko yang siap-siap untuk tutup. Kita cuma dua jam aja belanja di sana.

Day 8

Hari itu kita kembali lagi ke Pratunam morning market karena masih ada yang harus dibeli. Pukul 9 am sudah balik ke apartment lagi dan langsung siap-siap untuk check out. Dengan bawa koper dan ransel kemana-mana hari itu kita lanjut ke Madame Tussaud karena udah terlanjur beli tiketnya secara online, gak mungkin dicancel kan.

itinerary keliling asean 11 hari

Pukul 1 pm, kita lanjut lagi menuju Chatuchak Weekend Market. Kalau weekend wajib ke sini deh pokoknya! Pukul 3 pm, kita menyudahi petualangan belanja dan segera menuju ke airport. Jadwal flight kita ke Krabi sekitar pukul 5:10 pm, dan kita menyempatkan diri untuk makan dulu di bandara. Tangan udah gemetar nahan lapar mak! Tiba di Krabi pukul 6:30 pm, langsung naik shuttle bus menuju Krabi town. Setelah check in, kita langsung cari makan di sekitar hotel.

Day 9

Jam 8 pagi kita sudah dijemput shuttle bus untuk menuju ke dermaga Klong Jilad. Pagi itu kita berlayar menuju Phi Phi Island, surganya para backpacker di Asia Tenggara. Perjalanan laut memakan waktu kurang lebih 2 jam. Kita dijemput di dermaga dan langsung menuju ke hotel.

itinerary keliling asean 11 hari

Setelah meletakkan koper di hotel, gue langsung caru paket sunset tour sementara teman-teman gue makan siang. Pukul 2 pm, kita sudah memulai tour menuju ke beberapa spot yang ada di Koh Phi Phi Ley. Tour berakhir pukul 6:30 pm dan langsung balik ke hotel untuk mandi. Malam harinya kita jalan-jalan keliling pulau untuk menikmati suasana malam di Phi Phi Island dan menikmati makan malam.

Day 10

Jam 8 am sudah terbangun dan beranjak menuju area breakfast di hotel. Selain sarapan, kita juga puas-puasin foto di dekat kolam renang. Pukul 10 am, kita balik ke kamar masing-masing untuk mandi dan packing. Pukul 11:30 am, sudah berkumpul di lobby untuk check out. Kita menitipkan koper di lobby, sementara kita cari tempat untuk makan siang. Pukul 1:30 pm sudah menuju ke dermaga untuk menunggu kapal ferry yang akan membawa kita menuju Phuket.

itinerary keliling asean 11 hari

Kapal ferry tiba di Rassada Pier Phuket pukul 4:30 pm. Kita dijemput oleh driver yang mobilnya sudah kita sewa. Kita minta diantar ke Baba Nest untuk menikmati sunset terakhir di sisa liburan kita. Perjalanan dari dermaga menuju Baba Nest kurang lebih 40 menit. Pukul 8 pm, kita sudah beranjak lagi menuju Patong dengan menempuh perjalanan sekitar 45 menit. Kita diberi waktu selama dua jam untuk keliling Patong. Pukul 11 pm sudah dijemput lagi di tempat yang sama saat kita diturunkan. Perjalanan ke hotel ternyata lumayan jauh juga, kita check in di hotel jam 12 malam. Udah kayak Cinderella aja..

Day 11

Hari terakhir hanya diisi lari-lari di bandara. Gue selalu biasakan hari terakhir trip gak gue masukin kegiatan lain selain buat aktivitas menuju bandara, biar gak terburu-buru banget.

Fiuh....

Mudah-mudahan itinerary yang udah gue jabarkan cukup jelas ya. Kalau ada yang mau ditanyakan bisa drop pertanyaannya di kolom komen yang ada di bawah. Semua cerita perjalanannya udah gue rangkum di bawah ini ya, silahkan dibaca dan semoga membantu teman-teman yang mau ke sana.

Baca juga!

ASEAN Trip Diaries

Day 1 ~ Day 2 ~ Day 3  ~ Day 4  ~ Day 5  ~ Day 6  ~ Day 7  ~ Day 8  ~ Day 9  ~ Day 10  ~ Day 11

ASEAN Trip - Travel Hack

Places

FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE+

3 Comments

1. Awalnya nemu blog ini karna lagi nyari2 itinerary utk ke seoul.. eh berlanjut jadi ngikutin blog ini sampai skrg..
    Bahasanya enak, jangan bosen2 share liburannya lagi ya kak hehe..

ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak Delfia...
      Jangan bosen2 mampir yaa...hehe

Delete
  2. beli tiket murah dimana ya sis?

ReplyDelete

Please notice: Subscribe to my blog before you leave a comment. Any active link on comment will be automatically deleted. Thank you for reading!