Andrea Hotel Jogja - Strategis & Cocok untuk Backpacker!

1:47 PM

andrea hotel jogja review

Mencari penginapan murah di Jogja itu bukan perkara yang sulit. Selama bukan libur lebaran atau libur akhir tahun, tanpa booking pun sebenarnya kita masih bisa mendapatkan penginapan dengan harga murah di Jogja.


Beberapa tahun lalu, saat gue mencoba untuk mencari penginapan di Jogja, gue sempat menghubungi beberapa penginapan di daerah Sosromenduran. Responnya kurang lebih sama, mereka meminta untuk datang langsung saja. Nggak bisa membuat reservasi di muka. Salah satunya adalah Andrea Hotel.


Nah, berbekal pengalaman itu, November lalu gue memilih untuk mencari penginapan melalui Agoda.com. Rupanya Andrea Hotel ini sudah ada di listing Agoda. Tanpa pikir panjang, gue langsung booking saja. Toh, review di Tripadvisor dan Agoda sangat meyakinkan. By the way, kalau kalian mau booking penginapan, jangan pernah lupa untuk cek reviewnya dulu di Tripadvisor. Menurut gue, review-review yang ada di sana cukup terpercaya.


Pada saat proses booking melalui Agoda, pilihan pembayarannya hanya ada pay later. Artinya, setelah booking itu, sistem Agoda nggak akan memotong uang yang ada di kartu kredit. Pembayaran baru akan dilakukan saat check in nanti. Pengisian kartu kredit hanya diperlukan untuk menjamin reservasi kita agar nggak diambil orang.


andrea hotel jogja review


Ternyata, sekitar satu minggu kemudian, sang pemilik hotel menghubungi gue lewat whatsapp. Rupanya pemiliknya adalah seorang ekspatriat yang sudah lama tinggal di Jogja. Dia meminta dananya ditransfer ke rekeningnya minimal untuk satu malam. Karena gue hanya menginap selama satu malam saja, ya berarti gue langsung membayar full pada saat itu. Jadi kalau misalkan setelah booking ada yang menghubungi kalian via whatsapp, nggak masalah ya gaes. Yang penting kalian harus pastikan dulu kalau itu benar dari pihak hotel.


Hotel yang beralamat di Jalan Sosrowijayan Wetan GT 1/40 ini jaraknya sangat dekat ke Stasiun Tugu maupun Jalan Malioboro. Kalau kalian pernah baca tulisan gue mengenai Sarkem yang berada di Gang III, nah Andrea Hotel ini terletak di Gang II. Jaraknya cukup dekat memang, hanya beda satu gang saja. Tapi gue jamin di Gang II ini aman dan lingkungannya sangat nyaman dan homey banget.


Harga per malamnya sekitar 175k IDR. Karena gue datang berdua dengan teman kantor, jadi semalam hanya 87.5k IDR per orang. Cukup murah, kan? Harga tersebut sewaktu-waktu bisa berubah, sebaiknya langsung cek ke hotelnya saja atau Agoda ya.


Mau tahu seperti apa isi kamarnya?



Room & Facilities


Gue menempati kamar yang letaknya disebelah lobi. Luasnya memang nggak seberapa, yang penting bagi gue cukup untuk meletakkan koper dan tempat shalat. Tempat tidurnya berukuran queen, ada meja di sebelahnya.


penginapan murah di malioboro jogja


Kamar mandi juga berada di dalam kamar dengan shower dan toilet duduk. Kondisinya bersih, meskipun kadang ada aroma selokan yang naik hingga tercium saat berada di dalam kamar mandi.


Meskipun kamarnya nggak luas, tapi selama berada di dalam kamar gue nggak merasakan panas sama sekali. Malah gue sempat meminta teman gue untuk dikecilkan Acnya, eh ternyata kamarnya nggak pakai AC. Hanya ada kipas angin. Adem banget sumpah!

penginapan murah di malioboro jogjapenginapan murah di malioboro jogja

Enaknya lagi, ada saluran tv kabel di dalam kamar. Kalau nggak salah HBO atau Fox ya, gue lupa! Bukannya norak ya. Soalnya gue pernah menginap di kawasan yang sama tahun lalu dengan harga 11-12, boro-boro ada TV Cable, Tvnya saja nggak ada. Lah di Andrea Hotel malah kece banget pilihan channelnya.

Koneksi WiFi nya juga lancar banget, buat streaming atau sekedar upload foto ke sosial media, lancar banget deh pokoknya.



Service


Mulai dari proses booking hingga check out, staff yang gue temui di Andrea Hotel cukup baik dan ramah. Malah sesekali ngajak bercanda. Enaknya menginap di penginapan kecil seperti ini ya kita sebagai tamu diperlakukan seperti saudara. Nggak kaku gitu, lho.


Kalau butuh informasi mengenai objek wisata di Jogja, paket wisata, atau sewa kendaraan, bisa coba menghubungi stafnya yang ada di meja resepsionis.


Untuk sarapan, karena gue check out pukul 6 pagi, jadi nggak sempat menyicipi menu sarapannya. Kalau kalian sudah pernah menginap di sana, coba ceritain donk seperti apa menunya? Apakah enak?

menginap di andrea hotel jogja


Lokasi


Seperti yang sudah gue bahas di atas, lokasi Andrea Hotel terbilang sangat strategis. Jarak ke Stasiun Tugu hanya 200 meter saja. Mau ke Jalan Malioboro pun dekat banget, hanya berjarak kurang lebih 350 meter. Sementara untuk ke Keraton Yogyakarta, jaraknya sekitar 2 km. Dapat ditempuh selama 25 menit dengan berjalan kaki atau 15 menit saja dengan naik kendaraan bermotor. Untuk para backpacker sih pasti cocok, karena bisa menghemat ongkos selama di Jogja.


Kalau kalian tiba di Bandar Udara Adicusipto, kalian bisa naik taksi dan bilang saja ke sopirnya untuk diturunkan di Hotel Neo Pasar Kembang. Dari situ tinggal jalan kaki saja sejauh 110 meter.


Perlu gue ingatkan sebelumnya, Andrea Hotel berada di tengah-tengah pemukiman warga yang tenang di dalam gang kecil. Jika kalian datang dengan naik motor, harap matikan mesinnya dan dorong saja motornya hingga ke depan hotel. Tenang saja, dari Jalan Pasar Kembang ke hotel ini dekat banget kok. 


************






Apabila kalian tertarik untuk menginap di Andrea Hotel, gue sarankan melakukan reservasi melalui Agoda.com saja. Nanti pihak hotel akan menghubungi kalian kok untuk masalah pembayaran. Kalau pun ingin datang langsung, ya boleh saja. Semoga masih ada kamar kosong yang tersedia.


Overall, Andrea Hotel ini sangat cocok untuk mereka yang menginginkan penginapan dengan rate yang affordable dan lokasi yang strategis. Untuk para backpacker hingga flashpacker pun pasti senang menginap di hotel ini. Selamat berlibur!


Alamat Andrea Hotel

Sosrowijayan Wetan GT I/140, Gang 2
Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta City
Special Region of Yogyakarta 55271
 


FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE
email: miss_nidy@yahoo.com

You Might Also Like

7 komentar

  1. Pokoknya kalau tulisan kamu tentang Jogja, pikiranku tetap ingat ke Sarkem. Kayaknya sudah paten ahahahhaha

    ReplyDelete
  2. Hmm, rasanya menyenangkan misal dengan harga sewa per malamnya sekitar 175k bisa mendapatkan fasilitas selengkap ituu :) e apalagi dibagi dua orang yaa :p
    Miss, kenapa tetep ga rela jauh-jauh dari sarkem? hihihi, sini mampir rumahku deket. Sosromenduran, Gedongtengen, deket angkringan kopi jos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah.. waktu itu gak tau rumah kamu udah di daerah situ.. :D
      Iya, worth it banget harga segitu dapat fasilitas cukup lengkap kayak gitu.

      Delete
  3. Hm....salah satu pilihan penginapan buat backpaker, sayangnya aku jarang backpakeran....bawa istri dan anak kadang. So nyari penginapan yang fasilitas agak lengkap dikit lah. Maybe next time kalo berangkat sendiri...akan nyoba nginep dimari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, next time mas kalau lagi backpacking ke Jogja ya

      Delete
  4. Udah ada HBO, FOX di tv cable-nya oke banget itu buat penginapan seharga itu. Apalagi kalau berdua ya jadi bisa share.. Kalo sendiri pun masih terjangkau. Keliatan homey ya..

    ReplyDelete

Hai!!
Terima kasih telah membaca blog Nidyholic. Jika ada pertanyaan silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentator dengan ID Anonymous nggak bakal dipublish komentarnya ya.
Terima kasih banyak! Have a good day!

Get FREE $26 From Airbnb

Instagram

Subscribe

Join Our Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!

We Respect Your Privacy | Get This Widget