[Review] The Wayang Homestay

1:30 PM

Awalnya gue mau booking penginapan ini via airbnb, tapi gagal saat proses payment (ternyata karena CC bukan yang berlogo Visa), akhirnya booking secara konvensional alias menghubungi contact person yang ada di websitenya. Syarat booking cukup mudah, hanya transfer minimal sebesar biaya/rate kamar untuk satu malam, lalu konfirmasi ke owner. Sisa pembayaran dibayar saat mau check out nanti.

The Wayang Homestay

Begitu tiba di Jogja gue langsung hubungi sang owner untuk minta izin untuk titip backpack gue sebelum waktu check in. Gue tiba di Jogja jam 6 pagi. Jadi rencananya sisa waktu sebelum check in mau gue pakai untuk jalan-jalan keliling Jogja dulu. Tapi ternyata badan gue kecapekan setelah duduk selama di kereta semalaman, jadinya begitu sampai di homestay langsung gue ubah rencananya.

The Wayang Homestay

Pagi itu kita disambut oleh Mas Jack, dia sangat ramah dan baik banget. Begitu kita datang, dia langsung mempersilahkan kita untuk minum teh atau kopi. Jadi teh dan kopi di sini free flow selama 24 jam. Setelah isi buku data tamu, gue putuskan untuk istirahat dulu di situ. Oh iya gue juga dikasih peta Yogyakarta oleh Mas Jack, petanya cukup jelas dan lengkap. 

The Wayang Homestay

Lokasi The Wayang Homestay berada di tengah-tengah pemukiman penduduk. Sehingga suasananya sangat tenang. Jadi kalau kalian suka tempat yang hingar bingar, lebih baik cari tempat lain saja. Tapi kalau mau suasana yang asri, adem, dan tenang, maka homestay ini cocok banget. Oh iya, dekorasi di homestay ini lucu dan sangat berseni, gue suka! Terlihat jelas kalau sang owner memperhatikan hal-hal detail ini.

The Wayang Homestay

The Wayang Homestay juga menyediakan jasa sewa kendaraan dan tour selama di Jogja. Gue baru tahu setelah sampai di homestay, dan sudah terlanjur sewa sepeda motor di tempat lain. Kalau tahu dari awal sih lebih baik gue sewa di The Wayang Homestay saja deh. Asyiknya lagi, mereka menyediakan peminjaman sepeda gratis. Lumayan banget kan kalau mau eksplor daerah sekitar homestay ini. Kebetulan lokasinya gak jauh dari beberapa tempat makan enak!

The Wayang Homestay

Belum sampai sejam istirahat di common room, gue udah boleh check in. Alhamdulillaaah.. Staf di The Wayang homestay ini semuanya cekatan banget. Begitu ada tamu yang sudah check out, kamar segera dibersihkan. Kebetulan pagi itu ada tamu yang early check out.

The Wayang Homestay
The Wayang Homestay

Begitu masuk kamar, langsung tiduran di kasur. Berasa nemu oase di padang pasir. ACnya dingin banget, awalnya mau buru-buru mandi malah ketiduran gara-gara pewe banget kamarnya. Channel tv cablenya lumayan beragam, walaupun selama di sana gue jarang nonton tv sih.

The Wayang Homestay

Urusan buang hajat dan mandi gak perlu cemas. Toiletnya bersih banget, dan disediakan sabun. Hot showernya bekerja dengan baik, rasanya enak banget setelah capek traveling bisa langsung mandi pakai hot shower, serasa dipijat.

The Wayang Homestay

Hal yang paling gue tunggu adalah sarapan. Para tamu sudah bisa sarapan mulai pukul 7 pagi. Hari pertama, menu sarapannya adalah lontong sayur, enak mak! Kuah lontong sayurnya gak bikin enek, hanya kurang krupuk saja. Hari kedua, kita disediakan mie goreng pakai telor dan krupuk. Pokonya gak usah khawatir soal sarapan, tiap hari selalu menyajikan menu yang berbeda. Kalau penginapan lain yang ada di Jogja dengan harga yang sama (setelah gue survey via telpon), rata-rata hanya menyediakan menu sarapan berupa roti bakar pakai selai. Bosan gak sih kalau sarapan roti mulu. :p

The Wayang Homestay
The Wayang Homestay

Kamar yang tersedia di The Wayang Homestay ini cuma ada 6 (CMIIW), dengan kualitas pelayanan yang baik dan kamarnya yang oke jadi gak heran kalau tingkat occupancy nya cukup tinggi. Sewaktu gue menginap di sana, ada beberapa tamu dari luar negeri juga yang menginap.

The Wayang Homestay

Lokasi: Jl.D.I Panjaitan,Kp.Minggiran ,Gg.Pisang no 1017 Yogyakarta

Estimasi jarak (naik motor) dari homestay ke: 
Kraton ±5 menit
Malioboro ±15 menit
Candi Prambanan & Ratu Boko ±45 menit
Parang Tritis ±35 menit
Stasiun Tugu ±15 menit



Happy Travelling,


Rizka Nidy

You Might Also Like

3 komentar

  1. Replies
    1. Halo Kurniawati, ratenya bisa dicek langsung di websitenya. Ada di traveloka dan agoda juga kok. Soalnya saya ke sana tahun lalu jadi mungkin sudah beda ratenya. Thanks

      Delete
  2. Untuk peraturannya apa bisa campur cewek cowok sekamar?

    ReplyDelete

Recommended Tour in South Korea

trazy.com

Featured Post

FAQ: Winter Trip in South Korea

Sebelumnya gue mau ucapin terima kasih banyak buat yang udah sempatkan untuk mampir di blog ini. Semenjak gue posting mengenai jalan-jal...

Instagram

Subscribe

Join Our Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!

We Respect Your Privacy | Get This Widget