[Jogja Road Trip - Day 4] Antri Lama Demi Foto di Kalibiru

by - 12:30 PM


Hari ke empat ini kita agak nyantai jadwalnya. Tidur dini hari setelah ikut festival lampion di Borobudur, jadi gak usah heran kalau kita bangun siang. #Pembelaan

pengalaman di jolan jalan homestay

Seperti biasa sedari pagi Ulfa sudah keluar kamar. Intinya sih cuma kayak ngasih kode ke ibu host kita biar dikasih gorengan lagi. Huehehehe. Benar aja, gak lama kemudian doi ngetok kamar kita dan kasih tempe goreng beserta teh manis hangat yang langsung kita habisin dalam sekejap. Kelar mandi dan dandan, kita langsung menuju pantry dan sarapan. Menu sarapan kali ini agak banyak, ada nasi goreng, bihun goreng, telur gulung, dan sayuran. Gue suka sarapan di Jolan Jalan Homestay ini, enak-enak soalnya. Setelah itu kita langsung check out dan pamitan dengan host kita.

pengalaman di jolan jalan homestay

Kita jalan dari homestay sekitar jam 11 siang. Ayu kembali pegang kendali setir siang itu. Jalanan dari Borobudur ke arah Kulon Progo gak begitu besar tapi jalanannya mulus banget dan lurus-lurus aja. Rawan ngantuk deh. Kebukti pas jam 12an Ayu udah mulai menguap tapi masih bisa ditahan sih katanya. Gue udah wanti-wanti jangan sampai tidur di lampu merah lagi. Kalau Ulfa gak usah ditanya, belum ganti kota aja udah pules banget.

airbnb experience in borobudur magelang

Begitu memasuki Kalibiru, jalanan mulai nanjak dan hanya muat satu mobil. Jadinya diberlakukan sistem buka tutup jalan, dan memang sudah ada yang atur. Sayangnya hujan tiba-tiba turun deras banget. Kita udah khawatir aja takut hujannya lama, tapi begitu nemu siaran radio bagus udah lupa aja sambil nyanyi-nyanyi lagi.
mushola di kalibiru
mushola di kalibiru

Begitu sampai parkiran, tiba-tiba dikasih tahu sama bapak-bapak di situ kalau ban mobilnya kempes. Untungnya mereka baik banget jadi dibantuin ama mereka dan bisa kita tinggal dulu ke dalam. Jadi begitu kita kelar seharusnya sih sudah kelar bannya.
lama perjalanan ke kalibiru jogja

Tiket masuk Kalibiru per orang dikenai 10k Idr. Gue gak rekomen ke sini bawa anak kecil ya. Soalnya tracknya tanjakan dan banyak tangga yang disampingnya udah jurang. Gak aman deh menurut gue.

foto-foto di kalibiru kulonprogo
foto-foto di kalibiru kulonprogo

Di dalam kawasan ini ada 4 spot foto. Tiga diantaranya hanya bisa dinaiki maksimal 2 orang, sementara yang satu lagi yaitu spot panggung bisa dinaiki hingga 10 orang.  Untuk foto di spot-spot tersebut, per orang dikenakan biaya lagi sebesar 15k Idr per orang. Kalau bawa kamera sendiri sih gak dikenakan biaya tambahan, tapi kalau mau pakai jasa foto dari mereka ada biaya tambahan lagi.

tiket masuk kalibiru kulonprogo
spot-spot foto di kalibiru kulon progo

Kita nyobain yang spot panggung dulu biar bisa foto bertiga. Ngantrinya lumayan lama sekitar 30 menit lah. Di spot ini pegawainya baik-baik, gak ada yang judes. Walaupun bawa kamera sendiri, tapi dimintain tolong untuk fotoin kita mau aja. Tapi kesadaran aja sih buat kasih tips ke mereka.

top things to do in yogyakarta blog
wisata alam di kulon progo
wisata alam kalibiru kulon progo yogyakarta

Setelah dari spot panggung, Ayu udah mulai malas sama suasana di sana soalnya ramai banget dan ngantrinya itu yang bikin capek. Tapi gue kekeuh aja buat nerusin at least satu spot lagi karena sayang kan udah jauh-jauh sampai sana masa cuma satu spot.

foto di atas pohon di jogja
foto ramean di kalibiru
biaya foto di kalibiru jogja

Spot dua dan tiga berdekatan, kita milih spot tiga aja yang lebih sepi. Sesepi-sepinya aja masih harus nunggu satu jam lebih! Edan... Dua spot ini harus beli tiketnya di satu tempat (mbak-mbak gitu yang jaga). Sistemnya kita disuruh nunggu dulu, jadi gak bisa langsung beli tiket untuk dapat nomer antrian. Nah nunggunya itu yang sejam lebih, nanti kalau udah mulai dikit antriannya, baru dipanggil mbaknya. Agak aneh sih menurut gue. Padahal kalau sudah beli tiketnya kan jadi ketahuan kita nomor urut berapa.

biaya foto di kalibiru jogja
cara menuju ke kalibiru kulon progo

Selama nunggu selama itu, kita pesan mie instan goreng di warung persis di depan spot 2. Sampai selesai makan juga belum dipanggil juga, akhirnya gue suruh Ulfa tidur dulu aja. Kebetulan warungnya lesehan gitu. Soalnya pulang nanti giliran Ulfa yang nyetir jadi lumayan bisa istirahat dulu.

tempat makan di kalibiru kulon progo
foto di atas pohon di jogja
foto di atas pohon jogja
antri panjang di kalibiru kulon progo

Setelah menunggu lama, akhirnya kita dipanggil juga dan langsung menuju ke spot 3. Di spot ini, kita gak bisa minta tolong pegawainya untuk motoin kita. Jadi di antara kita bertiga harus ganti-gantian motoin. Gue suruh Ulfa dulu naik untuk difoto, sementara gue motoin Ulfa, Ayu gue kasih tahu cara ngeshootnya. Gue kurang suka spot ini, pegawainya kurang friendly dan hanya dikasih waktu sekitar 3-4 menit. Padahal kita udah nunggu lama, tapi cuma dikasih waktu sebentar banget. Mirip kayak Asia's Next Top Model 'You only got 5 minutes to give your best shot'. T.T Demi foto ala tarzan aja begini amat yaa...

antri panjang di kalibiru kulon progo
antri panjang di kalibiru kulon progo

Jam 4:30 pm kita sudah kelar foto. Sandal gue sempat putus, jadi harus beli sandal swalow baru. Begitu sampai di parkiran, ban mobilnya sudah beres dan kita bayar 50k Idr buat ongkos bapaknya yang udah ke tukang tambal. Termasuk mahal untuk nambal ban tapi gak masalah deh secara tukang tambal bannya jauh banget emang.

tempat berburu sunset di jogja
tempat berburu sunset di jogja
top things to do in jogja
yogyakarta travel blog
kalibiru travel blog experience
kalibiru travel blog experience

Jam 7 kurang kita sudah sampai di Jogja. Terus kita bingung mau kemana. Akhirnya Ayu googling cafe-cafe di Jogja, and we stumble up on ViaVia Cafe yang ada di Jalan Prawirotaman. Ternyata cafe ini adalah salah satu lokasi shootingnya AADC 2.

viavia cafe jogja review
viavia cafe jogja review

Uniknya cafe ini banyak wall art yang ngegambarin anti kekerasan dan mereka gak menyediakan sedotan karena mendukung program pengurangan plastik. Tapibotol saos sambalnya kan dari plastik ya bok. Hahahaha
cafe unik dan lucu di jogja
instagram-able cafe di jogja
instagram-able cafe di jogja

Menu makanannya western dan menurut lidah gue sih biasa aja rasanya. Harganya standar cafe lah. Yang datang ke sini kebanyakan bule. Maklum jalan prawirotaman ini suka disebut kampung turis, banyak hotel dan cafe-cafe gitu.

instagram-able cafe di jogja

Jam 9 pm kita udah balik ke rumah Ulfa lagi. Badan udah capek dan lengket, mau buru-buru mandi. Rencananya besok mau sunrise di kebun buah mangunan. We'll see if we make it or not....


[Baca selengkapnya di sini]



FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE+

You May Also Like

0 komentar

INSTAGRAM @miss_nidy

Recommended Tour in Korea

trazy.com

Member Of

Blogger Perempuan

Live Visitor