Susahnya Foto-foto di Taman Sari Yogyakarta

by - 2:38 PM

Taman Sari Yogyakarta

Taman sari adalah salah satu objek wisata yang wajib masuk itinerary kalau ke Yogyakarta. Lokasinya masih dalam kawasan keraton dan berada di tengah-tengah pemukiman penduduk. Tiket masuknya cuma Rp. 5,000 aja per orang. Konon katanya dulu tempat ini dijadikan buat tempat rekreasi Sultan bersama selir-selirnya. Di dalamnya ada kolam besar untuk pemandian, makanya Taman Sari ini sering disebut sebagai istana air. Begitu masuk, kita langsung disambut dengan kolam tersebut.

Taman Sari Yogyakarta
Taman Sari Yogyakarta
Taman Sari Yogyakarta

Kalau kalian pecinta sesuatu yang berbau vintage kayak gue, pasti bakal suka tempat ini, karena banyak spot seru buat foto-foto. Setelah gue telusuri, ternyata ruangan-ruangan di dalam istana ini cukup lengkap. Ada dapur, bekas kamar Sultan, sumur, masjid bawah tanah.

Taman Sari YogyakartaTaman Sari Yogyakarta
Taman Sari YogyakartaTaman Sari Yogyakarta

Salah satu spot yang bikin gue penasaran adalah masjid bawah tanahnya. Untuk menuju ke sana ternyata cukup ngebingungin, karena gak ada peta sama sekali. Pas lagi nyasar itu tiba-tiba ada bapak-bapak ngikutin gue mulu. Sempat risih sih, tapi gue cuekin aja. Dia juga sempat nawarin buat motoin gue, tapi kan gue udah bawa tripod. Berasa dicuekin mulu ma gue, akhirnya dia menghilang aja gitu.

Taman Sari Yogyakarta

Jadi kalau kalian lagi main ke Taman Sari dan ada orang yang ngikutin model gini, orang tersebut adalah guide terselubung. Gak ada niat jahat sih, tapi gue pribadi gak suka pakai jasa guide. Kalau kalian butuh jasa mereka ya tinggal ladenin aja, jangan lupa kasih tips.

Taman Sari Yogyakarta
Taman Sari Yogyakarta

Gak enaknya datang ke sana pas hari libur itu pasti susah banget buat foto tanpa photobomb. Ini yang gue alami pas mau foto di masjid bawah tanah. Gak ada yang mau gantian sama sekali. Gue sampe nunggu setengah jam lebih buat nunggu agak sepi.

Taman Sari Yogyakarta

Yang paling buat gue sebel pas ada cewek-cewek foto di tempat yang sama dengan angle dan pose yang sama berkali-kali, teriak-teriak, dan gak kasih kesempatan yang lain buat gantian. Gue dalam hati cuma ngebatin 'Yaelah mbak..mau ampe subuh juga gak bakalan berubah muka lu'. Bingung aja sih, kenapa harus lebih dari 20 kali take buat pose yang sama gitu. #nyinyirabis

Taman Sari Yogyakarta
Gak ada yang mau gantian... T.T
Taman Sari Yogyakarta
setelah setengah jam kemudian

Begitu rombongan cewek itu kelar, gue langsung ambil posisi, eh malah tiba-tiba diselak sama ibu-ibu tanpa rasa bersalah. Gemes banget gue dah! Akhirnya pas dia lagi foto-foto, gue sengaja mondar mandir depan dia. Rese banget ya gue. Hahahahahaa

Taman Sari YogyakartaTaman Sari Yogyakarta

Sempat gue bahas kan tadi kalau Taman Sari ini terletak di tengah pemukiman penduduk. Nah, ternyata penduduk sekitar sengaja menjadikan pemukiman tersebut jadi tempat yang menarik. Dinamakan dengan Kampung Cyber. Memang menarik sih, gue jadi ingat Gamcheon Culture Village di Korea. Tembok-tembok dicat sedemikian rupa jadi sangat artistik. Salah satu hal yang patut dicontoh oleh kampung lain sih menurut gue.
kampung cyber taman sari yogyakarta
kampung cyber taman sari yogyakarta

Saran gue kalau mau ke sini, jangan pas hari libur deh kalau gak mau kejadian sama seperti gue tadi. Hayati lelah bang nungguin orang-orang kelar foto..

tamansari yogyakartatamansari yogyakarta


Happy Travelling,


Rizka Nidy

You May Also Like

0 komentar

INSTAGRAM @miss_nidy

Country I have visited